Penyakit Jantung Bawaan Atau Kelainan Jantung Kongenital

Penyakit Jantung Bawaan atau Kelainan Jantung Kongenital merupakan jenis penyakit jantung yang terjadi akhir kelainan jantung bawaan lahir , ini terjadi sebab pembentukan jantung yang tidak tepat selama didalam kandungan. beberapa penelitian kesehatan mengatakan angka penyakit jantung bawaan terjadi pada 8-10 dari 1.000 kelahiran hidup. atau sekitar 1 dari seratus kelahiran. 
Berkat perkembangan teknologi, ilmu kedokteran dan pembedahan kebanyakan anak yang lahir dengan kelainan jantung kongenital masih sanggup disembuhkan sehingga mempunyai impian hidup yang panjang bahkan sanggup mempunyai hidup normal. namun walaupun demikian penyakit Cacat jantung bawaan biasanya mempunyai imbas untuk kurun waktu yang panjang terhadap kesehatan anak dan membutuhkan pentauan kesehatan seumur hidup.

Penyakit Jantung Bawaan atau Kelainan Jantung Kongenital Penyakit Jantung Bawaan atau Kelainan Jantung Kongenital

Pada orang sampaumur Penyakit jantung masih menjadi satu satunya penyebab maut terbesar pertama di dunia umumnya di negara maju dan berkembang. ini terjadi bukan hanya sebab bawaan lahir, melainkan didapatkan sesudah sampaumur seiring berjalan nya waktu. faktor resiko tinggi ibarat gaya hidup juga ikut mempengaruhi.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan ini sebagai akhir pembentukan organ jantung yang tidak tepat selama proses pembentukan janin. jantung anak mulai terbentuk awal kehamilan tepat nya pada usia kehamilan 4 ahad dari ketika pertama kali pembuahan dan terus berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Kelainan jantung bawaan sanggup berupa :

– kelainan dari sruktur jantung, 
– Penyumbatan pada pembuluh darah dari jantung atau yang bermuara kejantung anak
– Kelainan katup jantung, cacat septum ialah dinding yang memisahkan sisi kiri dan kanan jantung
– Adanya penyumbatan katub jantung dan prolaps pada katup mitral
– penyempitan katup aorta
– adanya lubang pada sekat antara katup-katup jantung anak
– Adanya ketidak normalan konfigurasi jantung serta pembuluh darah
Kelainan-kelainan jantung bawaan diatas sanggup bersifat tunggal ataupun kombinasi lebih dari satu permasalahan yang sanggup memicu penyakit jantung bawaan yang kompleks. kondisi jantung ini merupakan yang paling umum ditemukan pada belum dewasa yang cacat jantung struktural.

Jenis penyakit Jantung bawaan

Ada banyak jenis tipe penyakit jantung bawaan, namun menurut gejalanya secara garis besar penyakit jantung bawaan dibagi kedalam dua tipe besar ialah Sianotik dan Non-sianotik.

1. Penyakit jantung bawaan Sianotik 

Jenis ini merupakan jenis yang mengatakan tanda-tanda kebiruan akhir kekurangan pasokan oksigen keseluruh tubuh, kebiruan ini umumnya nampak pada kulit dan belahan ujung anggota gerak maupun pada selaput lendir ibarat pada verbal dan lidah

2. Penyakit jantung bawaan non-sianotik

Jenis non sianotik atau jenis yang mengatakan kebiruan, namun tanda-tanda gagal jantung yang biasanya terjadi mencakup sesak nafas yang berat, pembengkakan pada banyak sekali organ ibarat wajah, kaki, tangan, dan perut.

Artikel terkait lainnya :
Jenis-jenis penyakit Jantung yang sering terjadi
Jenis penyakit jantung pada anak selain penyakit jantung bawaan.

Tanda dan tanda-tanda penyakit jantung bawaan

Tanda dan tanda-tanda kelainan jantung bawaan biasanya akan eksklusif terlihat beberapa ketika sesudah bayi dilahirkan, ataupun pada tahun-tahun pertama usia anak, namun pada sebagian kasus tanda dan tanda-tanda bahkan tidak muncul hingga anak berusia dewasa.

Setelah persalinan bayi gres lahir akan mengalami masa transisi  sistem pernafasan dan sirkulasi darah dari masa janin ke pasca lahir. sebab itulah gejala penyakit jantung bawaan pada bayi gres lahir sedikit lebih sulit untuk di deteksi dan membutuhkan serangkaian pemantauan yang cermat untuk mendeteksi penyakit ini.

Gejala yang muncul juga bekerjasama dengan berapa banyak tingkat kelainan jantung yang dialami, gejala umumnya penyakit jantung kongenital mencakup sesak nafas, tendengar kelainan suara dan bising jantung, kebiruan pada kulit, bibir, verbal dan kuku sebagia tanda kekurangan oksigen, Nafas pendek, denyut jantung dan irama jantung yang tidak teratur, berat tubuh kurang dan pertumbuhan terhambat, dan infeksi paru-paru berulang.

Apabila muncul beberapa tanda-tanda diatas dokter biasanya akan melaksanakan beberapa investigasi penunjang / investigasi diagnostik. mencakup Enchocardiogram, X ray dada, MRI, Tes darah dan analisis kromosom.

Penyebab penyakit Jantung Bawaan

Untuk Penyebab niscaya belum diketahui, namun ada banyak sekali faktor resiko yang sanggup mengakibatkan banyak sekali kelainan jantung bawaan lahir. Antara lain:

– Pengaruh genetika, Seorang ibu dengan Penyakit ini, beresiko besar anaknya juga ikut terkena.
– Paparan asap rokok selama kehamilan
– Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu ibarat lithium dan obat anti kejang selama kehamilan
– Pengaruh dari diabetes melitus pada ibu hamil
– Adanya infeksi selama kehamilan ibarat rubella
Akibat Anemia pada ibu hamil
– Kelainan kromosom ibarat syndrom down, sindrom turner
kurang nya nutrisi selama kehamilan sehingga mempengaruhi perkembangan janin

Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan

Pengobatan Penyakit jantung bawaan didasarkan pada tingkat keparahan penyakit ini, cacat jantung ringan tidak membutuhkan pengobatan apapun, namun pada tingkat yang lebih parah sanggup diobati dengan banyak sekali pengobatan dan diperlukan intervensi lebih lanjut. Beberapa kondisi mungkin operasi dibutuhkan.

Pada beberapa anak dengan penyakit jantung bawaan mungkin  memerlukan pemantauan kesehatan jantung seumur hidup. Prosedur dan tindakan yang biasa dilakukan untuk kelainan jantung kongenital yaitu operasi, mekanisme kateter jantung, obat-obatan, dan bahkan pada kasus yang berat membutuhkan transplantasi jantung.