Inilah Cara Memasak Sayuran Yang Benar !!

Sayuran bergotong-royong merupakan salah satu makanan wajib yang perlu di konsumsi setiap hari. Banyak kandungan gizi, mineral dan vitamin yang diharapkan oleh badan kita yang terdapat pada sayuran.

Serat yang tinggi pada sayuran sangat baik bagi kesehatan pencernaan. begitu pun dengan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan berperan untuk meningkatkan daya tahan badan dan bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh.

Sayangnya tidak sedikit orang yang tidak menyukai materi pangan yang satu ini. Cara pemasakan pun ikut berperan dalam menjaga kandungan gizi yang ada di dalam sayuran. Cara pemasakan yang salah justru sanggup merusak vitamin yang ada di dalamnya.

Ada beberapa cara pemasakan yang bisa menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran. Dan yang akan kita bahas kali ini yakni cara pemasakan dengan rebus dan kukus. Karena kedua cara inilah yang terbaik untuk menjaga nutrisi dalam sayuran.

1. Rebus
Rebus yakni proses pemasakan dimana sayuran dimasukan ke dalam air yang mendidih.

2. Kukus
kukus yakni proses pemasakan dimana sayuran diletakan di atas sarang atau keranjang kukus. Dan di bawah sarang atau pembatas itu terdapat air. Sayuran akan matang dengan santunan uap yang dihasilkan dari hasil pemanasan air dibawah sarang tadi.

Timbul satu pertanyaan : mana yang lebih baik di antara keduanya? Kukus atau rebus? Mari kita bandingkan!

Tampilan
Rebus : Warna sayuran yang proses pemasakannya dengan cara rebus cenderung lebih gelap dan pucat. Terlihat tidak segar.

Kukus : Warna sayuran yang melalui proses pemasakan dengan cara kukus mempunyai warna yang lebih cerah,terlihat lebih segar dari rebus.

Tekstur
Rebus : Sayuran yang di rebus mempunyai tekstur yang lembut dibanding dengan sayuran yang di masak dengan cara kukus.

Kukus : Sayuran yang di kukus mempunyai tekstur lebih renyah dibanding dengan sayuran yang di masak dengan cara di rebus.

Tambahan
Ada beberapa jenis sayuran yang kalau di kukus kadar antioksidannya akan meningkat, diantaranya : kembang kol, kol, sawi dan brokoli.

Begitupun dengan rebus, ada beberapa sayuran yang kalau dimasak dengan cara rebus kadar antioksidannya akan meningkat, diantaranya : wortel,zucchini dan tomat. Penelitian menandakan antioksidan pada ketiga sayuran itu sanggup meningkat kalau melalui proses rebus.

Tips
Jika Anda ingin merebus sayuran, sebaiknya tidak terlalu usang dalam merebusnya alasannya yakni dikhawatirkan suhu panasnya sanggup merusak vitamin serta menghilangkan nutrisi yang ada didalamnya.

Menurut situs the kitchn, Anda juga bisa menambahkan garam pada rebusan air, garam berfungsi untuk memperbaiki rasa sayuran dan mempertahankan warna. Setelah 30 detik silakan masukan ke dalam air es. Pastikan apa itu sudah matang atau belum. Biasanya butuh waktu sekitar 2-5 menit untuk merebus sayuran.

Potong sayuran dengan ukuran yang sama biar matang merata baik itu dikala merebus atau mengukus sayuran.

Pada hasilnya semua kembali lagi pada selera Anda masing-masing. Semoga isu ini bisa bermanfaat. Boleh di share kok.. Terima kasih.