Terkilir Atau Keseleo : Tanda-Tanda Serta Cara Pinjaman Pertama Yang Dapat Diberikan Dirumah

Terkilir atau keseleo ialah suatu cedera yang disebabkan oleh sebuah stress berat sehingga menyebabkan peregangan atau robekan ligament jaringan pengikat antara dua persendian tulang. Dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah sprain.

Sprain sanggup terjadi pada semua orang baik belum dewasa maupun orang dewasa. Resiko terjadinya sprain lebih besar terjadi pada mareka yang lebih aktif bergerak misalnya para atlet lari, renang, kuli bangunan dan jenis profesi lain yang serupa.

 ialah suatu cedera yang disebabkan oleh sebuah stress berat sehingga menyebabkan peregangan at Terkilir atau keseleo : Gejala serta cara santunan pertama yang bisa diberikan dirumah

Penyebab terjadinya keseleo atau terkilir

Sprain/terkilir sanggup terjadi lantaran benturan stress berat pada serpihan badan tertentu yang paling sering lantaran terjatuh dan lantaran mengangkat beban berat yang hiperbola selain itu penyebab keseleo juga lantaran peregangan otot yang hiperbola lantaran melaksanakan pergerakan yang salah sehingga terjadinya penggeseran pada tulang dan gangguan ligament di persendian.
Artikel Terkait: Fraktur atau patah tulang dan Cara Pembidaian

Tanda dan tanda-tanda keseleo atau terkilir

Gejala umum yang sering terjadi pada penderita strain yaitu terasa sakit dan adanya pembengkakan pada persendian, terjadi perubahan warna pada kulit disekitar cedera menyerupai membiru dan kehitam-hitaman. Biasanya disertai demam akhir nyeri. Jika cedera terjadi pada tangan kemungkinan tangan Tidak bisa mengangkat beban berat, jikalau sprain terjadi pada kaki biasanya susah untuk berjalan. Semakin parah tingkat keseleo/sprain yang terjadi maka nanah dan rasa nyeri yang dirasakan akan semakin parah.

Pertolongan pertama yang sanggup anda lakukan untuk menangani terkilir.

Tindakan perawatan terkilir yang bisa di lakukan dirumah untuk Penanganan yang sempurna dan sesuai menyerupai yang disarankan oleh dokter yaitu dengan menerapkan metode RICE yang telah terbukti ampuh mengobati sprain. RICE ialah abreviasi dari Rest Ice Conpression Elavate .

1. Rest (istirahat)

Istirahat dan membatasi aktivitas. Hal ini bertujuan supaya cedera yang dialami penderita tidak bertambah parah. Cobalah untuk mengurangi pergerakan yang bisa memperlihatkan tekanan pada serpihan sendi yang terkena sprain. Dianjurkan untuk penggunaan selempang bebat yang berfungsi untuk mengistirahatkan serpihan badan yang terkilir.

2. Terapi Ice (es)

Terapi dengan memakai es ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada serpihan yang terkilir. Terapi ice diberikan dengan cara menempelkan kantung es pada serpihan yang keseleo selama 3 menit setiap 4 jam sekali. Ingat Jangan sesekali menempelkan es selama lebih dari 3 menit pada satu waktu lantaran bisa menyebabkan kerusakan jaringan.

3. Compression (kompresi)

Tindakan ini bisa anda lakukan dengan memakai pembalut lentur atau jenis perban yang bisa membungkus anggota badan yang terkilir.  Pembalutan yang anda berikan harus berpengaruh tetapi jangan terlalu ketat sehingga tidak mengganggu sirkulasi darah. Pembalutan harus dibuka apabila terjadi kesemutan dan kebiru-biruan didaerah sekitar. Baru kemudian dilakukan pembalutan ulang dengan lebih rapi. Kompresi sanggup dilakukan selama 6 hari

4. Elevate (tinggikan)

Peninggian bertujuan untuk mengurangi pembengkakan. Jika memungkinkan metode ini lebih efektif ketika berbaring. Angkatlah anggota badan yang terkilir dengan posisi lebih tinggi dari jantung kemudian menempatkan bantal di bawah lengan atau kaki yang cedera.
Itulah cara santunan pertama untuk terkilir yang bisa di lakukan dirumah. untuk mengurangi nyeri juga bisa diberikan obat pereda nyeri. Biasanya keseleo akan sembuh sehabis mendapatkan perawatan tersebut. Namun pada tingkat kerusakan yang parah dibutuhlan perawatan lanjutan.

Ciri-ciri cedera terkilir parah yang membutuhkan penangan khusus yaitu

1. Terlihat adanya bengkok / pembengkokan yang tidak normal pada sendi.
2. Pembengkakan yang parah dan rasa nyeri berat. Serta tidak sanggup berjalan dalam waktu yang lama.
3. Tidak bisa melaksanakan pergerakan sama sekali pada serpihan badan yang terkena cedera.
Jika ciri-ciri di atas terlihat segera bawa ke Rumah Sakit atau hubungi Dokter-dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan terkilir yang lebih spesifik.