Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan

Vitamin B12 atau yang mempunyai nama lain Cianocobalamin yakni salah satu jenis vitamin yang larut dalam air, dan ini akan menciptakan sel-sel saraf dan sel-sel darah merah menjadi sehat. Vitamin B12 membantu untuk kelancaran fungsi dari beberapa proses penting yang dilakukan oleh tubuh.

Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 tidak diproduksi sendiri oleh tubuh melainkan hanya diperoleh dari makanan-makanan yang berasal dari hewan, antara lain daging, telur, ikan, ayam, bebek. Selain itu mengkonsumsi komplemen kuliner yang mengandung Vitamin B12 sangat membantu mencukupi kebutuhan tubuh.

Manfaat Vitamin B12 bagi kesehatan tubuh:

  1. Membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah terjadinya anemia, serta menjamin kelancaran oksigen hingga ke dalam sel sebab kualitas haemoglobin yang baik, sehingga menciptakan kita penuh energy dan tidak gampang lelah.
  2. Mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf, Vitamin B12 dipakai untuk sintesis/ pembentukan DNA dan blok bangunan gen, serta perbaikan sel dan jaringan yang rusak sehingga sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.
  3. B12 sanggup meningkatkan metabolisme sehingga sanggup membantu mereka yang ingin mendapat penurunan berat badan, terutama pembererian secara injeksi bersamaan dengan kegiatan penurunan berat badan.

Kekurangan vitamin B12 sanggup menjadikan Anemia, peradangan pada syaraf (neuritis), dementia (pikun),kehilangan nafsu makan, cepat lelah, detak jantung sanggup lebih cepat daripada biasanya, pusing, dan pucat.