Sering Merasa Kembung, Ini Sebabnya!

Penyebab sering merasa kembung – Pernahkah kau merasa kembung dan terasa begitu mengganggu? Kata orang kalau perut terasa kembung, itu biasanya kemasukan angin, hingga menentukan kerokan deh. Apakah benar perut kembung itu lantaran kemasukan angin? Atau juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

 Pernahkah kau merasa kembung dan terasa begitu mengganggu Sering Merasa Kembung, Ini Sebabnya!
Sumber : Google

Nah, kali ini Ziesehat akan berikan isu mengenai penyebab kau sering merasa kembung. Simak baik-baik ya, cek this out….

1. Asam lambung meningkat, bukannya kemasukan angin
Kebanyakan orang yang mengalami perut kembung akan berpikir bahwa mereka hanya kemasukan angin. Tetapi, kembung yang dirasakan itu juga sanggup mengidentikasikan kondisi kesehatan tertentu. Biasanya seseorang yang merasa kembung itu disebabkan oleh asam lambung yang mengalami peningkatan, hingga menciptakan esophagus iritasi dan hemoroid atau wasir. Nah, ada baiknya bila kembung yang kau rasakan terasa begitu mengganggu dan tidak mau berhenti, konsultasikanlah dengan dokter.

Baca Juga : Tata Cara Mendirikan Pedagang Besar Farmasi

2. Terlalu banyak mengkonsumsi garam
Mungkin kau tidak akan menyangka, bahwa terlalu banyak mengkonsusmi yang asin-asin juga akan menjadikan perutt terasa kembung dan tidak nyaman. Pada dasarnya, badan memang membutuhkan asupan nutrisi berupa garam, tapi harus sesuai dengan kadar yang diperlukan oleh tubuh, tidak berlebihan. Kalau terlalu banyak kadar garam dalam badan kita, maka cairan dalam badan akan tertahan oleh zat-zat garam tersebut. sehingga bukan hanya kembung yang akan kau rasakan, tetapi gangguan kesehatana menyerupai darah tinggipun juga tak luput meneyrang pertahanan tubuhmu.

Baca Juga : 1. Apotek adalah
2. Informasi Umum Obat

3. Terlalu cepat mengkonsumsi makanan

Coba cek dulu cara makan kamu, apakah terbilang lambat ataukah cepat. nah, buat kau yang suka cepat makan, ada baik untuk memperbaiki kebiasaan yang satu ini. lantaran bila kau terlalu cepat dalam mengkonsumsi makanan, maka kau akan mencicipi kembung di perut. Semakin cepat kau makan, semakin besar juga udara yang masuk ke dalam tubuhmu.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi masakan
Setiap orang mempunyai porsi masing-masing dalam duduk kasus makan, ada yang sedikit dan adapun yang banyak. Hal tersebut dikarenakan perut mempunyai kapasitas terbatas dan berbeda-beda setiap orangnya. Memang perut bersifat lentur dan sanggup meregang, tetapi bila kau terlalu banyak makan maka akan tetap mencicipi kembung.  Terutama kalau kau banyak mengkonsumsi masakan yang asin dan berkarbohidrat. Makanya, berhentilah makan sebelum kenyang, jangan hingga kekenyangan.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat

Pada dasarnya badan membutuhkan asupan masakan yang mengandung karbohidrat, tentunya sanggup memperlihatkan energi untuk melalukan aktivitas. Tetapi, kalau kau terlalu banyak dalam  mengkonsumsi masakan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka dalam satu waktu sanggup menahan cairan di dalam badan kamu. Semakin cepat karbohidrat tersebut masuk ke dalam darah, maka semakin tinggi pula risiko kau merasa kembung.

Biasanya karbohidrat yang cepat diserap oleh darah yaitu roti, permen, dan soft drink. Sedangkan untuk karbohidrat kompleks menyerupai buah-buahan dan sayuran yang membutuhkan waktu lebih usang untuk diserap dan juga dicerna.

6. Minum susu

Mungkin kau tidak akan menyangka, bila minuman sehat ini sanggup menjadikan perut kembung. Tahukah kamu, bila masakan dan minuman yang mengandung susu dan es krim tersebut sanggup menambah gas di dalam badan kita, bila badan kau tidak sanggup mencerna gula yang terdapat dalam produk susu tersebut atau yang sering disebut dengan laktosa maka perut akan terasa sakit disertai dengan kembung yang begitu mengganggu.

Jika kau mengalami kondisi menyerupai ini, sebaiknya kau mengonsumsi obat-obat tertentu yang sanggup membantu mencerna susu lebih mudah. Karena, kondisi ini tidak menyerupai penderita alergi susu yang sanggup menciptakan penderitanya muntah dan mual dikala mengonsumsi susu. Jika masih saja kembung, konsultasikanlah ke dokter. Biar diketahui apa penyebabnya secara niscaya dan sanggup ditangani dengan lebih baik lagi.

7. Banyak minum Soda

Siapa sih yang tidak suka dengan minuman yang bersoda ini, selain sanggup melepas dahaga juga sangat menyegarkan, apalagi dalam keadaan dingin, duh jadi ngilerkan? Nah, bila kau sering merasa kembung, sanggup jadi lantaran kebanyakan minum air soda ataupun minuman yang mengandung gas dan alcohol. Minuman ini akan menciptakan system pencernaan kau menjadi terisi penuh, ditambah lagi kandungan dalam minuman bersoda itu mempunyai kadar gula yang tinggi. Tentunya akan menciptakan cairan tertahan di dalam tubuh, tidak heran bila kau sering merasa kembung sesudah meminumnya.

Baca Juga : Cara Memakai Transdermal Patches (Koyo) Dengan Benar

Nah, itulah beberapa hal yang sanggup menjadikan perut terasa kembung. Alangkah baiknya, bila kau memperbaiki kebiasaan tersebut yang sanggup memperparah kondisi perutmu. Semoga artikel ini sanggup membantu kau ya!