Tanaman Obat Tradisonal

tanaman obat. Lebih dari 300 jenis tumbuhan potensial untuk dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Sebagian khasiat dari tanaman-tanaman itu sudah dibuktikan melalui uji Klinis dan kesudahannya positif. Indonesia merupakan negara agraris yang populer akan kekayaan rempah rempah dan aneka macam jenis tanaman. Dari dulu sampai kini tumbuhan herbal ataupun tanaman obat dapat menyembuhkan aneka macam macam penyakit. Tapi sayang sekali banyak warga Indonesia ketika ini malah lebih menentukan produk kesehatan luar negri dibanding negri sendiri. Padahal tak perlu jauh – jauh ke negri orang dengan biaya yang sangat mahal, ternyata di negri kita ini tejauh lebih kaya dan alami dalam segi pengobatan.
Dan tidak semua pecahan dari tumbuhan obat bisa dimanfaatkan sebagai materi ramuan obat. Misalnya, tumbuhan jahe, kunyit, dan temulawak hanya pecahan rimpang-nyalah yang berkhasiat. Nenas, jeruk nipis, dan belimbing lebih banyak dimanfaatkan buahnya untuk obat. Bagian tumbuhan berguna lainnya kulit batang, akar, biji, getah ataupun daunnya. Di antara pecahan tumbuhan itu sepertinya daun merupakan pecahan yang paling banyak dipakai. Untuk mengenal lebih banyak lagi daun-daun berguna obat, Berikut ini adalah jenis tumbuhan tersebut diantaranya :

Mengkudu
merupakan termasuk salah satu negara yang kaya akan Tanaman Obat TradisonalMengkudu mempunyai nama yang berbeda – beda pada setiap tempat contohnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa diseut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) sebab biasa digunakan sebagai materi rujak ataupun hidangan buka puasa khas aceh. Tapi taukah anda bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat gampang cukup jus mengkudu kemudian saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

Lidah Buaya
Lidah buaya semenjak zaman dahulu telah dipercaya sebagai materi perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang berbagi penelitian pengecap buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan pengecap buaya ibarat Cendol ala Pontianak yang sangat populer disana. Baca juga Mengobati Batuk dan Pilek Anak Dengan Obat Alami Tradisonal .

Belimbing
Belimbing manis banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dll. Belimbing. Selain rasanya yang lezat juga bisa mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi. caranya cukup dengan memakan buah belimbing setiap hari setelah makan.

Daun Katuk
Tanaman perdu ini biasanya setinggi 2,5—5 m. Daun majemuk.   Anak daun berbentuk bundar telur, ujung lancip, dan pangkalnya tumpul. Tepinya rata. Warna hijau. Dengan Kandungan : Saponin, flavonoid, dan tannin. Yang Berkhasiat : Melancarkan ASI, obat demam, bisul, dan borok. Cara Pengelolaanya : Biasa dikonsumsi sebagai sayuran. Untuk melancarkan ASI disiapkan 300 gram daun segar, direbus dengan 1,5 gelas air selama 15 menit. Setelah  ebusan cuek disaring dan diminum semuanya.

Demikianlah Tips Mengobati Dengan Tanaman Obat Tradisonal lakukan tips ini dengan teratur untuk mendapat hasil yang memuaskan. Semoga Informasi Tanaman Obat Alami Tradisonal ini sanggup bermanfaat….