Warna Pengecap Dan Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

 Tahukah Anda bahwa warna pengecap ternyata sanggup dijadikan indikator terhadap kondisi keseha Warna Lidah dan Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa warna pengecap ternyata sanggup dijadikan indikator terhadap kondisi kesehatan Anda. Warna pengecap juga sanggup menjadi alat deteksi dini untuk mengungkapkan problem kesehatan badan Anda. Bahkan, jauh sebelum pengobatan modern lahir, orang-orang Cina telah semenjak usang menerapkan metode investigasi warna pengecap untuk memprediksi kondisi kesehatan.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya dalam hati, mengapa dokter menilik pengecap Anda ketika Anda sakit? Yups! Selain menilik apakah pengecap Anda mengalami peradangan, dokter juga akan mengamati warna pengecap Anda. Kebanyakan orang menganggap pengecap hanyalah salah satu indera yang berfungsi untuk mencicipi masakan dan alat untuk berbicara. Padahal, faktanya tidak sekadar itu.

Lidah tersusun atas sekelompok otot yang bergabung. Adapun fungsi pengecap yaitu untuk berbicara, mengecap dan menelan. Karena pengecap kaya pembuluh darah dan air liur yang mengalir terus-menerus, maka kondisi pengecap akan terus higienis dan potensi pertumbuhan basil berbahaya juga relatif kecil.

Itu sebabnya, setiap perubahan warna, tekstur dan kelembaban pengecap akan memilih kondisi kesehatan Anda. Lidah yang sehat berwarna pink. Selain itu, pengecap sanggup memiliki bermacam-macam warna, menyerupai merah, hitam, kuning, coklat, ungu, dan putih. Warna tersebut tentu tergantung pada kondisi kesehatan Anda. Berikut warna pengecap dan artinya terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Merah

Panas abnormal yang dihasilkan dalam badan Anda menciptakan pengecap berwarna merah. Lidah berwarna merah juga sanggup disebabkan oleh kekurangan vitamin dan demam berdarah. Oleh lantaran itu, cukupi nutrisi harian Anda dengan mengkonsumsi masakan yang mengandung zat besi, vitamin B-12 dan vitamin B3.

Hitam

Lidah berwarna hitam menjadi menandakan kondisi kesehatan Anda yang dalam bahaya. Lidah hitam juga sanggup disebabkan oleh kebersihan lisan yang buruk. Hal ini kemungkinan lantaran basil dan jamur berkembang subur di permukaan pengecap sehingga menciptakan pengecap berwarna hitam.

Selain penyebab di atas, kebiasaan merokok, sering minum kopi dan kerap mengkonsumsi masakan yang tidak sehat juga sanggup berkontribusi terhadap problem kesehatan ini. Usahakan untuk membersihkan pengecap ketika menyikat gigi biar tidak timbul problem ini.

Baca juga: 9 Warna Air Kencing dan Artinya Terhadap Kesehatan

Kuning

Lalu bagaimana jikalau pengecap berwarna kuning? Penyebab pengecap kuning dan hitam bergotong-royong cukup mirip. Lidah kuning terjadi lantaran pembentukan jamur pada permukaan pengecap lantaran kurangnya menjaga kebersihan mulut. Maka dari itu, pastikan Anda selalu membersihkan pengecap Anda ketika menggosok gigi sehabis makan.

Coklat

Lidah berwarna coklat menjadi gejala awal kanker kulit yang disebut melanoma. Jika pada pengecap Anda terdapat bintik coklat yang perlahan-lahan menjelma gelap, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Simak juga: Praktekkan! Cara Praktis Mencegah Penyakit Kanker

Ungu

Lidah berwarna ungu sanggup menjadi menandakan penyakit dan problem kesehatan, menyerupai bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi dan asupan masakan dingin. Untuk mengatasinya, konsumsilah bawang putih dan jahe untuk mengembalikan warna pengecap Anda menjadi merah muda.

Putih

Bagaimana kalau pengecap berwarna putih? Penyebabnya sanggup beragam. Dehidrasi, sariawan atau bisul jamur dan leukoplakia (pertumbuhan sel-sel pada permukaan pengecap yang berlebihan, umumnya pada perokok) yaitu sejumlah alasan mengapa pengecap Anda berwarna putih. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan minum banyak air putih dan menjaga kebersihan mulut.

Baca juga: Cara Lengkap Menjaga Kesehatan Mulut

Nah, itu tadi jenis-jenis warna pengecap dan artinya terhadap kondisi kesehatan. Supaya kesehatan lisan dan pengecap Anda terjaga, biasakan untuk bersihkan pengecap dan lisan secara rutin memakai sikat berbulu lembut atau sikat khusus pembersih lidah. Jangan lupa juga disertai dengan diet seimbang. (bs/mw)