Tips Hindari Flu Di Ekspresi Dominan Hujan

Pernahkah Anda mengalami kejadian ini? Kejadian dimana lebih sering terkena flu ketika animo hujan tiba. Jika pernah berarti kita sama. haha
Flu memang bukan penyakit yang berbahaya namun flu ini bisa sangat mengganggu aktifitas harian kita.

Betapa kesalnya kita ketika sedang berusaha untuk fokus tiba-tiba kita bersin atau batuk atau hidung meler. Gak yummy kan? niscaya ganggu lah.
Sebenarnya sudah banyak obat-obatan yang beredar di warung maupun apotek yang bisa menyembuhkan flu ini. Tapi bukankah lebih baik kalau kita mencegahnya.

Di goresan pena kali ini saya akan mencoba menyusun tips hindari flu dari dr.Ryan Thamrin (host Dr.Oz Indonesia) yang pernah dia sampaikan di program Dr.Oz Transtv.
Berikut beberapa tips untuk hindari flu di animo hujan :

1. Cucilah Tangan Minimal Selama 20 detik

Bagaimanapun tangan itu merupakan sumber penularan. Banyak basil atau virus yang berada di tangan. Dengan mencuci tangan minimal 20 detik bisa mengurangi resiko tertularnya penyakit flu ini.

2. Bersihkan Barang-Barang dengan Alkohol

Jika kalian berada di ruang kerja,tidak jarang kan ada sobat yang bersin atau batuk di kawasan kerja kita. Nah kita tidak tahukan,bisa saja barang-barang yang berada di meja kita terkena bakteri/virus itu. Dengan membersihkan barang-barang dengan alkohol kita bisa meminimalisir penularan virus flu tersebut kepada kita.

3. Tutuplah Hidung atau Mulut ketika Batuk

Untuk penderita yang sudah tertular, ada baiknya menutup hidung/mulut dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ini bertujuan untuk mengurangi penularan virus tersebut kepada orang lain.

4. Jangan Selalu Menyentuh Mulut dan hidung dengan tangan yang diragukan Kebersihannya

Sebaiknya tidak selalu menyentuh lisan dan hidung dengan tangan yang diragukan kebersihannya,bagaimanapun tangan merupakan kawasan paling gampang terkena basil alasannya kita selalu tidak sadar di setiap benda yang kita sentuh itu terdapat bakteri.

Berikut beberapa tips lainnya dari Dr William Bird (consultant of the Meteorological Office’s Health Forecast Unit) yang dikutip dari dailymail.co.uk :

1. Zinc dan Bawang Putih

Mineral Zinc diharapkan untuk membantu melawan pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber masakan yang baik termasuk daging, tiram, telur, masakan laut, tahu dan gandum. Seng dan vitamin C merupakan duo besar penghilang dingin.
Bawang putih membantu meringankan keluhan dada dan mengonsumsi sedikit bawang putih setiap hari sanggup mengurangi frekuensi pilek dan flu.

2. Minum Banyak Air

Dokter menyarankan bahwa kita minum sekitar 8 gelas air sehari untuk tetap sehat. Ahli rehidrasi Dr Susan Shirreffs mengatakan: ‘ air membantu fungsi ginjal berjalan dengan baik dan membersihkan toksin yang terakumulasi dalam tubuh.

3. Tidur Nyenyak

Kurangnya tidur menciptakan kita lebih rentan terhadap infeksi, kata Dr Byrd. Suasana hati juga akan menghipnotis kemampuan kita untuk melawan infeksi, dan bila Anda merasa tertekan, Anda akan lebih jelek dibandingkan dengan ketika Anda merasa tenang, senang dan santai,’ katanya.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan silahkan share bila goresan pena ini bermanfaat. Terima Kasih