Manfaat Super Penting Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon – Ikan salmon biasanya ditemukan di perairan Atlantik Utara dan Samudra Pasifik. Ikan ini mempunyai beberapa jenis menyerupai salmon pink, Coho, Chum, Sockeye, kepala baja, Masu dan banyak lagi. Adapun ciri-ciri utama ikan salmon yakni sisik bercahaya, kulit berwarna keperakan dan merah muda. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, ikan salmon juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. 
 Ikan salmon biasanya ditemukan di perairan Atlantik Utara dan Samudra Pasifik Manfaat Super Penting Ikan Salmon bagi Kesehatan
Selain mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, ikan salmon juga kaya akan beberapa jenis vitamin, diantaranya vitamin A, D, dan B. Di samping itu, ikan salmon juga mempunyai kandungan protein yang berguna dalam perkembangan jaringan otot. Nah apa saja manfaat ikan salmon lainnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Salmon

1. Kandungan asam amino dan protein yang tinggi

Sebuah penelitian terbaru menawarkan manfaat lain dari salmon bagi kesehatan yakni adanya kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Molekul protein bioaktif atau peptida bioaktif bermanfaat untuk kesehatan tulang rawan persendian, meningkatkan pengaruh insulin dan mencegah peradangan pada susukan pencernaan.

2. Mencegah penyakit kronis

Banyak orang mungkin heran kenapa ikan salmon berguna untuk mencegah penyakit dan dianggap sebagai makanan super menyehatkan dibandingkan dengan jenis makanan lain. Jawabannya cukup sederhana, yakni asam lemak Omega 3. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan salmon bermanfaat untuk mengontrol peradangan di dalam badan yang pada gilirannya berguna mencegah penyakit jantung, arthritis, dan diabetes. Selain itu, asam lemak tersebut juga membantu untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

3. Menjaga keseimbangan mental dan meningkatkan fungsi kognitif

Asam lemak Omega 3 dalam ikan juga mempunyai kegunaan untuk mengurangi gangguan kognitif yang disebabkan lantaran penyakit Alzheimer serta memperlambat proses disfungsi kognitif yang dikarenakan faktor usia. Di samping itu, omega 3 juga membantu Anda mengatasi stres dan depresi, serta mengurangi sikap agresif.

4. Membangun jaringan otot

Seperti yang telah disebutkan di atas, ikan salmon mengandung protein yang tinggi. Protein merupakan nutrisi penting yang diharapkan oleh badan dalam membangun serta memperbaiki jaringan otot yang rusak. Selain itu, salmon tidak mengandung senyawa karsinogenik sehingga mencegah penyumbatan dalam arteri. 

5. Mengembangkan enzim, jaringan dan hormon penting

Salmon merupakan sumber makanan yang kaya mineral penting menyerupai zat besi, kalsium, selenium dan vitamin A, vitamin B dan vitamin D yang membantu membangun jaringan, rambut dan kuku. Selenium, mineral yang jarang ditemukan dalam makanan binatang lain, bermanfaat untuk perkembangan jaringan badan secara keseluruhan.

6. Makanan penting bagi kesehatan mata

Asam lemak omega 3 dan asam amino berfungsi untuk mencegah degenerasi otot, mencegah mata kering, mengurangi pengaruh mata lelah serta mencegah kebutaan. Hal ini terbukti bahwa mereka yang mengkonsumsi ikan salmon mempunyai penglihatan yang lebih baik dan lebih tajam.

Nah, itu tadi beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan. Oleh lantaran itu, lengkapi sajian harian Anda sekeluarga dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dan rasakan banyak sekali manfaatnya.