Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak merupakan potongan terpenting dalam badan kita. Seiring berjalannya waktu kemampuan otak kita sanggup berkurang. Cara kita hidup, apa yang kita makan dan apa yang kita minum besar lengan berkuasa pada kemampuan otak.
Menjaga badan tetap sehat juga merupakan potongan dari menjaga kemampuan otak. Tubuh yang sehat akan berdampak pada tajamnya ingatan kita. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketajaman ingatan :
1. Kelola Stress Anda
Stress merupakan salah satu penyebab menurunnya ingatan kita. Stress sanggup menggangu kemampuan kita untuk fokus dalam mengerjakan suatu hal. Ketidakfokusan itulah yang menciptakan kita tidak bisa mengingat dengan baik.
Bila kita tidak mempunyai taktik di kawasan untuk kelola stress, maka melindungi ketajaman ingatan yaitu satu-satunya cara yang Anda butuhkan. Anda bisa melakuakan yoga, meditasi atau bernafas dalam, itu bisa membantu untuk mengurangi stress dan menjaga ketajaman otak.
2. Tidur Nyenyak
Orang-orang yang kurang nyenyak tidurnya cenderung mempunyai ingatan yang kurang baik. Alasan paling banyak orang-orang kekurangan tidur atau kurang nyenyak dalam tidur yaitu insomnia. Insomnia bisa disebabkan beberapa hal dan stress bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena insomnia.
Tidak sedikit oran yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi insomnia, namun sayangnya obat-obatan yang dikonsumsi bisa merusak memori dan fungsi otak. Kalian bisa mencoba meditasi sebelum hendak tidur, sejauh yang saya rasakan,meditasi membantu saya untuk tidur lebih nyenyak. Saya berharap cara ini juga bisa membantu Anda yang terkena insomnia.
3. Berhenti Merokok
Jika Anda masih merokok sebaiknya Anda berhenti kini juga. Memang gampang untuk diucapkan namun saya tahu itu cukup sulit buat kalian untuk berhenti sekaligus. Perlu di ingat, merokok itu berbahaya bagi kesehatan; banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dan merokok juga sanggup menurunkan ketajaman ingatan seseorang.
Seseorang yang konsumsi rokok sebanyak 2 bungkus per hari di usia setengah baya mempunyai resiko lebih besar terkena dementia (sindrom yang berkaitan dengan penurunan dari kemampuan kognitif). Saya sarankan untuk memulai acara berhenti merokok dari kini untuk Anda yang masih merokok.
4. Berhenti Konsumsi Alkohol
Terlalu banyak meminum alkohol sanggup berdampak pada resiko kehilangan memory (ingatan) dan demensia. Seperti yang sering kita lihat, mereka yang konsumsi alkohol tidak bisa mengendalikan dirinya. Mereka bergerak tanpa kendali. Perlu diketahui, minuman alkohol itu bukan hanya sanggup merusak otak namun juga sanggup merusak badan Anda secara keseluruhan.
Mungkin pernah salah satu dari Anda yang suka minum alkohol menganggap dengan minum alkohol maka akan hilang semua duduk kasus kita. Benar, itu tidak salah, masalahnya hilang beserta kesadaran kalian dan saat kalian sadar, kalian gres sadar jikalau duduk kasus semakin menjadi rumit lantaran kalian telah kehilangan waktu yang harusnya kalian gunakan untuk menuntaskan masalah.
Makara jangan pernah coba-coba sentuh atau minum minuman beralkohol lantaran itu sama saja dengan kalian mengurangi umur kalian dengan merusak organ-organ badan kalian.
5. Lindungi Otak Anda dari Cedera
Benturan kepala menjadi salah satu penyebab paling tinggi hilangnya ingatan dan demensia. Sebaiknya kita mencegah kejadian ini dengan selalu melindungi kepala kita saat hendak bepergian dengan kendaraan. Misalnya mengenakan helm saat mengendarai motor dan sepeda dan mengenakan sabuk pengaman bila Anda hendak pergi memakai mobil.
Sabuk pengaman sanggup mengurangi imbas benturan kepala lantaran bisa menahan badan semoga kepala tidak menyentuh potongan depan beling mobil.
Setelah mengetahui cara menjaga ingatan tetap tajam, berikutnya mari kita coba tingkatkan ketajaman ingatan kita dengan beberapa hal berikut ini :
Dukutip dari laman mayoclinic.org berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ketajaman otak :
Cara Meningkatkan Daya Ingatan
1. Lakukan Aktivitas Mental

Sama menyerupai acara fisik yang sanggup membantu menjaga ketajaman otak, melaksanakan beberapa aktifitas yang sanggup merangsang mental juga sanggup menjaga dan meningkatkan ketajaman otak. Aktivitas menyerupai mengisi teka-teki silang, membaca potongan koran yang biasa dilewati dan mengambil jalan alternatif lain yang tidak biasa dilalui serta mencar ilmu musik instrumental juga bisa merangsang mental untuk meningkatkan ketajaman otak.
2. Bersosialisasi
Interaksi sosial sanggup membantu mengurangi stress dan depresi. Kedua hal itu yang sanggup menyebabkan turunnya daya ingat. Melakukan interaksi sosial secara rutin bisa meningkatkan ketajaman otak.
3. Mengorganisir
Menuliskan kegiatan menyerupai menciptakan daftar kegiatan sanggup membantu meningkatkan ketajaman otak.
4. Tidur Nyenyak
Tidur berperan penting dalam mengkonsolidasikan ingatan-ingatan Anda,sehingga Anda sanggup mengingat kembali. Orang sampaumur membutuhkan 7-8 jam untuk tidur.
5. Makan Makanan Sehat
Makan masakan sehat mungkin sanggup membantu menjaga kesehatan otak. Konsumsi buah-buahan,gandum utuh dan sayuran. Pilih juga sumber protein yang rendah lemak menyerupai ikan dan daging unggas tanpa kulit. Kekurangan minum air putih juga sanggup berdampak kepada turunnya daya ingat.
6. Rutin Berolahraga
Melakukan aktifitas fisik menyerupai olahraga sanggup meningktkan fatwa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Ini mungkin sanggup membantu menjaga ketajaman otak Anda. Untuk orang dewasa, Department of Health and Human Services merekomendasikan setidaknya 150 menit per pekan untuk acara aerobik atau 75 menit untuk melaksanakan acara aerobik yang kuat menyerupai jogging. Sebaiknya dipecah ke beberapa hari dalam satu pekan, tidak dilakukan dalam satu hari.
Apa yang kita makan juga sanggup menghipnotis daya ingat kita. Berikut beberapa jenis masakan yang baik bagi otak, khususnya sanggup meningkatkan daya ingat.
4 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Sayuran
Konsumsi sayuran memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dan serat yang terdapat pada sayuran baik untuk badan kita. Tidak hanya itu, rutin konsumsi sayuran terutama sayuran yang berdaun hijau gelap sanggup meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Makanan berdaun hijau gelap menyerupai brokoli dan bayam.
Berry dan Cherry
Buah-buahan yang termasuk kedalam berry menyerupai blackberry dan blueberry merupakan sumber baik dari senyawa anthocyanin dan flavonoid. Cherry juga mengandung kedua senyawa tersebut. Kedua senyawa tersebut terbukti sanggup meningkatkan fungsi otak.
Omega 3
Bukan hal aneh lagi bila kita berkata perihal meningkatkan fungsi otak niscaya selalu dikaitkan dengan asam lemak omega 3 dan asam docosahexaenoic (DHA). Menurut Andrea Giancoli, RD (Ahli Diet) menyampaikan “DHA yaitu asam lemak terbanyak yang ada pada otak. Masuk logika bila kita mempunyai lebih tinggi DHA dalam darah, maka otak akan bekerja lebih efisien.”
Ganggang,seafood dan ikan berlemak-seperti salmon,sarden,tuna sirip biru dan ikan haring- merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3.
Kenari
Selain baik bagi kesehatan jantung, kenari juga baik bagi kesehatan otak. Meskipun tidak ada jaminan daya ingat Anda akan meningkat sehabis konsumsi kenari namun hal yang niscaya kenari sanagat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. 
Cukup sekian warta mengenai Cara menjaga ingtan tetap tajam, cara meningkatkan daya ingat dan makan yang baik bagi fungsi otak. Semoga bisa bermanfaat. Boleh di share kok. Terima kasih.
Referensi :
Harvard.edu
mayoclinic.org
eatright.org