Manfaat Pemanasan Dan Pendinginan Dalam Olahraga

Fase pemanasan maupun pendinginan dalam olahraga sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengkondisikan badan semoga menyesuaikan diri terhadap banyak sekali gerakan dalam olahraga. Adapun urutan yang sempurna dari seluruh tahapan dalam olahraga yaitu pemanasan, peregangan ringan, membangun kekuatan, kemudian pendinginan.

Fase pemanasan maupun pendinginan dalam olahraga sangat penting dilakukan Manfaat Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga


Namun, banyak orang seringkali mengabaikan salah satu dari beberapa fase tersebut. Padahal, masing-masing tahapan mempunyai fungsi tersendiri, termasuk fase pemanasan dan pendinginan. Jika Anda ingin mencicipi manfaat olahraga secara maksimal, sebaiknya jangan pernah meninggalkan salah satu tahapan tersebut.

Pemanasan bermanfaat untuk mempersiapkan badan sebelum berolahraga baik secara fisik maupun mental. Sementara pendinginan berfungsi untuk mengembalikan badan ke dalam kondisi semula, menyerupai detak jantung, metabolisme badan dan pernapasan. Berikut beberapa manfaat dari pemanasan dan pendinginan dikala berolahraga.


5 Fungsi Pemanasan dan Pendinginan


Meningkatkan Aliran Darah pada Otot

Manfaat pemanasan sebelum latihan yaitu mempersiapkan badan untuk menghadapi kegiatan yang lebih intens dan juga menyalakan sistem kardiovaskular. Sebelum Anda memulai kegiatan olahraga berat, penting bagi badan Anda untuk melaksanakan penyesuaian, menyerupai meningkatkan pernapasan, menaikkan reaksi pelepasan energi pada otot serta meningkatkan pemikiran darah ke otot.

Jadi sebelum Anda mulai berolahraga, lakukan dulu pemanasan selama beberapa menit. Meski terdengar sepele, jangan pernah memandang sebelah mata proses pemanasan alasannya yaitu akan mempunyai kegunaan untuk mendapat manfaat olahraga secara maksimal.


Mengurangi Resiko Cedera

Pemanasan yang baik biasanya dilakukan selama 5 hingga 10 menit. Hal ini mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kegiatan fisik dan pemikiran darah ke otot. Selain itu, pemanasan juga sanggup meningkatkan performa dan mengurangi risiko cedera. Manfaat lain dari melaksanakan pemanasan yaitu menurunkan tingkat ketegangan pada otot dan mempersiapkannya untuk menghadapi kegiatan berat. Sedangkan manfaat pendinginan yaitu menunjukkan waktu bagi badan Anda untuk melaksanakan proses pemulihan.


Manfaat Psikologis

Tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, pemanasan sebelum latihan ternyata berdampak positif secara psikologis. Melakukan pemanasan sanggup menciptakan mental dan fokus seorang atlet meningkat sebelum mengikuti suatu kompetisi. Pemanasan juga mempunyai kegunaan mengendalikan rasa cemas dan gugup dikala berkompetisi.


Stres dan Kelelahan

Cara paling gampang untuk melaksanakan pemanasan yakni dengan melaksanakan gerakan aerobik. Cobalah untuk memakai gerakan senam atau jalan cepat. Manfaat pemanasan sebelum latihan yaitu meminimalkan stres dan kelelahan pada otot dan jantung. Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Setelah Olahraga


Mencegah Cedera

Meningkatkan suhu badan melalui proses pemanasan sanggup menciptakan otot menjadi lebih elastis. Pemanasan juga menciptakan suhu darah meningkat sehingga pengikatan oksigen pada hemoglobin melemah dan kinerja otot pun semakin meningkat. Tidak hanya itu, pemanasan juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas otot sehingga risiko cedera sanggup diminimalkan. Cedera pada jaringan lunak biasanya terjadi alasannya yaitu tidak melalui proses pemanasan dengan tepat.

Sementara itu, manfaat pendinginan sesudah olahraga membantu dalam mengurangi kemungkinan kram dan kaku. Fase ini juga mempunyai kegunaan untuk menghilangkan asam laktat. Laktat sebagian besar diproduksi ketika Anda melaksanakan olahraga intens menyerupai berlari. selain itu, pendinginan juga sanggup mengurangi kemungkinan pusing atau pingsan sesudah olahraga.

Nah, demikian manfaat pemanasan dan pendinginan dalam olahraga. Selalu lakukan semua tahapan dalam olahraga karena, berdasarkan andal kesehatan, setiap fase dalam olahraga mempunyai fungsi dan tugas penting masing-masing. (mw/bs)