Manfaat Alami Air Tajin Bagi Kesehatan Tubuh

Sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras yang kemudian diolah menjadi nasi dan menjadikannya sebagai makanan pokok. Dalam mengolah beras, orang jaman dahulu menemukan air tajin yang merupakan cairan putih yang muncul pada ketika proses memasak beras.



Sejak ketika itu air tajin dipercaya sanggup menawarkan manfaat yang besar bagi badan kita. Bahkan air tajin juga sempat dijadikan pengganti susu untuk bayi bagi keluarga yang tidak mampu.

Mengapa air tajin sangat mempunyai kegunaan untuk badan kita?

Seorang Pakar Beras yang juga peneliti di bidang pertanian, Profesor Djoko Said Damardjati mengambarkan bahwa air bekas rebusan beras yang belum dibersihkan kulit arinya mengandung enzim, mineral antioksidan, vitamin B, vitamin E dan magnesium.
Selain yang disebutkan oleh Profesor Djoko Said Damardjati, masih ada beberapa kandungan penting dalam air tajin, yaitu mikro selenium. Mikro Selenium yaitu zat gizi mikro yang diharapkan badan dalam jumlah yang sangat kecil namun memberi manfaat yang besar. Mikro selenium yang bercampur dengan vitamin E dalam air tajin sangat diharapkan oleh badan untuk menangkal radikal bebas terutama pada bayi. Itulah mengapa orang jaman dahulu menggunakannya sebagai pengganti air susu.

Manfaat dari mengkonsumsi air tajin antara lain,

Mencegah penyakit darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi air tajin kita akan terhindar dari penyakit darah tinggi alasannya yaitu dalam air tajin mengandung vitamin E dan magnesium yang sanggup menciptakan jantung kita lebih sehat. Vitamin E sangat diharapkan oleh jantung dan terbukti sanggup mengurangi serangan jantung sampai 40 persen.

Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh

Air tajin mengandung mineral yang bisa meningkatkan sistem kekebalan badan atau imun dengan menangkal virus atau alergi.

Mendukung proses diet

Air tajin mengandung banyak nutrisi namun rendah kalori sehingga sanggup menciptakan perut terasa kenyang tanpa kita takut menjadi gemuk.

Membantu regenerasi kulit

Kandungan vitamin E dalam air tajin sanggup juga membantu regenerasi kulit. Seperti yang kita tahu vitamin E sangat diharapkan oleh kulit. Pemakaiannya dipakai sebagai masker pada wajah. Selain pada wajah, air tajin juga bisa dipakai sebagai obat oles untuk luka bakar sengatan matahari. Namun oleskan sesudah air tajinnya didinginkan.

Untuk menciptakan air tajin, begini caranya,

1. Siapkan beras yang akan dimasak. diadaptasi dengan porsi masing-masing.

2. Cuci higienis beras dengan 2-3 kali bilas. Usahakan jangan meremas terlalu keras.


3. Masukan beras yang telah dicuci dan diberi air sesuai dosis atau satu ruas ujung jari


4. Panaskan sampai air mendidih


5. Setelah panas, air akan terliat keruh alasannya yaitu bercampur menjadi cairan putih


6. Tuang air tersebut kedalam gelas dan campurkan madu atau lemon untuk menghilangkan rasa tawarnya.


7. Air tajin siap diminum.


Begitu besar manfaat yang bisa kita dapatkan dari air tajin dan tidak ada salahnya kalau kita mulai rutin mengkonsumsi air tajin.


Semoga bermanfaat.

referensi :

manfaat.co.id
manfaat.co.id
dokter.id

wikipedia.org