Inilah Ancaman Membersihkan Pendengaran Dengan Cotton Buds

Anda mungkin sudah terbiasa membersihkan indera pendengaran memakai cotton buds  Inilah Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds

Anda mungkin sudah terbiasa membersihkan indera pendengaran memakai cotton buds (penyeka kapas). Meski kedengarannya baik dan mempunyai kegunaan untuk memastikan supaya indera pendengaran Anda tetap bersih, faktanya ternyata berbicara sebaliknya.

Kebiasaan membersihkan indera pendengaran dengan cotton buds justru akan membahayakan kesehatan indera pendengaran Anda. Mengapa? Berikut sejumlah alasan kenapa Anda tak perlu membersihkan indera pendengaran Anda memakai cotton buds.

1. Telinga Anda bisa membersihkan diri sendiri
Tidak menyerupai kebanyakan dari organ badan lainnya, indera pendengaran ternyata tidak perlu dibersihkan. Telinga bersama-sama ialah organ yang bisa membersihkan diri sendiri sehingga Anda tak perlu repot-repot membersihkannya.

Bahkan dokter sendiri telah menganjurkan untuk tidak memakai benda apapun, menyerupai pin rambut, kunci, klip kertas, pena atau pensil untuk membersihkan indera pendengaran Anda. Semua benda tersebut justru akan menimbulkan kerusakan parah pada indera pendengaran Anda.

2. Lilin indera pendengaran itu menyehatkan
Banyak orang yang seringkali memakai penyeka kapas (cotton buds) untuk mengeluarkan lilin indera pendengaran (kotoran telinga) dan menganggap kebiasaan tersebut sudah tepat. Padahal, keberadaan lilin indera pendengaran tersebut bersama-sama sehat dan baik untuk lubang telinga.

Pasalnya, lilin indera pendengaran berfungsi melapisi cuilan dalam indera pendengaran Anda dan melindunginya. Selain itu, lilin indera pendengaran juga mempunyai sifat anti-bakteri yang mencegah indera pendengaran Anda terinfeksi dan membantu mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke indera pendengaran Anda.

Lilin indera pendengaran diproduksi oleh cuilan dalam indera pendengaran Anda, menyerap kuman dan sel-sel kulit mati serta perlahan membuangnya keluar telinga. Bahkan, kegiatan berbicara dan mengunyah sanggup meningkatkan produksi lilin di indera pendengaran Anda.

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa saja mempunyai terlalu banyak lilin di telinganya sehingga sanggup menghipnotis pendengaran dan menimbulkan rasa sakit di telinga. Hal ini sanggup dengan gampang diatasi dengan berkunjung ke dokter seorang andal THT. Di sana, Anda akan diberikan perawatan khusus untuk mengurangi lilin dengan memakai mekanisme yang cepat, kondusif dan tidak sakit.

3. Penyeka kapas (cotton buds) sanggup merusak indera pendengaran Anda
Setiap kali Anda memasukkan kapas ke dalam telinga, tidak hanya akan membawa kuman gres ke dalam indera pendengaran Anda, tetapi juga menciptakan lilin kembali masuk ke dalam indera pendengaran Anda.

Lilin yang seharusnya bisa keluar dengan sendirinya, terpaksa harus masuk kembali alasannya mendapat dorongan dari cotton buds. Alhasil, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar terjebak kembali di dalam telinga.

Bahkan, kebiasaan jelek tersebut akan menghipnotis gendang indera pendengaran Anda. Gendang indera pendengaran merupakan selaput tipis pada ujung akses indera pendengaran yang sangat halus. Ketika Anda sedang asyik-asyiknya mengais kotoran di indera pendengaran Anda, Anda bisa saja secara tak sengaja merobek gendang indera pendengaran Anda.

Gendang indera pendengaran bisa pecah bahkan dengan hanya mendapat tekanan dari kapas yang berpotensi besar sanggup menciptakan Anda kehilangan pendengaran. Meskipun gendang indera pendengaran Anda bisa sembuh, hal itu memerlukan waktu yang cukup usang dan terasa menyakitkan.


Baca juga: