Jangan Abaikan Sakit Perut Sebelah Kiri, Dapat Jadi Indikasi 7 Penyakit Ini

JIka diibaratkan mesin, badan merupakan kesatuan mesin yang kompleks dimana semua organnya saling bekerja dan berhubungan. Jika terjadi kerusakan atau gangguan pada organ yang terletak diluar, sanggup cepat ditangani dan dicegah biar tidak menjadi lebih parah. Namun kalau yang mengalami kerusakan atau gangguan yaitu organ dalam, seringkali susah untuk mendekteksi kerusakan atau permasalahannya. 

Sakit Perut Sebelah Kiri

Biasanya kalau terjadi gangguan atau kerusakan dengan organ dalam, badan akan mengirim sinyal untuk memberitahu kondisinya. Sinyal ini berupa rasa sakit pada pecahan tertentu dimana dibawahnya terdapat organ yang sedang mengalami kerusakan atau gangguan. Rasa sakit yang dirasakan sebaiknya jangan diabaikan alasannya sanggup dijadikan indikasi adanya penyakit berbahaya. Sebagai contoh, sakit perut sebelah kiri sanggup dijadikan indikator 7 penyakit dibawah ini :



  1. ISK (Infeksi Saluran Kencing). ISK merupakan kondisi dimana sistem kemih termasuk ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra mengalami infeksi. Penyebab abses terusan kencing yaitu bakteri Escherichia Coli atau E. coli. Rasa sakit tanda-tanda ISK biasanya di pecahan kiri bawah perut dan banyak diderita oleh para perempuan alasannya perempuan mempunyai uretra lebih pendek. Salah satu penyebab ISK yaitu kebiasaan menahan kencing terlalu lama. 

  2. Cystitis. Cystitis merupakan peradangan pada terusan kemih dan merupakan abses terusan kemih yang sering terjadi. Seperti halnya ISK, Cystitis juga banyak terjadi pada perempuan alasannya terusan uretra (saluran yang dipakai untuk mengeluarkan urine) letaknya lebih bersahabat dengan anus atau terusan pembuangan sekresi, sehingga basil dari anus gampang masuk ke uretra. Sebaiknya perlu memperhatikan kebersihan organ genital dan hati-hati ketika membersihkan anus sehabis BAB.

  3. Sembelit. Sembelit merupakan kondisi dimana pencernaan terasa tidak nyaman dikarenakan menumpuknya tinja dan gas di pencernaan. Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi dimana tinja yang menumpuk dan mengeras susah dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit yang andal pada penderitanya. Penyebab sembelit yang umu yaitu alasannya kurangnya serat sehingga masakan yang masuk susah untuk diproses.

  4. Sindrom Iritasi Lambung. Adalah kondisi dimana usus mengalami peradangan yang menimbulkan sembelit dan diare. Rasa sakit biasanya perut bawah sebelah kiri. Iritasi lambung merupakan penyakit yang tidak sanggup dibiarkan atau diabaikan alasannya sanggup berakibat fatal bahkan kematian.

  5. Crohn. Crohn atau yang lebih dikenal dengan Crohn’s Disease merupakan peradangan yang terjadi diseluruh lapisan terusan pencernaan mulai dari lisan sampai anus. Biasanya seringkali terjadi di usus kecil dan usus besar. 

  6. Batu Ginjal. Batu Ginjal merupakan yang penyakit yang diderita oleh 10 persen laki-laki dan 15 persen perempuan  berumur 30-60 tahun. Batu ginjal merupakan pengkristalan dari material yang disaring oleh ginjal yang mengendap terlalu lama. Batu ginjal menimbulkan rasa sakit yang tajam di perut sebelah kiri dan panggul. Untuk menghindari kerikil ginjal sebaiknya perbanyak air putih dan membiasakan diri untuk minum dalam posisi duduk. Karena dengan minum dalam posisi duduk, kotoran dalam air akan tersaring tepat dan dikeluarkan melalui urine alih-alih mengendap di ginjal.

  7. Kehamilan Ektopik. Kehamilan ektopik hanya terjadi perempuan alasannya merupakan kelainan pada janin yang tumbuh didalam tuba falopi kiri bukan didalam rahim. 

Segala rasa sakit yang ada didalam badan sebaiknya jangan diabaikan, Jika dirasa terlalu usang rasa sakit tersebut berlangsung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan lebih intensif.

Semoga bermanfaat.
    referensi :
  • alodokter.com
  • alodokter.com
  • Wikipedia
  • alodokter.com
  • alodokter.com