Kalian Perlu Tahu Manfaat Buah Naga !!

Siapa yang masih tidak tahu dengan buah yang satu ini? Akhir-akhir ini nuah naga cukup banyak diperbincangkan. Selain lantaran nama dan bentuk buah yang unik, buah ini juga dipercaya mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

For your information : Buah naga yaitu buah yang berasal dari Amerika Tengah, Meksiko dan Amerika Selatan. Namun kini buah ini sudah di budidayakan di negara-negara Asia, salah satunya di Negara kita Indonesia. Buah naga ini termasuk ke dalam buah dari jenis kaktus. (referensi : wikipedia)

Ada beberapa mitos yang berkembang perihal buah naga ini. Salah satu yang pernah aku dengar yaitu buah naga yaitu buah yang bisa “merontokan” ilmu dan susuk. Ini hanya mitos belum tentu kebenarannya. Terlepas dari itu, Buah naga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari buah naga :

1. Mencegah Kanker 
Buah naga yaitu buah yang kaya dengan antioksidan phytoalbumin. Senyawa itu bisa membantu mencegah pembentukan sel-sel kanker yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Kandungan lainnya dalam buah naga menyerupai vitamin C, serat , kalsium, fosfor dan vitamin B2 bisa mengeluarkan racun logam dalam tubuh. Racun logam dalam tubuh termasuk yang mengakibatkan terjadinya kanker.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga menciptakan buah ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan konsumsi rutin buah naga maka sistem kekebalan tubuh kita sanggup meningkat. Dan itu bisa mencegah beberapa virus dan basil masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh kita bisa tetap sehat dan fit.

3. Menurunkan Berat Badan
Buah naga mempunyai kandungan air yang cukup banyak dan rendah kalori juga. Selain itu buah ini pun kaya akan serat. Jika kalian ingin menurunkan berat tubuh secara alami, Anda bisa mencoba dengan konsumsi buah naga ini. Karena kandungan seratnya, perut kita akan terasa kenyang lebih usang dan sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

4. Mencegah Penuaan Dini
Di jaman kini banyak yang usia masih muda namun sudah terlihat menua, ini disebabkan akhir terlalu seringnya kita menghirup polusi. entah itu polusi kendaraan atau pun asap pabrik. Konsumsi buah naga secara teratur sanggup mengurangi penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi inilah yang membuatnya sanggup mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

5. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit kardiovaskular
Buah naga bisa menurunkan stres oksidatif. Dimana stres oksidatif ini yaitu salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berafiliasi dengan pembuluh darah). Dengan menurunnya tingkat stres oksidatif maka resiko kita terkena penyakit kardiovaskular pun akan menurun.

6. Baik untuk Tulang dan Darah
Kandungan zat besi dan kalsium yang cukup tinggi pada buah naga menciptakan buah ini baik bagi kesehatan tulang dan darah. Kalsium memang sudah dikenal sangat baik bagi kesehatan tulang, selain itu kalsium pun baik bagi otot. Zat besi pada buah naga berperan dalam penyaluran oksigen ke dalam darah. Dengan lancarnya oksigen ke dalam darah maka tbuh kita akan tetap terasa bugar.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan vitamin B1 dan B2 pada buah naga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu hamil. Beberapa kandungan dan senyawa pada buah naga baik untuk kesehatan janin. Tentunya harus di konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi biar kita tahu berapa dosis yang pas bagi kita atau istri kita yang sedang hamil.

Berikut beberapa manfaat buah naga bagi ibu hamil :

1. Mencegah Cacat Lahir
Asam folat yaitu salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ketika masa kehamilan. Buah naga mengandung sejumlah asam folat. Jika ibu hamil kekurangan asam folat maka itu akan berdampak pada bayi yang akan terlahir cacat.

2. Memberi Kontribusi bagi Perkembangan Tulang
Kandungan kalsium dalam buah naga membantu untuk memperkuat tulang dan gigi selama kehamilan juga meningkatkan pembentukan tulang dan gigi pada janin.

3. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin C pada buah naga membantu menetralisir radikal bebas, mencegah resiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan.

Baca juga : Inilah Manfaat Lain Dari Wortel Bagi Kesehatan !!

4. Meningkatkan Hemoglobin
Kandungan zat besi dan vitamin C sanggup membantu untuk meningkatkan jumlah hemoglobin (sel darah merah) Anda selama kehamilan. Tingkat hemoglobin yang baik sanggup mencegah resiko anemia.

5. Mengatasi Sembelit

Serat pada buah naga sanggup membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

6. Mencegah Infeksi Mikroba
Sifat antibakteri dan antijamur pada buah naga sanggup menghambat pertumbuhan basil dan abses jamur yang berbahaya pada tubuh ketika masa kehamilan. Selain itu asupan buah naga ketika masa kehamilan bisa membantu regenerasi sel dan penyembuhan luka secara efektif.

7. Pasokan Energi
Buah naga yaitu sumber alami karbohidrat yang menyediakan cukup energi pada masa kehamilan.

8. Sumber Lemak Sehat
Lemak pada buah naga tidak hanya menyediakan pasokan energi, namun juga berkontribusi bagi otak bayi. (ref: momjunction.com)

Kandungan Buah Naga

Dikutip dari healwithfood.org, per 100g buah naga mengandung :
Air : 87g
Protein : 1.1g
Lemak : 0.4g
Karbohidrat : 11g
Serat : 3g
Vitamin B1 (thiamine) : 0.04mg
Vitamin B2 (Riboflavin) : 0.05mg
Vitamin B3 (Niacin) : 0.16mg
Vitamin C : 20.5mg
Kalsium : 8.5mg
Zat Besi : 1.9mg
Fosfor : 22.5mg
Seng

Efek Samping Buah Naga


Buah naga memang baik bagi kesehatan namun perlu diperhatikan juga konsumsinya. Konsumsi yang hiperbola sanggup mengakibatkan :

1. Memicu Diabetes
Kandungan gula yang cukup tinggi pada buah naga dikhawatirkan sanggup memicu diabetes kalau dikonsumsi bersamaan dengan gula dalam jangka waktu yang lama. Makara alangkah lebih baik kalau konsumsi secukupnya tidak berlebihan.

2. Memicu Kambuh Penyakit Maag
Buah naga sanggup memicu kambuhnya penyakit maag. Ini bisa terjadi kalau kita konsumsi buah naga dalam keadaan perut kosong. Kandungan vitamin C pada buah naga lah yang sanggup memicu terjadinya hal ini. Untuk menghindarinya, kalian bisa konsumsi buah naga sehabis makan nasi.

3. Menyebabkan Perut Sakit
Jika Anda membeli buah naga sebaiknya membeli yang benar-benar segar dan simpanlah di lemari es biar tetap segar. Karena kalau konsumsi buah naga yang sudah tidak segar sanggup mengakibatkan perut sakit.

Baca juga : Tersimpan Sebuah Ancaman Di Balik Segudang Manfaat Kentang !!

Sudah tahu kan kini manfaat dan imbas samping buah naga? untuk di ingat, Konsumsilah masakan apapun secukupnya dan konsultasikan ke dokter kalau ingin konsumsi buah naga bagi ibu hamil dan penderita diabetes biar tahu berapa jumlah buah naga yang bisa kita makan. Mengingat selalu ada ancaman bagi hal-hal yamg dikonsumsi secara berlebihan.

Cukup sekian gosip mengenai manfaat buah naga, manfaat buah naga bagi ibu hamil, kandungan buah naga dan imbas samping buah naga. Semoga bermanfaat. Boleh di share kalau dirasa gosip ini bisa bermanfaat bagi yang lain juga. Terima kasih.