Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kesehatan Biji Labu

Buah labu mungkin sekarang sudah jarang dijumpai lagi. Namun sebenarnya, buah ini mengandung nutrisi yang cukup melimpah. Selain vitamin, buah labu juga kaya gizi dan zat penting yang diperlukan tubuh. Selain dagingnya, ternyata biji labu juga mempunyai nutrisi yang tak kalah banyak.

Buah labu mungkin sekarang sudah jarang dijumpai lagi Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kesehatan Biji Labu
Biji labu mengandung mangan, magnesium, fosfor, tembaga, seng, besi, triptofan dan protein. Ketimbang dibuang, cobalah untuk menciptakan kudapan dari biji labu. Pasalnya, biji labi yaitu sumber yang baik dari vitamin E, K, C dan banyak vitamin B. Biji labu juga kaya protein berkualitas baik dan asam lemak esensial. 
Simak juga: 10 Manfaat Super Biji Alpukat untuk Kesehatan

Selain itu, fenolik dan bebas antioksidan radikal. Nah, berikut yaitu 10 manfaat kesehatan dari biji labu, yang tak sanggup Anda lewatkan begitu saja.

1. Menurunkan tingkat kolesterol buruk

Konsumsi rutin biji labu sanggup membantu menurunkan tingkat lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dalam tubuh. Selain itu, biji ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal menyerupai asam oleat yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam darah.
Dalam sebuah studi 2012, peneliti menemukan bahwa tikus yang diinduksi dengan aterosklerosis dan ditambah dengan biji labu mengatakan peningkatan yang signifikan dalam pelindung lipoprotein densitas tinggi (HDL atau kolesterol ‘baik’) serta penurunan kolesterol LDL. 

2. Mengontrol gula darah

Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes, biji labu sanggup mempunyai dampak positif pada penanggulangan diabetes. Studi ini mengatakan bahwa biji labu membantu meningkatkan regulasi insulin dan mencegah komplikasi diabetes dengan mengurangi stres oksidatif. 
Selain itu, senyawa fitokimia dalam minyak biji labu membantu mencegah nefropati diabetik (penyakit ginjal diabetik).

3. Mengurangi gangguan kecemasan

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Physiology mengatakan bahwa triptofan, asam amino yang ditemukan dalam biji labu, membantu mengurangi kecemasan.

Otak memakai tryptophan untuk menciptakan serotonin, sebuah neurotransmitter yang menciptakan Anda merasa bahagia dan nyaman. Ketika badan kurang tryptophan, sanggup menimbulkan kecemasan, depresi dan penyimpangan suasana hati lainnya.

4. Meredakan arthritis

Biji labu dan minyaknya mempunyai imbas anti-inflamasi dan karenanya sangat membantu dalam mengobati arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Mereka mempunyai sifat anti-inflamasi dan penekan nyeri, sehingga sanggup mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi.

5. Meningkatkan fungsi kandung kemih dan prostat 

Biji labu mendukung fungsi kandung kemih dan memerangi tanda-tanda yang bekerjasama dengan kandung kemih yang terlalu aktif. Biji ini juga sanggup membantu mengobati pembesaran prostat, yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH).

Senyawa yang dikenal sebagai pitosterol ditemukan dalam biji labu membantu mengecilkan pembesaran prostat. Selain itu, kandungan zinc yang tinggi mendukung kesehatan prostat, membantu meningkatkan fatwa kemih dan mengurangi frekuensi kencing malam hari.

6. Memperkuat tulang

Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society menemukan korelasi yang berpengaruh antara asupan magnesium tinggi dan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi.

Biji labu merupakan sumber yang kaya magnesium, yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, biji labu kaya akan fosfor dan zinc, yang menjadi pelindung alami terhadap osteoporosis. Mineral ini juga mengurangi risiko patah tulang.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji labu mengandung magnesium, yang membantu dalam banyak fungsi jantung yang penting, termasuk agresi pemompaan jantung dan relaksasi pembuluh darah. Selain itu, mineral ini membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan memainkan tugas penting dalam mencegah serangan jantung mendadak, serangan jantung koroner dan stroke.

8. Bersifat antiparasit

Biji labu mempunyai sifat antiparasit yang membantu menghilangkan cacing pita, cacing kremi dan benalu berbahaya lainnya dalam usus. Mekanisme yang sempurna dimana biji labu melaksanakan ini agak tidak jelas. Namun, alhasil niscaya positif.

9. Membantu mengatur contoh tidur

Biji labu mengandung jumlah tinggi tryptophan, asam amino yang diubah badan menjadi serotonin dan kemudian ke melatonin. Kedua serotonin dan melatonin membantu mempromosikan tidur malam yang nyenyak. Selain itu, zinc dalam biji labu membantu otak dalam mengkonversi tryptophan menjadi serotonin.
Baca juga: 10 Penyebab Kenapa Anda Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

10. Meningkatkan sistem kekebalan

Kaya akan zinc, biji labu membantu meningkatkan sistem kekebalan badan Anda. Selain itu, kekurangan zinc dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap pilek dan flu, kelelahan kronis, lemah, infeksi dan dilema kesehatan lainnya.

(mw/kr)