Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelum membahas mengenai manfaat madu, mari kita mengetahui apasih yang dimaksud madu, dan apa saja yang dikandungnya(kandungan senyawa) yang terdapat didalam madu. Madu yaitu cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga, mirip sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa anggun tersebut hadir alasannya terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang ketiganya menunjukkan rasa manis.

Madu mengandung banyak mineral mirip natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu yaitu thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. dan terdapat juga enzim yang penting dalam madu berupa enzim diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase.

Berikut ini manfaat madu bagi kesehatan:

1. Sumber Vitamin dan Mineral
Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan minerl tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

2. Mencegah Bakteri
Madu juga distributor anti-bakteri yang melindungi tubuh dari benjol kuman penyebab penyakit, hal tersebut bisa menjaga tubuh biar terhindar dari infeksi. Jika seserorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat santunan pertama untuk di oleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.

3. Obat Batuk
Kandungan anti kuman pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu sanggup membunuh bakteri-bakteri yang menimbulkan benjol pada tenggorokan.

4. Mengurangi Gejala Alergi
Madu merupakan distributor anti-inflamasi yang merupakan obat alami untuk mengurangi tanda-tanda alergi. Di dalam tubuh madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

5. Menjaga Fungsi Saluran Cerna
Rutin minum satu gelas susu dengan komplemen dua sendok makan madu hutan sangat baik untuk memelihara fungsi jalan masuk cerna, terlebih jikalau Anda minum sebelum tidur.

6. Memberi Tambahan Energi
Jika tubuh merasa lelah alasannya pekerjaan yang cukup menguras tenaga, pada waktu istirahat minumlah secangkir teh madu tanpa gula. Madu merupakan penyuplai energi komplemen alasannya di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang cukup banyak.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan lebih kebal terhadap benjol kuman penyebab penyakit jikalau setiap harinya Anda berikan nutrisi yang cukup. Untuk melengkapi nutrisi yang kurang, Anda sanggup konsumsi madu sebagai materi yang setiap hari wajib mengasup tubuh Anda.

8. Mengatasi Insomnia
Berdasarkan sebuah penelitian adonan antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal sanggup menenangkan tubuh saat malam hari dilanda insomnia atau asusah tidur.

9. Memelihara Kondisi Rambut
Madu memang populer akan khasiat bagi kesehatan rambut. Anda bisa merawat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan menjauhi permasalahan pada rambut cukup dengan konsumsi madu setiap harinya.

10. Menjaga biar tubuh selalu sehat
Di dalam madu terdapat tiga kandungan yang sangat diharapkan oleh tubuh, yaitu vitamin, mineral dan asam amino. Ketiga materi alami tersebut bertugas sebagai pengontrol berat tubuh (jika tinggi diturunkan begitupun sebaliknya) sehingga menimbulkan Anda terbebas dari obesitas.

11. Menurunkan Gukosa dan Kolesterol Darah
Meskipun lebih anggun dari gula, madu mempunyai indeks glikemik rendah alasannya diserap ke dalam anutan darah secara bertahap. Anda yang mempunyai diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi alasannya akan mendorong lonjakan glukosa darah.