Penyebab Mimisan Pada Orang Sampaumur Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya – Mimisan atau yang sering kita kenal dengan keluarnya darah melalui hidung, tanpa disadari apa yang menjadi penyebabnya. Biasanya mimisan ini banyak dialami oleh bawah umur yang aktif beraktivitas di luar ruangan. Tetapi buka berarti orang cukup umur bebas akan mimisan. Mimisan yang dialami oleh orang cukup umur ini memang penyebabnya berbeda dengan anak-anak. Karena penyebab mimisan setiap orang ini seringkali berbeda-beda, hal inilah yang menciptakan penyebab mimisan ini menjadi beragam.

Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya
Sumber: Google

Dalam dunia medis, mimisan juga dikenal dengan istilah epistaksis, adalah yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pada hidung. Secara anatomis mimisan dibedakan menjadi 2 bagian, adalah epistaksis anterior yang terjadi akhir pembuluh darah yang pecah terdapat di penggalan depan hidung dan epistaksis posterior yang terjadi akhir pembuluh darah penggalan belakang hidung pecah.

Menurut para ahli, sembilan puluh persen dari jenis mimisan merupakan tipe anterior dan tidak membutuhkan penanganan serius lantaran sanggup berhenti dengan sendirinya. Biasanya mimisan jenis ini sering dialami oleh anak-anak. Meskipun sanggup berhenti dengan sendirinya, kau harus tetap mengatasinya dengan benar. Mimisan bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu kelainan yang terjadi pada kondisi tubuh kita.

Nah, selain disebabkan oleh faktor anterior tersebut, mimisan juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya. Kali ini ziesehat akan menunjukkan beberapa faktor penyebab mimisan yang terjadi pada orang dewasa, begitu juga dengan cara mengatasinya. Langsung aja cek it out….

Faktor Penyebab Munculnya Mimisan Pada Orang Dewasa

1. Akibat stress berat pada mokusa hidung

Mungkin kau belum tahu sebelumnya, bila hidung kita ini juga sanggup mengalami trauma. Trauma pada hidung biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengorek hidung secara hiperbola dan juga lantaran terkena benturan ataupun pukulan pada hidung. Sehingga hal tersebut tentunya akan mengganggu lapisan mokusa pada hidung, hingga jadinya keluarnya cairan darah pada lubang hidung.

2. Munculnya iritasi pada hidung

Bukan hanya kulit saja yang sanggup mengalami iritasi, hidungpun juga sanggup mengalaminya. Biasanya iritasi pada hidung ini disebabkan oleh udara yang kering dan juga cuaca yang begitu dingin. Tetapi juga sanggup disebabkan oleh ISPA atau abses kanal pernafasan atas. Hal tersebutlah yang sanggup meneyebakan infeksinya kanal pada hidung, yang akan berujung pada munculnya mimisan. Mimisan akhir cuaca yang ekstrem ini memang tidak membahayakan. Karena tubuh terutama hidung akan mengalami proses penyesuai terhadap lingkungan sekitar.

3. Penyebab sistemik

Sistemik merupakan penyebab mimisan yang sering kali dialami oleh orang dewasa. Gangguan berupa sistemik ini biasanya dialami tubuh secara menyeluruh dan akan berujung pada kelemahan hingga pecahnya pembuluh darah kapiler pada hidung. Penyebab sistematik ini berupa terdapatnya pembekuan darah secara primer dan sekunder, penggunaan obat-obatan tertentu yang berakibat munculnya pendarahan pada hidung.

Penyakit yang menciptakan pembuluh darah pecah ini berupa hipertensi atau yang lebih kita kenal dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik. Penyakit DBD juga sering menjadi penyebab mimisan pada orang dewasa.

4. Idiopatik

Idiopatik merupakan istilah yang dipakai di dalam dunia medis, bila penyebab suatu penyakit belum diketahui dengan jelas. Biasanya hanya 10% masalah mimisan yang disebabkan oleh hal ini. Pada beberapa masalah mimisan atau epistaksis, memang tidak ditemukan penyebab yang mendasari dari pecahnya pembuluh darah di hidung. Meskipun sudah dilakukan banyak sekali macam cara dalam pemeriksaan.

Cara Praktis Atasi Mimisan Pada Orang Dewasa

Setelah kita mengetahui faktor yang sanggup menjadi penyebab munculnya mimisan pada orang dewasa. Maka selanjutnya kau perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi mimisan tersebut dengan gampang dan sempurna tentunya. meskipun mimisan bukanlah suatu penyakit yang membahayakan, tetapi mengetahui cara yang sempurna dan benar itu penting sekali. Biar saat mendapati kau ataupun teman kau yang tiba-tiba mimisan, sanggup segera melaksanakan kontribusi pertama untuk menghentikan pendarahan tersebut.

Tetapi perlu kau tahu, bahwa mimisan jenis epistaksis posterior ini pendarahannya agak sulit untuk berhenti, tidak menyerupai jenis anterior yang akan berhenti dengan sendirinya. Bahkan pendarahannya akan mengalir saja dan menyebbakan terganggunya kanal pernafasan. Kalau sudah begini jadinya, sebaiknya eksklusif pergi ke dokter saja biar penanganannya lebih sempurna dan cepat tertangani.

Nah, saat kau ataupun teman kau mengalami mimisan. Sebaiknya tenangkanlah dirimu terlebih dahulu, jangan takut dan khawatir dulu. Tundukkan kepalamu sambil memencet hidung dan bernafaslah melalui hidung. Sambil membasuh dengan air yang mengalir sekitar 10-15 menit. Kalau kau merasa lemas, duduklah ataupun berbaring dengan posisi kepala agak tinggi. Setelah berada pada posisi yang tepat, dicondongkan tubuh ke depan dan posisikan kepala tegak namun jangan menengadah. Posisi kepala dihentikan ditengadahkan, lantaran sanggup menimbulkan masuknya darah ke dalam kanal nafas dan hal ini sangat berbahaya.

Kemudian pencetlah hidungmu menyerupai diatas tadi. Biasanya dengan melaksanakan pemfokusan ini perdarahan sanggup berhenti dan jangan memberi atau memasukan sesuatu ke dalam hidung yang sedang berdarah. Jika perdarahan tidak kunjung berhenti juga, ulangilah pemfokusan menyerupai di atas sambil mencari kontribusi ke dokter ataupun rumah sakit terdekat.

Pada kasus-kasus mimisan pada orang cukup umur yang tidak berhenti dengan penekanan, maka di rumah sakit Anda akan diberikan tampon untuk menyumbat hidung. Tampon ini akan diberikan obat untuk menghentikan perdarahan. Jenis tampon yang diberikan pada masalah epistaksis anterior maupun posterior tentu akan berbeda.

Nah, itulah yang sanggup disampaikan mengenai penyebab mimisan pada orang cukup umur dan juga cara mengatasinya dengan benar. Semoga dengan adanya artikel ini, sanggup membantu dan menunjukkan pengetahuan yang bermanfaat.