Pengalaman Bersama Kunyit !!

Pengalaman saya dulu dengan rempah yang satu ini cukup mesra. Pasalnya hampir setiap hari saya harus memakan kuliner yang kaya akan kunyit. Penyebabnya lantaran saya tidak bisa menjaga kesehatan badan saya dan contoh makan saya yang terbilang bebas. Sehingga pada suatu hari saya terkena penyakit tanda-tanda liver,salah satu penyakit yang yang termasuk ke dalam penyakit gangguan hati.

Mata,kuku dan kulit saya menguning. Setiap apa yang saya makan niscaya dimuntahkan lagi. Satu-satunya kuliner yang masuk waktu itu cuma buah apel. Dan hasilnya saya periksakan diri ke dokter dan kata dokter saya terkena tanda-tanda liver. Selain memberi obat-obatan dokter pun menyarankan untuk makan yang “amis” menyerupai ikan dan konsumsi kuliner yang mengandung kunyit.

Dan Alhamdulillah sehabis rutin mengonsumsi semuanya,saya pun sehat kembali. Saya mencicipi kalau kunyit ikut berperan dalam pengobatan dan pemulihan sakit saya waktu itu.

Setelah saya mencari informasinya,ternyata kunyit bisa meningkatkan fungsi hati. Dan dikala ini saya ingin membagikan apa yang saya tahu perihal kunyit yang saya baca dari beberapa sumber. Berikut yakni kandungan kunyit yang luar biasa.

Kandungan Kunyit

1. Kunyit Mengandung Curcumin
Curcumin yakni homogen senyawa yang memberi warna kuning pada kunyit dan curcumin ini termasuk salah satu antioksidan yang kuat.

2. Kunyit Mengandung Minyak atsiri
Minyak atsiri biasa disebut sebagai antiseptik alami. Minyak ini bisa menghancurkan smua virus dan basil uji sekaligus bisa menjaga keseimbangan tubuh.

Ini kandungan lainnya dari kunyit yang saya ambil dari wikipedia :

Setelah mengetahui kandungannya,pastti ingin tahu juga kan manfaat dari rempah yang satu ini kan? Baiklah mari kita lanjut. Berikut beberapa manfaat kunyit yang berhasil saya rangkum.

Manfaat Kunyit

1. Dapat Mencegah Kanker
Curcumin pada kunyit merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan itulah yang sanggup melindungi badan kita dari radikal bebas, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dalam badan menyerupai penyakit kanker ini salah satunya.

2.Meningkatkan Fungsi Hati
Berdasrkan sebuah penelitian, selain memilki sifat antioksidan ternyata kunyit pun sanggup meningkatkan sistem detoksifikasi. Dan itu sanggup memperingan kiprah hati sehingga bisa meningkatkan fungsi hati.

3.Melindungi Pembuluh Darah
Antiopksidan yang besar lengan berkuasa menyerupai curcumin sanggup mencegah oksidasi kolesterol dalam tbuh. Dengan tercegahnya oksidasi kolesterol maka pembuluh darah akan bebas dari plak yang sanggup mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

4.Mencegah Depresi
Salah satu kandungan kunyit mempunyai fungsi untuk membantu proses neurotropik dan itu membuatnya bisa memperlihatkan dampak anti depresan.

Sebenarnya masih banyak kegunaan dan manfaat kunyit. 4 poin diatas yakni hal yang paling wow berdasarkan saya. Kalian bisa melihat manfaat lainnya di website yang ada di penggalan referensi.

Resiko Kesehatan

Meskipun keuntungannya banyak,kita juga harus tetap berhati-hati dengan dampak samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi kunyit yang berlebihan. Berikut dampak samping yang disebabkan konsumsi kunyit yang hiperbola :

1. Susah diserap tubuh
Ini salah satu kekurangan yang dinilki kunyit. Ada baiknya kalau akan membeli aksesori kunyit cari yang ada piperinnya. Piperin sanggup membantu mempercepat perembesan kunyit sehingga sanggup mencicipi manfaat maksimal dari rempah satu ini.

2. Gangguan Lambung
Terlalu banyak konsumsi kunyit sanggup mengakibatkan gangguan lambung. Ada baiknya konsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

3. Pendarahan
Kunyit bisa menghambat penggumpalan trombosit sehingga sanggup mencegah penggumpalan darah. Tetapi perlu berhati-hati juga lantaran jikalau dikonsumsi dalam jumlah yang tidak sempurna bisa menimbulkan pendarahan.

Resiko kesehatan lainnya yaitu bisa merangsang rahim dan sanggup menurunkan dampak kemoterapi.

Mudah-mudahan warta diatas bisa bermanfaat bagi yang kalian. oiya jaga contoh makan dan kesehatan tubuh ya, ya minimal olahraga dikitlah.. hehe
Boleh di share kok!! Terima kasih.

tumpuan : manfaat.co.id