Pengertian Karbohidrat, Fungsi Dan Sumbernya Serta Penyakit Yang Berafiliasi Dengan Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat, Fungsi karbohidrat, sumber-sumber Karbohidrat, serta penyakit-penyakit yang berafiliasi dengan Karbohidrat.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat adalah Sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam masakan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Sumber-sumber Karbohidrat sangat banyak ibarat beras, jagung, gandum Dll nanti akan kita bahas lebih lanjut mengenai sumber-sumbernya.

penyakit yang berafiliasi dengan Karbohidrat Pengertian karbohidrat, fungsi dan sumbernya serta penyakit yang berafiliasi dengan karbohidrat

Jenis karbohidrat yang terdapat dalam masakan pada umumnya di bagi menjadi 3 jenis menurut Ukuran melekul nya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan polisakarida. Polisakarida dalam materi makana hewani yang sanggup dicerna disebut dengan Glikogen. Selain itu dalam ilmu Gizi karbohidrat di bagai menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat Kompleks

Sumber Karbohidrat

Banyak sekali sumber-sumber karbohidrat yang terdapat disekitar kita ibarat :
  1. Sumber karbohidrat Pada Biji : Beras, jagung, gandum
  2. Sumber karbohidrat Pada Buah : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
  3. Sumber Karbohidrat Pada Akar/umbi : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain lain.
  4. Sumber karbohidrat Pada Daun : Sayur-sayuran berwarna Hijau.

Fungsi karbohidrat bagi tubuh

1. Sebagai sumber Energi utama tubuh

Ini merupakan Fungsi karbohidrat yang utama yang berperan sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.
2. Cadangan Energi dalam otot dan hati
Keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk energi tubuh, sebagian terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi Glikogen, dan sebagiannya lagi Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.
3. Untuk memperlancar pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses, selain itu karbohidrat yang tidak sanggup dicerna ibarat serat sanggup memperlihatkan rasa kenyang.
4. Sebagai perhiasan alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa elok alami pada masakan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida

Penyakit-penyakit yang berafiliasi dengan Karbohidrat

1. Obesitas : Kelebihan berat tubuh akhir kelebihan kalori / kelebihan karbohidrat
2. Marasmus : Suatu kondisi serius malnutrisi kekurangan kalori dan protein.
3. Diabetes Militus : Gangguan Metabolisme Karbohidrat
4. Laktose intolerance : gangguanmetabolisme laktosa sebab difisiensi enzim laktase.
baca juga artikel terkait perihal cara diet aman, cepat tanpa obat