Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar – Luka Bakar merupakan salah satu jenis luka yang terjadi kibat paparan panas, alasannya terbakar api, Luka Bakar semburan air panas, atau alasannya paparan zat kimia asam basa, akhir paparan matahari dalam waktu yang lama, atau bahkan sanggup juga terjadi alasannya akhir tegangan listrik.

Metode dan cara pertolongan luka bakar tergantung pada beberapa hal, yang pertama yaitu tingkat keparahan atau kedalaman luka, yang kedua tingkat luasnya luka bakar yang dialami oleh penderita, dan yang ketiga yaitu kondisi umum penderita menyerupai bagaimana tanda-tanda vital nya.

 Luka Bakar merupakan salah satu jenis luka yang terjadi kibat paparan panas Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Perawatan Luka Bakar

Sebelum kita bahas lebih lanjut masalah cara penanganan luka bakar, terlebih dahulu anda harus memahami derajat luka bakar, kulit kita mempunyai tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan sub kutan atau Hipodermis. 

Kulit mempunyai tugas dan fungsi sebagai pertahanan badan paling luar dan melindungi dari banyak sekali macam ancaman dan infeksi, selain itu kulit juga bertindak sebagai pengatur suhu badan dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolik.

Jika terjadi luka, maka tugas dan fungsi kulit sanggup terganggu. Nah Tujuan dari mengetahui tingkat lapisan kulit yaitu supaya kita sanggup mengukur seberapa dalam atau luas luka bakar yang terjadi sehingga sanggup mengambil tindakan yang tepat. Klasifikasi ada di bawah ini

Derajat Luka bakar

Berikut ini pembahasan mengenai derajat luka bakar menurut tingkat kedalaman luka yaitu:

Luka bakar derajat 1 atau luka bakar Ringan

Luka bakar ringan, atau hanya mengenai kulit pecahan apidermis, biasanya ditandai dengan kui memerah, adanya sedikit pembengkakan, rasa sakit dan perih terlebih dikala disentuh, kalau luka bakar jenis ini cukup hanya mendapat perawatan dan pertolongan luka bakar di rumah saja, terkeculi kalau terjadi pada kawasan yang luas. 

Luka bakar Derajad dua atau luka bakar sedang.

Luka bakar yang ditandai dengan nyeri hebat, alasannya luka lebih dalam dari pada derajat 1 diatas, atau pada tingkat hipodermia, sel saraf ada pada pecahan kulit ini, alasannya itulah biasanya akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat. Luka bakar derajat dua di tandai dengan kulit melepuh, muncul gelembung dan keluar banyak cairan bening, kemrahan, berak-bercak merah dan adanya nyeri hebat.

Anda sanggup menentukan untuk merawat dirumah, asalkan diameter luka bakar yang terjadi tidak lebih dari 5 cm, atau kalau luka bukan terjadi pada organ-organ berikut : Pada wajah, selangkangan dan kem#luan, seluruh Lingkar kaki dan tangan, Bagian Pantat atau pada pecahan persendian. Jika terjadi di kawasan tersebut harus medapat perawatan medis.

Luka Bakar derajat tiga atau luka bakar serius

Luka bakar yang terjadi pada kulit yang lebih dalam atau seluruh lapisan kulit, bahkan terkadang hingga kejaringan otot dan tulang. ini merupakan jenis luka bakar yang paling serius dan harus mendapat perawatan dirumah sakit.
Artikel Terkait : Manajemen Perawatan Luka

Pertolongan pertama Luka bakar

  • Jangan panik, segera jauhkan korban dari sumber penyebab luka bakar, kalau luka alasannya api atau Akibat semburan air panas segera jauhkan dari penyebab.
  • Jika luka bakar akhir tersengat ajaran listrik atau kesetrum, pastikan ajaran listri telah terputus, atau segera putuskan / hentikan arus listrik sebelum anda memperlihatkan pertolongan.
  • Jika masih ada baju sebaiknya baju korban dibuka terlebih dahulu, supaya tidak melekat pada luka
  • Siram Dengan Menggunakan air yang mengalir dan air bersih.
  • Jika diameter luka bakar hanya berukuran kecil, dan hanya mengenai pecahan lapisan kulit epidermis atau pecahan luar dari kulit, cukup siram dengan air mengalir selama beberapa menit dan sesudah itu olesi dengan salep khusus untuk luka bakar. 
  • Jika muncul gelembung air, yang didalam nya ada menyerupai cairan, jangan sesekali mencoba untuk memecahkannya
  • Apabila terjadi luka bakar parah dan memperlihatkan tanda-tanda kesadaran korban menurun maka segeralah bawa kerumah sakit, namun kalau ada tanda-tanda henti jantung dan paru/pernafasan, maka segera lakukan RJP / pijat jantung. ini harus anda berikan pertolongan segera ditempat sebelum anda bawa kerumah sakit Setiap menitnya sangat berharga bagi korban, Lakukan pijat jantung dan pemberian pernafasan melalui ekspresi kemulut, atau melalui ekspresi ke hidung kalau melalui ekspresi tidak memungkinkan.

Yang perlu diperhatikan dalam Pertolongan Luka Bakar

  • Jika luka bakar terjadi pada kawasan muka, leher, persendian,dan dada maka segera bawa kerumah sakit, alasannya mempunyai kemungkinan untuk mempengaruhi sistem pernafasan korban. Begitu juga luka bakar yang terjadi di kawasan Kem#luan dan Persendian.
  • Penanganan Luka Bakar dengan mengoleskan odol, minyak, mentega, atau kecap sebetulnya kurang tepat. Sebaiknya jangan dilakukan.
  • Jika Diameter luka bakar melebihi 1 telapak tangan, maka kemungkinan harus mendapat pertolongan medis, segera sesudah mendapat pertolongan menyerupai diatas pribadi larikan kerumah sakit.
  • Semakin luas persentase luka bakar, atau semakin luas diameter luka maka semakin banyak cairan badan yang dikeluarkan.
  • Jika ada korban akhir konsleting listrik, pastikan untuk memutuskan ajaran listrik sebelum  anda memperlihatkan pertolongan.
  • Prinsip pertolongan pertama pada luka bakar diatas hanya sempurna untuk diberikan pada korban luka bakar ringan, Namun untuk luka bakar sedang dan berat sesudah melalukan mekanisme diatas segera rujuk kerumah sakit.