Tersimpan Sebuah Bahaya Di Balik Segudang Manfaat Kentang !!

Apa kalian tahu bila rutin konsumsi kentang sanggup menurunkan resiko terkena kanker? Beberapa studi mengambarkan bahwa kentang sanggup menurunkan resiko terkena kanker. Kandungan vitamin B6 pada kentang yang membuatnya bisa mencegah terjadinya pembentukan tumor.

wow.. luar biasa juga ya ini kentang.. Sebelum kita lanjut ke manfaat lainnya dari kentang mungkin ada baiknya bila kita mengenal kentang terlebih dahulu.

Kentang termasuk ke dalam tanaman umbi-umbian. Tanaman yang mempunyai nama latin Solanum tuberosum L ini yaitu tanaman yang berasal dari amerika selatan. Namun kini tanaman ini telah menjadi makanan pokok orang-orang eropa. Kentang yaitu tanaman yang hanya bisa tumbuh di udara sejuk. Tidak heran bila kita (yang berada di Indonesia) hanya menemui tanaman kentang ini di kawasan dataran tinggi.

Selain tinggi karbohidrat kentang juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral lain yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan kandungannya tidak heran bila kentang mempunyai manfaat sebagai berikut :

Manfaat Kentang

1. Kesehatan Jantung

Kalium, serat, vitamin B6 dan vitamin C yaitu beberapa diantara zat gizi yang terdapat pada kentang yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu kandungan kolesterol pada kentang ini terbilang cukup rendah jadi itu sangat baik bagi jantung.

2. Membangun Pembentukan sel

Selain bisa membantu mencegah timbulnya sel kanker, kandungan vitamin B6 pada kentang juga berperan dalam pembentukan sel sel gres pada tubuh. Vitamin B6 di butuhkan untuk membangun sel sel gres dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Otak dan Saraf

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada kentang ternyata sanggup membantu menjaga kesehatan otak dan saraf juga.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan mineral yang terdapat pada kentang ibarat kalium, magnesium, dan kalsium bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan normalnya tekanan darah maka resiko kita terkena penyakit jantung pun semakin kecil.

5. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik bagi kesehatan tulang. Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium dan seng berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

6. Menurunkan Berat Badan

Kalori yang terdapat pada kentang terbilang cukup rendah. Kentang juga bisa menciptakan perut terasa kenyang lebih lama, nafsu makan terkontrol dan ini bisa berdampak baik bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada kentang yang menciptakan kentang ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri memang sudah dikenal baik bagi daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka tubuh kita pun tidak akan gampang terkena serangan penyakit.

8. Kesehatan Kulit

Kandungan gizi yang terdapat pada kentang ini pun sangat baik bagi kesehatan kulit.

Woah.. Ternyata luar biasa juga ya manfaat kentang bagi tubuh kita. Saya yakin kalian ingin tau dengan kandungan lengkap yang terdapat pada kentang kan? kalau benar begitu.. Mari kita kupas sekalian.

Kandungan Gizi Kentang

Menurut data dari nutritiondata.self.com kentang mengandung :

Karbohidrat, serat, gula, protein
Beberapa jenis vitamin : Vitamin A, vitamin C, vitamin K, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, pantothenic acid dan choline.
Beberapa jenis mineral : kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, seng, copper, mangan dan selenium.

Sudah tidak ingin tau lagi kan?
Sebentar.. Apa kalian berpikiran sama juga dengan saya? yang ada dalam pikiran aku adalah.. bagaimana cara pengolahan/penyajian yang baik semoga nutrisi dalam kentang tetap terjaga.
hmm.. kalau kalian berpikiran sama dengan saya, mending lanjut baca yuk !!

Tips Penyajian

Cara terbaik untuk menjaga nutrisi dalam kentang yaitu dengan cara di rebus atau kukus bisa juga di jadikan soup, tumis juga boleh tuh. Yang terpenting dari penyajian kentang yaitu tidak disarankan untuk memasak kentang dengan cara di goreng atau di panggang.

Timbul satu pertanyaan!! Kenapa tidak di sarankan di panggang? Proses pemanggangan sanggup merusak nutrisi dalam kentang, selain itu warna hitam dari hasil pemanggangan itu tidak baik bagi tubuh sebab mengandung zat karsinogen, yaitu senyawa yang sanggup mengakibatkan kanker.

Lantas bagaimana dengan menggorengnya? hmm.. baiklah..Kita bahas sekalian efek samping konsumsi kentang goreng.

Efek Samping Konsumsi Kentang Goreng

1. Mengkonsumsi kentang goreng yang di goreng memakai minyak biasa sanggup meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita. Seperti yang kita tahu tingginya LDL dalam tubuh sanggup memicu terjadinya penyakit jantung dan terperinci itu tidak sehat bagi tubuh kita.

2. Dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Ini bisa terjadi sebab bila kita cukup sering konsumsi kentang goreng maka insulin di dalam tubuh kita akan cepat melonjak.

3. Kalau konsumsi kentang biasa bisa mencegah kanker, nah berbeda dengan kentang goreng. Dalam kentang goreng terdapat zat yang berjulukan acrylamide. Zat ini lah yang akan memicu terjadinya kanker.

Makara selanjutnya bagaimana? apa kita dilarang makan kentang goreng?
Bukan tidak boleh, ada baiknya kita makan kentang goreng hanya untuk selingan saja,misal satu ahad sekali.

Konsumsi sewajarnya dan jangan lupa untuk berolahraga juga semoga lemak dari kentang goreng ini tidak menumpuk di tubuh dan jadinya membahayakan jiwa kita.
Ingat!! apapun yang hiperbola selalu mempunyai dampak negatif.

Boleh di share kok bila berdasarkan kalian ini bisa bermanfaat bagi yang lain. Terima kasih.