Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Jengkol !!

Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar nama itu? Bau? Mungkin itu yang ada di pikiran kita. Pasalnya jengkol memang populer dengan baunya. Bau jengkol yang menyengat menciptakan orang-orang enggan untuk memakannya.

Selain melekat pada mulut, bacin jengkol juga melekat pada urin kita. Untuk alasan itulah orang-orang berhati-hati memakannya. Selain itu jengkol di cap makanan kelas bawah padahal faktanya harga jengkol beberapa waktu yang kemudian hampir sama dengan harga daging sapi per kilogramnya. Menarik bukan?

Rasanya patut jengkol menjadi makanan yang cukup mahal alasannya yaitu buah ini mempunyai segudang manfaat yang luar biasa bila di konsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sebentar.. Kalian tadi lihat kata buah kan? kenapa saya memakai kata buah? berikut penjelasannya.
Menurut wikipedia : jengkol termasuk polong-polongan. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap.

Oke lanjut.. Berikut beberapa manfaat dari jengkol :

Manfaat Jengkol

1. Menghancurkan Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa vitamin menyerupai vitamin C, vitamin B2, vitamin B1 dan vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan sanggup meningkatkan ketajaman visual. Vitamin A dan Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal kiprahnya dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

2. Mencegah Anemia

Jengkol kaya akan zat besi, dimana zat besi penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Efek yang terjadi bila kekurangan zat besi yaitu gampang lelah dan tampak lemah serta tidak bahagia.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada jengkol sangat baik untuk kesehatan tulang. Kedua zat ini bisa mencegah seseorang dari terkena osteoporosis (tulang rapuh). Konsumsi jengkol dalam jumlah sempurna akan menciptakan tulang Anda lebih kuat.

4. Pembentukan Jaringan Tubuh

Protein yang melimpah yang terdapat pada jengkol bisa membantu pembentukan jaringan tubuh.

5. Mengurangi Berat Badan
Serat yang tinggi yang terdapat pada buah jengkol sanggup membantu melancarkan pencernaan dan mengikat lemak-lemak yang terdapat di dinding usus.

6. Mencegah Diabetes

Di dalam jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan di buah atau sayuran lainnya. Nama zat ini yaitu asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak sanggup larut oleh air. Karena bersifat diuretik,jengkol tidak dianjurkan untuk mereka yang menderita penyakit gangguan ginjal.

7. Menstabilkan Organ Vital Dalam Tubuh

Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat pada jengkol bisa menstabilkan organ-organ vital dalam tubuh.

Konsumsi secukupnya ya biar bisa menerima manfaat yang maksimal dari makanan ini. Karena apapun yang hiperbola sanggup menimbulkan hal yang tidak diinginkan.
Sama halnya bila kita konsumsi jengkol. Konsumsi jengkol hiperbola sanggup menimbulkan :

Efek Samping

1. Menimbulkan Bau
Yang pertama dan paling terang dampak dari makan jengkol ini yaitu baunya. Bau nya tidak hanya melekat di lisan saja namun juga melekat pada urine. Itu mungkin alasan kenapa orang-orang jarang konsumsi jengkol saat berada di luar ruangan.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan bacin jengkol :
– Masukan irisan dau jeruk saat merebus jengkol, atau
– Rendam jengkol dalam air kapur satu hari sebelum hendak di masak.

Untuk menghilangkan bacin mulut,kalian bisa makan timun sehabis makan jengkol atau minum satu sendok makan kecap manis.

2. Menyebabkan Jengkolan
Jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat, asam jengkolat memang baik bagi tubuh. Namun jikalau dikonsumsi secara berlebihan, asam jengkolat ini bisa berbahaya bagi tubuh. Konsumsi jengkol hiperbola sanggup menimbulkan jengkolan.
Istilah yang dipakai untuk menyebut dampak samping dari asam jengkolat. Penyakit jengkolan diawali dengan rasa sakit di pinggang, lebih lanjut penderita jengkolan akan mengalami susah buang air kecil. Kalau pun bisa, itu keluarnya sedikit-sedikit dan agak sakit.

Untuk menghindarinya : makanlah jengkol secukupnya dan perbanyak minum air putih.

Kandungan Jengkol

per 100g jengkol mengandung : Ptotein 23.3 g, Energi 133 kcal, karbohidrat 20.7 g, Vitamin A 240 (SI) , Vitamin B 0.7 mg, Vitamin C 80 mg, Fosfor 166.7 mg, kalsium 140mg, zat besi 4.7 mg, air 49.5 g.

Cukup sekian ulasan perihal manfaat dan dampak samping jengkol. Terima kasih.