Inilah Manfaat Lain Dari Wortel Bagi Kesehatan !!

Siapakah dari kita yang tidak pernah makan sayuran ini? sayuran yang mempunyai bentuk panjang dan lonjong dengan warna oranye dikala matang. Selain alasannya ialah gampang didapat dan harganya yang cukup terjangkau bagi semua kalangan nyatanya sayuran ini mempunyai segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan kita.

Tapi tahukah Anda jikalau dahulu kala ada dua wortel? ya para jago botani mengelompokannya menjadi dua wortel, wortel barat dan wortel timur. Wortel barat pertama di bududayakan di Belanda pada periode ke-15 sedangkan wortel timur pertama dibudidayakan di Afghanistan pada periode ke-10. Yang membedakan keduanya ialah dari warnanya. Warna wortel timur ialah warna ungu sedangkan wortel barat mempunyai warna ungu.

Dilihat dari warnanya maka wortel yang beredar di Indonesia ialah wortel barat yang di budidayakan pertama kali di Belanda. Ini tidak heran alasannya ialah dahulu kala belanda menjajah kita hampir 350 tahun.

Dari zaman dulu wortel ini sudah populer dengan kandungan Vitamin A nya  yang tinggi dan itu yang membuatnya dikenal sebagai sayuran yang baik bagi kesehatan mata. Namun bersama-sama banyak manfaat lain dari sayuran ini selain dari yang disebutkan tadi.

Berikut manfaat lain dari tanaman yang satu ini :

Manfaat Wortel

1. Mampu Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dari sayuran ini sangat baik untuk pencegahan kanker dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan antioksidan dalam wortel bisa membantu menghancurkan radikal bebas yang ada pada badan kita.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan menyerupai alfakaroten, betakaroten dan lutein yang terdapat pada wortel bisa menjaga kesehatan jantung. Selain itu berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di universitas harvard membuktikan : Orang yang mengkonsumsi wortel 6 biji dalam seminggu,kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuhnya menurun. Yang berarti ini baik bagi kesehatan jantung. Karena salah satu penyebab penyakit jantung ialah tingginya LDL dalam tubuh. Antioksidan dalam wortel pun bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang kita tahu tekanan darah tinggi menjadi penyebab penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi rutin wortel tiap hari sanggup menjaga badan dari terkena virus-virus maupun bakteri. Ini bisa terjadi alasannya ialah kandungan antioksidan dalam wortel bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kesehatan Ginjal

Wortel memilki sifat penyembuhan yang baik untuk menyaring dan membersihkan ginjal. Berbeda dengan minuman jus lainnya yang dihentikan oleh para jago untuk di minum jikalau kalian mempunyai gangguan ginjal, jus wortel ini justru baik bagi kesehatan ginjal.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan zat pendukung lainnya dalam wortel membuatnya bisa menjaga kesehatan kulit. Selain itu dengan rutin konsumsi wortel anda bisa terhindar dari banyak sekali macam penyakit kulit. Wortel pun bisa menghilangkan noda hitam pada kulit, baik untuk dijadikan masker atau di makan.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan pada wortel bisa menangkal radikal bebas,selain itu antioksidan pun dipercaya sanggup mencegah terjadinya penuaan dini.

7. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Kandungan vitamin A pada wortel selain baik bagi mata ternyata bisa membersihkan organ usus besar serta empedu secara alami. Sehingga menjaga kesehatan organ hati.

Melihat manfaat yang luar biasa dari wortel ini. Banyak cara penyajian dari sayuran wortel ini. Salah satu yang di gemari ialah jus wortel. Untuk itu kita akan coba menciptakan jus wortel.

Cara Membuat Jus Wortel

– Pertama-tama kita menentukan wortelnya dulu. Pilihlah wortel yang mulus (tidak retak), berwarna cerah, dan renyah.
– Pilihlah wortel yang masih muda,karena wortel muda memilki rasa yang elok di banding wortel yang sudah tua.
– Ada baiknya menggunakan wortel yang masih ada daun berwarna hijau segar yang melekat pada ujung atas wortel, alasannya ialah bisa dipastikan itu akan menjadi jus yang enak.

Mari kita membuatnya, di sini kita akan kombinasikan wortel dengan materi lainnya.

1. Jus wortel dan jeruk

Siapkan bahan-bahannya dulu ya :

  • 200 gr wortel
  • 4 buah jeruk elok
  • 100 ml air matang
  • Gula secukupnya,tentunya gula manis
  • Es kerikil secukupnya

Cara membuatnya :
– Cuci higienis wortel dan jeruk manisnya. Kemudian kupas dan potong wortel menjadi dadu.
– Belah jeruk elok dan peras airnya. Di sini kita hanya akan mengambil air jeruknya.
– Masukan wortel, air dan gula secukupnya (sesuai selera) ke dalam blender dan haluskan.
– Tambahkan air jeruk kemudian aduk rata hingga tercampur.
– Tuangkan jus ke dalam gelas dan masukan es kerikil sesuai selera.
– Taaraa… jadilah satu atau dua gelas jus wortel yang sehat dan enak.

2. Smoothie wortel campur jahe

Bahan-bahan yang perlu di siapkan :

  • 1 buah pisang ambon
  • 3/4 cm jahe
  • 5 buah wortel segar
  • 1/2 gelas yogurt plain
  • 1 gelas es batu

Cara membuatnya :
– Cuci semua materi yang perlu di bersihkan menyerupai wortel,jahe dan pisang ambon.
– Potong dadu wortel kemudian haluskan dengan blender
– Kupas kulit jahe kemudian potong halus, potong pisang kecil-kecil.
– Sekarang tambahkan semua materi ke dalam blender yang sudah ada wortel halusnya.
– Aduk hingga rata dan taaraa smoothie wortel yang menyegarkan pun jadi.
– Silakan tuangkan ke gelas saji.

Selain lezat tentunya jus wortel ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Untuk kalian yang mempunyai tujuan pengobatan ada lebih baik konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Di khawatirkan adonan resep jus di atas bisa berbahaya bagi penyakit kalian. Untuk lebih kondusif konsumsilah jus wortel murni.

oiya ini ada tips untuk konsumsi jus wortel :

Tips konsumsi jus wortel

1. Ada baiknya minum jus wortel di pagi hari.
2. Lebih baik di minum bersama ampasnya, alasannya ialah ampas wortel menyimpan lebih banyak vitamin.
3. Minumlah pribadi dikala itu juga. Jus wortel hanya bertahan selama 4 jam itu pun jikalau di simpan dalam kulkas tanpa merusak kandungan gizinya.
4. Konsumsi jus sesuai tujuan pengobatan, konsultasi ke dokter terlebih dahulu jauh lebih baik. Untuk tindakan preventif konsumsi lah tidak hanya jus wortel.

Untuk dijadikan jus, cukup konsumsi sebanyak 200gr wortel yang ditambah air 100ml. Karena terlalu banyak konsumsi wortel sanggup menjadikan beberapa kepingan badan berubah warna menyerupai terkena penyakit gangguan hati.
Ini bisa terjadi alasannya ialah kelebihan karoten. karoten akan larut dalam lemak. Dalam jumlah hiperbola sanggup terjadi hal menyerupai di atas. Ini di sebut carotenemia.

Meskipun tidak membahayakan jiwa namun perubahan warna kulit yang drastis bisa di salah artikan dalam dunia medis sebagai gangguan penyakit hati.

Untuk itu konsumsilah wortel secukupnya semoga bisa mencicipi manfaat luar biasa dari sayuran wortel ini.

Jika isu ini bisa bermanfaat bagi yang lain. Silakan share!! Terima kasih.