Manfaat Vitamin B6 Bagi Kesehatan

Vitamin B6 juga dikenal dengan nama Pyridoxine. Vitamin B6 merupakan vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk banyak proses dalam badan menyerupai pemeliharaan metabolisme sel darah merah, sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, dan banyak fungsi badan lainnya.

Vitamin B6 juga bisa kita dapatkan dalam beberapa jenis masakan menyerupai biji bunga matahari atau kuaci, ikan salmon, daging ayam, daging sapi, pisang,  bayam, buah durian, buah alpukan, wortel, sereal, ikan salmon, ikan kakap, lentil, Beras merah, keju, kacang kacangan, kedelai, udang  dan beberapa jenis masakan maritim atau seafood lainnya.

Manfaat Vitamin B6 Bagi Tubuh Manusia:
1. Membantu Aktivitas Enzim:
Vitamin B6 berhubungan dengan beberapa sistem enzim dalam badan manusia, gunanya yaitu biar enzim ini bekerja dengan cara yang sesuai. Hal ini akrab hubungannya antara Vitamin B6 dan enzim yang akan membantu berfungsinya sistem saraf dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka akan menghindarkan kita dari problem kesehatan menyerupai arthritis.

2. Sistem kekebalan tubuh:
Vitamin B6 berperan penting dalam perbaikan sistem kekebalan badan insan pada biar pada tingkat yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu badan untuk bertahan dari infeksi, badan akan gampang infeksi  tanpa adanya vitamin B6.

3. Membantu Proses Metabolisme:
Vitamin B6 dikenal juga atas kemampuannya memetabolisme beberapa nutrisi untuk mengekstrak energi. Oleh alasannya ialah itu, banyak yang beropini bahwa vitamin ini mempunyai kegunaan untuk metabolisme lemak, vitamin, karbohidrat dan komponen penting lainnya menyerupai asam amino.

4. Penyakit Jantung dan Gangguan Ginjal:
Vitamin B6 membantu mengendalikan tingkat lemak yang akan disimpan di hati manusia,  dan dengan demikian maka akan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, Vitamin B6 juga membantu membatasi pembentukan watu di ginjal, maka akan menjaga organ ini tetap dalam kondisi yang baik.

5. Mencegah watu ginjal
Vitamin B6 bila dikombinasikan dengan magnesium sanggup bermanfaat mengurangi kemungkinan terbentuknya watu ginjal. Kombinasi kedua senyawa tersebut menurunkan kadar oksalat dalam urine, sehingga pembentukan watu ginjal bisa dicegah.

6. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Kegunaah vitamin B6 yang lain ialah sanggup menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Maka secara tidak pribadi vitamin B6 membantu proses sirkulasi darah dalam tubuh.

7. Pramenstruasi Syndrome:
Vitamin B6 juga penting untuk pengobatan sindrom pramenstruasi, yang umum terjadi pada wanita. Hal ini terjadi alasannya ialah jumlah vitamin B6 (Piridoxine) akan menurun selama periode ini. Dengan demikian akan menjadikan kemurungan, hilangnya gairah dan problem lainnya. Dalam hal ini, asupan masakan yang kaya vitamin B6 ialah solusi yang paling penting.

8. Gangguan Emosional:
Vitamin B6 bertanggung jawab untuk mengatasi beberapa gangguan emosional. Kekurangan vitamin ini bisa menghipnotis pembentukan hormon dan ketidak seimbangan tingkat hormon, yang hasilnya mengarah pada gangguan emosi. Dengan demikian, asupan Vitamin B6 dibutuhkan untuk mengontrol hormon dan mengobati gangguan emosional.

9. Mengontrol Hormon:
Vitamin B6 akan membantu untuk menjaga jumlah dan mengendalikan aktifitas hormon dalam badan manusia.

10. Menjaga Kondisi Kulit:
Salah satu manfaat paling penting dari vitamin B6 ialah membantu menjaga kulit insan dalam kondisi baik. Dengan demikian ini akan membantu dalam mengobati aneka macam problem kulit menyerupai eksim, ketombe, jerawat, rambut rontok dan kulit kering. Lebih dari itu, vitamin ini juga membantu dalam mengobati penyakit kulit yang lebih serius menyerupai melanoma dan psoriasis.

11. Mengurangi edema
Edema ialah kondisi badan yang retensi terhadap air sehingga terdapat pembengkakan di beberapa bab tubuh. Vitamin B6 direkomendasikan untuk pengobatan edema.

Kekurangan vitamin B-6 sanggup menjadikan beberapa permasalahan menyerupai peradangan kulit (dermatitis), depresi, kebingungan, kejang, kelemahan otot, sulit berkonsentrasi dan bahkan anemia. Oleh karenanya Vitamin B6 sering dijadikan sebagai salah satu pengobatan beberapa penyakit tersebut. Selain itu, vitamin B6 Juga sanggup membantu mengontrol kadar homosistein.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa kekurangan vitamin B6 akan menjadikan beberapa gangguan bagi badan kita. Untuk memenuhi asupan vitamin B6 yang cukup, kita sanggup secara alami memperolehnya dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan.