Sediaan Serbuk

Sebelum membahas mengenai sediaan serbuk. Kita fahami dulu apasih yang dimaksud dengan serbuk. Serbuk ialah adonan kering materi obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian oral atau untuk pemakaian luar.

Bentuk sediaan serbuk memiliki luas permukaan yang lebih luas sehingga lebih gampang larut dan lebih gampang terdispersi daripada bentuk sediaan lainnya, ibarat kapsul, tablet, kaplet, dan pil. Bagi belum dewasa dan orang cukup umur yang sukar menelan kapsul atau tablet lebih gampang memakai obat dalam bentuk sediaan serbuk. Biasanya serbuk oral sanggup dicampur dengan air.

Serbuk oral sanggup diberikan dalam bentuk sediaan serbuk terbagi (pulveres) atau bentuk sediaan serbuk tidak terbagi (pulvis). Sediaan serbuk oral tidak terbagi terbatas pada obat yang relative tidak poten ibarat laksansia, antasida, makanan diet dan beberapa analgetik tertentu. Sediaan serbuk tidak terbagi lainnya ialah serbuk gigi dan serbuk tabor yang keduanya dipakai untuk pemakaian luar.

Umumnya sediaan serbuk terbagi dibungkus dengan kertas perkamen dan untuk melindungi dari efek lingkungan, sediaan serbuk terbagi ini sanggup dilapisi dengan kertas selofan atau sampul polietilena.

Keuntungan sediaan serbuk

  1. Sediaan serbuk alasannya ialah memiliki permukaan yang luas, serbuk lebih gampang terdispersi dan lebih larut daripada sediaan yang dipadatkan.
  2. Anak-anak atau orang cukup umur yang sukar menelan kapsul atau tablet lebih gampang memakai bentuk sediaan serbuk.
  3. Obat dengan volume terlalu besar untuk dibentuk tablet, sanggup dibentuk dalam bentuk sediaan serbuk.
  4. Masalah stabilitas yang sering dihadapi dalam sediaan cair, tidak ditemukan dalam sediaan serbuk.
  5. Obat yang tidak stabil dalam suspensi atau larutan air sanggup dibentuk dalam bentuk sediaan serbuk.
  6. Dokter lebih leluasa dalam menentukan takaran yang sesuai dengan keadaan penderita.
Kekurangan sediaan serbuk

  1. Tidak tertutupnya rasa dan busuk yang tidak yummy ibarat pahit, sepet, lengket di lidah, busuk dan lain lain.
  2. Pada penyimpnan kadang suka lembab atau berair yang biasa disebut dengan teroksidasi.
  3. Untuk zat yang terurai oleh asam lambung tidak sanggup dihindari.
Pulvis
Pulvis ialah serbuk yang tidak terbagi-bagi dan sanggup digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Pulvis adspersorius (serbuk tabur/bedak) ialah serbuk ringan untuk penggunaan topikal, sanggup dikemas dalam wadah yang belahan atasnya berlubang halus untuk memudahkan penggunaan pada kulit. Umumnya serbuk tabur harus melewati ayakan dengan derajat halus 100 mesh supaya tidak menimbulkan iritasi pada belahan yang peka.
  2. Pulvis dentrificius (serbuk gigi) biasanya mengandung carmin sebagai pewarna yang dilarutkan lebih dahulu dalam kloroform atau etanol 90%.
  3. Pulvis sternutatorius(serbuk bersin) ialah serbuk untuk dihisap hidung, oleh alasannya ialah itu serbuk harus halus sekali.
  4. Pulvis efervesen, serbuk biasa yang sebelum diminum dilarutkan dahulu dalam air hambar atau air hangat, serbuk ini mengeluarkan gas CO2 yang kemudian membentuk larutan yang jernih. Serbuk ini merupakan adonan antara senyawa asam (asam sitrat, asam tartrat) dengan basa (Na-karbonat, Na-bikarbonat). Dalam pembuatannya, belahan asam maupun basa harus dikeringkan secara terpisah. Gas CO2 (karbon dioksida) dipakai untuk pengobatan, mempercepat peresapan atau untuk menyegarkan rasa larutannya.
Pulveres
Pulveres (serbuk bagi) ialah serbuk yang dibagi dalam bobot yang lebih kurang sama, dibungkus dengan kertas perkamen atau materi pengemas lain yang cocok.
Syarat-syarat Serbuk
Secara umum syarat serbuk ialah sebagai berikut:

  1. Kering
  2. Halus
  3. Homogen
  4. Memenuhi uji keragaman bobot (seragam dalam bobot) atau keseragaman kandungan (seragam dalam zat yang terkandung) yang berlaku untuk serbuk terbagi/pulveresyang mengandung obat keras, narkotik, dan psikotropik.
Cara Pengemasan Serbuk
Secara umumnya serbuk dibungkus dan diedarkan dalam 2 macam kemasan yaitu kemasan untuk sediaan serbuk terbagi dan kemasan sediaan serbuk tidak terbagi. Serbuk oral sanggup diserahkan dalam bentuk terbagi (pulveres) atau tidak terbagi (pulvis).
Kemasan untuk Serbuk Terbagi
Pada umumnya serbuk terbagi terbungkus dengan kertas perkamen atau sanggup juga dengan kertas sekofan atau sampul potietitena untuk melindungi serbuk dari efek lingkungan. Serbuk terbagi biasanya sanggup dibagi eksklusif (tanpa penimbangan) sebelum dibungkus dalam kertas perkamen terpisah dengan cara seteliti mungkin, sehingga tiap tiap bungkus berisi serbuk yang kurang lebih sama jumlahnya. Hat tersebut sanggup dilakukan kalau prosentase perbandingan pemakaian terhadap takaran maksimal kurang dari 80%. Bila presentase perbandingan pemakaian terhadap Dosis Maksimal sama dengan atau lebih besar dari 80% maka sediaan serbuk harus dibagi menurut penimbangan satu per satu.

langkah-langkah melipat atau membungkus
Pada dasarnya langkah-langkah melipat atau membungkus kertas pembungkus serbuk ialah sebagai berikut:

  1. Letakkan kertas rata di atas permukaan meja dan lipatkan 1/2 inci ke arah kita pada garis memanjang pada kertas untuk menjaga keseragaman, langkah ini harus dilakukan bersamaan dengan lipatan pertama sebagai petunjuk.
  2. Letakkan serbuk baik yang ditimbang atau dibagi bagi ke tengah kertas yang telah dilipat, satu kali lipatannya mengarah ke atas di sebelah seberang dihadapanmu.
  3. Tariklah sisi panjang yang belum dilipat ke atas dan letakkanlah pada kira kira garis lipatan pertama, lakukan hati hati supaya serbuk tidak berceceran.
  4. Peganglah lipatan dan tekanlah hingga menyentuh dasar kertas dan lipatlah ke hadapanmu setebal lipatan pertama.
  5. Angkat kertas, sesuaikan dengan ukuran dos kawasan yang akan dipakai untuk mengemas, lipat belahan kanan dan kiri pembungkus sesuai dengan ukuran dos tadi. Atau kalau pengemasnya plastik yang dilengkapi klip pada ujungnya usahakan ukuran pembungkus satu dengan yang lainnya seragam supaya tampak rapi.
  6. Kertas pembungkus yang telah terlipat rapi masukkan satu per satu dalam dos atau plastik klip. Pada lipatan kertas pembungkus dihentikan ada serbuk dan dihentikan ada ceceran serbuk.