Tips Hujan-Hujanan

Di ketika demam isu hujan seperti ini kita diharuskan membawa jas hujan bagi yang suka beraktivitas di luar rumah. Tapi terkadang ada beberapa situasi yang menciptakan kita tidak dapat mengenakan jas hujan tersebut.

Pernahkan ketika jalan sama si doi terus hujan,jas hujan tinggal satu. Dan sebagai pemuda kita harus merelakan jas hujan itu untuk di pake doi. Bukan apa-apa biar terlihat keren dan sebagai bentuk perhatian juga. Benar bukan?
Atau ada ketika dimana kita lupa bawa jas hujan dan ada daerah yang perlu didatangi untuk beresin kerjaan atau untuk dapat hingga cepat di rumah.

Nah kadang situasi-situasi menyerupai diatas mengharuskan kita untuk berhujan-hujanan. Pada dasarnya hujan diciptakan untuk kebaikan kan? Bumi selalu lebih cerah sesudah hujan turun. Tanaman tumbuh subur.

Terkadang banjir,tapi itu bukan salah hujan. Yang salah itu ya kita. ya kita atau biasa di sebut manusia. Karena kelalaian kita lah seolah hujan berdampak negatif bagi kita.

Sama menyerupai ketika hujan kita lebih sering sakit-sakitan,kalau berdasarkan saya pribadi sih. Hal ini dapat jadi alasannya yaitu emang jalan ujian dari Tuhan atau kelalaian kita. Misal ketika hujan datang,pikiran kita sudah tersetting jikalau hujan itu sakit. Beda halnya dengan mereka (ojek payung),mereka berpikir hujan itu rejeki.

Makanya mereka tetap sehat. Nah cara berpikir kita inilah yang perlu kita rubah salah satunya. Selain cara berpikir,cara kita hujan-hujanan pun mempengaruhi. Kalau kita terpaksa untuk hujan-hujanan,ada baiknya jikalau kita ketahui dulu cara hujan-hujanan.

Berikut tips hujan-hujanan yang kondusif :

1. Jangan Hujan-hujanan di 10 menit pertama

Kenapa dihentikan hujan-hujanan di 10 menit pertama? Hujan yang berlangsung di sepuluh menit pertama itu berfungsi untuk membersihkan udara-udara kotor. Nah pas hujan turun itulah kotoran-kotoran yang ada di udara terikat dengan air. Dan ketika air itu mengenai kulit kita dapat mengakibatkan sakit. Karena kotoran dan basil yang ada di udara masuk ke dalam badan kita.

2. Basahi Kaki Terlebih Dahulu

Suhu badan kita ketika hujan itu akan meningkat,ini bertujuan biar badan kita selalu hangat. Kenapa basahi kaki dahulu? ini untuk mencegah perubahan suhu ekstrim pada tubuh. Dengan membasahi kaki dahulu,suhu badan akan menurun dan mulai menyesuaikan dengan keadaan. Pernah kan kalian lihat ketika air panas dalam satu gelas ditambah air es? apa yang terjadi? gelas dapat pecah kan. Nah begitu pula badan kita.

3. Mandi Setelah Hujan-hujanan

Ini penting alasannya yaitu meskipun hujan-hujanan bukan di 10 menit pertama tapi masih ada sedikit kotoran-kotoran di udara yang terikat dengan air hujan. Untuk menjaga badan tetap sehat,langsung mandi sesudah hujan-hujanan yaitu pilihan yang baik. Dengan mandi kita akan membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada tubuh.

4. Minum atau Makan yang Hangat-hangat

Minum atau makan yang hangat-hangat sesudah hujan-hujanan itu dapat mencegah masuk angin. Dan lebih yummy ja ke tubuh. Betul kan?

Sedikit Tambahan
Ini ada beberapa do’a yang biasa rosulullah panjatkan ketika hujan.

Do’a ketika turun hujan :
Dari Ummul mukminin,’Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan,beliau mengucapkan, “Allahumma shoyyiban nafi’an“(Ya Yang Mahakuasa turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)”. (HR.Bukhari no.1032)

Jika goresan pena ini dapat bermanfaat bagi yang lainnya,silakan share ke teman-teman kalian. Terima kasih

tumpuan : Dr.Oz indonesia dan Rumaysho