Pertolongan Pertama Pada Perkara Keracunan Makanan Dan Minuman

Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman – Sekarang ini banyak terjadi masalah keracunan pada makanan, entah disebabkan oleh apa dan bagaimana terjadinya. Sekitar dua juta masalah keracunan masakan per tahun terjadi di Indonesia. Tentunya angka ini memperlihatkan bahwa keracunan masakan merupakan salah satu tragedi alam yang mesti menjadi perhatian dari pemerintah. Guna mengantisipasi akan keracunan terhadap makanan, pemerintah mengadakan suatu penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya memperhatikan apa yang dimakan.

Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman
Sumber : Google

Biasanya keracunan masakan ini akan ditandai dengan sakit perut, muntah-muntah, demam tinggi, diare, hingga badan terasa lemah kurang bertenaga. Tentunya hal ini sangat mengganggu kesehatan dan mengganggu aktivitas, bukan! 

Nah, untuk itulah penting sekali untuk memperhatikan dan menjaga apa kita makan dan konsumsi. Selain itu, kau juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengani terjadinya keracunan makanan. Biar keracunan itu sanggup segera tertangani dan tidak berlanjut pada hal yang lebih parah lagi. Kali ini ziesehat akan berikan tips mengenai cara mengatasi keracunan pada masakan dengan materi yang alami dan ada disekitar kita, tentunya dengan sangat mudah. So, let’s cek it out….

1. Banyak minum air putih

Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman
Sumber : Google

Jika tanda-tanda keracunan masakan sudah menghampiri kamu, sebaiknya lakukan hal yang paling utama ini dulu. Ya, perbanyaklah mengkonsumsi air putih biar badan tidak terhidrasi dan keseimbangan badan tetap terjaga. Selain itu juga, air putih juga sanggup mebantu mengeluarkan racun-racun dari dalam badan kamu. Minumlah air hangat minimal 250ml per jam, pastikan sehari tidak kurang dari 3 liter air, ya!

2. Ramuan jahe

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ramuan jahe ini mempunyai segudang khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, kali ini kau sanggup meminum ramuan jahe untuk mengobati keracunan makanan. Kandungan zat fitokimia pada jahe yang berfungsi sebagai analgenesik, anti peradangan, anti-bakteri, sangat baik untuk mengatasi rasa mual dan duduk kasus gangguan pencernaan.

Untuk menciptakan ramuan jahe tersebut, kau cukup merebus tiga ruas jahe bersama 500 ml air. Boleh ditambahkan sedikit gula merah atau madu, biar lebih nikmat dan khasiatnya tambah maksimal. Minumlah selagi hangat.

3. Minum air kelapa hijau

Air kelapa hijau yang selama ini kita kenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, kini kau bisa minum air kelapa hijau ini sebagai penanganan terhadap keracunan pada makanan. Karena mengandung zat tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau ini sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang sanggup mengurai sifat racun dalam tubuh.

Sedangkan, kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau juga sanggup mengganti cairan yang hilang akhir muntah dan diare sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air kelapa hijau juga sanggup meningkatkan energi pada badan lantaran mengandung vitamin yang banyak. Bahkan, juga sanggup menurunkan deman dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Konsumsi madu

Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman
Sumber : Google

Madu memang sangat dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Cocok banget untuk membersihkan virus dan patogen dari lisan hingga ke usus, sehingga sanggup menyembuhkan keracunan makanan. Hal ini dikarenakan madu mengandung antiseptic yang luar bisa yang berupa hydrogen peroksida. Kamu cukup menambahkan 2 sendok madu untuk sekali minum, bisa dicampur dengan wedang jahe ataupun yang lainnya.

5. Minum jus lemon

Jus lemon selain yummy dan menyegarkan, juga sanggup membantu membunuh organisme jahat dalam tubuh. Sekitar 51% vitamin C yang terkandung dalam lemon ini mmapu mencukupi kebutuhan tubuh. Kamu cukup menawarkan segelas air yang telah dicampur perasan lemon. Untuk mengurangi rasa asam pada lemon, kau sanggup menambahkan madu secukupnya.

6. Konsumsi bawang putih

Pastinya materi dapur yang satu ini akan selalu tersedia di dapur kamukan? Ya, bawang putih!  Bawang putih yang kaya akan allicin ini mempunyai fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang bisa membunuh banyak sekali organisme jahat yang menjadi penyebab keracunan pada makanan. Kamu cukup mengiris atau menumbuk bawang putih secukupnya. Kemudian campurkanlah dengan madu beberapa tetes.

7. Makan pisang

Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman Pertolongan Pertama Pada Kasus Keracunan Makanan dan Minuman
Sumber : Google

Sebagai pendamping masakan penderita keracunan makanan, buah pisang ini bisa menjadi solusinya. Kandungan zat potassium dan pactinpada yang terdapat dalam buah pisang bisa membantu mengganti cairan elektrolit yang keluar dikala diare. Bahkan, buah pisang juga sanggup menambah energi badan dan membantu menciptakan kotoran menjadi lebih keras. Makanya, konsumsi pisang secara pribadi tiga kali sehari, ya !

8. Berikan cuka sari apel

Cuka sari apel ini kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid, dan pactin.  Cuka sari apel yang bersifat antivirus ini juga sanggup melindungi lapisan usus dan membunuh racun dalam tubuh. Kamu cukup mencampurkan dua sendok makan cuka apel pada segelas air dan berikan tiga kali sehari. Tambahkan madu juga bisa, sesuai selera kamu.

Nah, selain beberapa yang telah disampaikan di atas tadi, masih banyak alternatif lainnnya, ialah ibarat meminum jus apel, memakan buah blueberry kering, memakan buah salak beserta kulit arinya dan sebagainya. Namun, bahan-bahan yang disebutkan diatas tadi merupakan materi yang gampang didapatkan. Agar keracunan masakan sanggup segera teratasi dan sanggup menghentikan pertumbuhan organisme jahat di dalam tubuh.

Nah, itulah bahan-bahan alami yang sanggup membantu kau dalam mengnangani keracunan pada makanan. Tetapi, jikalau kontribusi pertama tersebut tidak sanggup mengatasinay sehabis dua hari kemudian. Sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut lagi. meskipun terkesan ringan awalnya, tetapi keracunan masakan itu akan berujung pada permaslaahan yang lebih serius lagi. Tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, ya!