Manfaat Buah Jambu Biji (Guava)

Manfaat Buah Jambu Biji (Guava)-Jambu biji, jambu klutuk, giawas(hehe itu sebutan di tempat ane) atau yang mempunyai nama latin (Psidium Guajava Linn) merupakan tumbuhan buah yang masih termasuk Dallam keluarga Myrtaceae dari genus Psidium. Buah yang satu ini merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko atau Brazil, di tempat Amerika Tengah dan Amerika Selatan Bagian Utara. Lalu tumbuhan ini menyebar dengan alami melalui lautan sampai kelautan Asia Tenggara sampai Karibia dan beberapa wilayah Afrika.
Buah jambu biji juga merupakan buah yang sudah sangat bersahabat dengan kita orang Indonesia dikarenakan banyaknya jumlah pohon dari buah ini yang kebanyakan tumbuh liar secara alami. Buah ini mempunyai tekstur yang agak keras dengan lapisan daging di bab luar dan biji di bab Dallam. Buah ini sangat cocok jika dimakan di diang hari yang panas. Selain segar ternyata dengan mengkonsumsi buah ini, kita juga sanggup mendapat manfaat yang cukup banyak dari buah yang satu ini. Apa saja manfaat dari buah ini?. Jambu biji mempunyai beberapa manfaat antara lain :
1.     Dapat Mencegah kangker
Buah jambu biji sanggup mencegah penyakit kangker alasannya yakni buah jambu biji mempunyai antioksidan yang berjulukan likopen. Antioksidan likopen sendiri merupakan antioksidan yang sanggup mencegah virus kangker. Likopen yang terdapat pada jambu biji lebih gampang diserap tubuh dibandingan likopen yang terdapat di buah lainnya ibarat tomat. Kandungan likopen terdapat pada semua jenis jambu biji apalagi pada jambu biji yang mempunyai daging berwarna merah.
2.     Dapat Menurunkan Hipertensi
Buah jambu biji merupakan salah satu hipoglikemik yang terdapat di alam dan buah ini juga kaya akan kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin juga akan menambah kebutuhan tubuh akan potasium, dimana potasium sanggup berfungsi sebagai penurun tekanan darah.
3.     Mengobati Diare
Selain mengandung beberapa senyawa dan antioksidan yang sudah aku jelaskan di atas, jambu biji juga mempunyai senyawa berupa astringen, yang merupakan zat kimia yang sanggup berfungsi menyusutkan jaringan tubuh. Nah hal ini yang mengakibatkan anda akan merasa gusi anda terasa keras ketika sedang mengkonsumsi buah ini.  Oh ya daun jambu biji juga mengandung zat anti kuman sehingga bisa mencegah pertumbuhan kuman ketika terkena diare atau disentri. Selain zat anti kuman jambu biji juga mengandung karetinoid vitamin C dan potasium.
4.     Mengobati Batuk dan Flu
Daun jambu biji maupun buah jambu biji yang dimakan mentah sudah dipercaya bebuyutan sanggup dipakai untuk mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta menciptakan akses pernapasan bebas infeksi. Kandungan vitamin C yang terdapat di Dallam buah ini juga sanggup menjadi senjata untuk mengurangi batuk dan flu
5.     Merawat Kulit
Dengan rutin mengkonsumsi jambu biji sanggup menciptakan kulit anda yang tadinya kendur menjadi kencan kembali. Ini dikarenakan di Dallam jambu biji terdapat kandungan astringet yang berfungsi mengencangkan kulit yang kendur. Selain itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan dimana antioksidan ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.
6.     Dapat Menurunkan Berat Badan
Nah untuk manfaat yang satu ini niscaya banyak nih dari anda yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata jambu biji juga bisa membantu anda untuk menurunkan berat tubuh alasannya yakni jambu biji mempunyai komponen yang penting Dallam menurunkan berat tubuh ibarat serat, protein dan vitamin. Buah jambu biji ini juga bisa menciptakan perut anda terasa lebih kenyang. Makara buat yang sedang OCD cocok nih makan jambu biji hehe.
Setelah sedikit berbicara perihal manfaat yang sanggup kita peroleh dari jambu biji, Kali ini aku kan memperlihatkan beberapa kandungan yang terdapat Dallam buah ini
Kandungan Buah Jambu Biji
Kandungan Guava, per 100 g
Bagian yang sanggup dimakan
Kandungan
Kalori
36-50
Kadar Air
77-86 g
Serat Makanan
2.8-5.5 g
Protein
0.9-1.0 g
Lemak
0.1-0.5 g
Abu
0.43-0.7 g
Karbohidrat
9.5-10 g
Kalsium
9.1–17 mg
Fosfor
17.8–30 mg
Zat Besi
0.30-0.70 mg
Karoten (vitamin A)
200-400 IU
Ascorbic Acid (Vitamin C)
200-400 mg
Thiamin (Vitamin B 1 )
0.046 mg
Riboflavin (Vitamin B 2 )
0.03-0.04 mg
Niacin (Vitamin B 3 )
0.6-1.068 mg
Bagaimana? Sudah sedikit mendapat beberapa pengetahuan kan dari buah yang satu ini? Saya harap dengan menciptakan artikel ini kita bisa menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi makan dan buah yang sehat. Ok sekian artikel perihal manfaat buah jambu biji (guava). Salam Hidup sehat.
Sumber: Manfaatkesehatan.com,jendela-alam.com,google image