Inilah 10 Tanda Dan Tanda-Tanda Awal Kehamilan

10 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan | Setiap perempuan niscaya akan mengalami perasaan campur aduk ketika mendengar kabar kehamilan yang ia alami. Perasaan senang, deg-degan, resah dan stres menjadi satu hingga tak dapat diutarakan dalam kata-kata. Apalagi bila itu kehamilan anak pertama. Tentu ada sensasi tersendiri yang bakal Anda rasakan.

 Setiap perempuan niscaya akan mengalami perasaan campur aduk ketika mendengar kabar kehamilan  Inilah 10 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau Anda sedang hamil muda? Sebenarnya, ada banyak sekali tanda-tanda dan tanda-tanda awal suatu kehamilan. Kendati demikian, info wacana gejala-gejala kehamilan terkadang menipu dan tidak akurat. Ketika Anda memeriksakan kehamilan ke dokter dan ternyata Anda tidak sedang hamil, hal itu tentu akan menciptakan Anda kecewa berat.

Nah, dalam uraian berikut ini, magwuzz.com akan menyebarkan aneka macam ciri-ciri awal kehamilan sehingga Anda merasa yakin bahwa Anda memang benar-benar sedang hamil muda. Apa saja tanda-tandanya? Yuk kita simak bersama!

Kram Perut

Hal ini terjadi lantaran implantasi telur sedang dibuahi di dalam rahim. Sel telur melaksanakan perjalanan dari jalan masuk telur ke rahim untuk proses pembuahan. Peristiwa ini menjadikan kram pada perut. Namun tanda-tanda ini tidak terjadi pada semua perempuan hamil.

Payu*dara Membesar

Ketika seorang perempuan sedang hamil muda, maka akan ada perubahan ukuran payu*dara. Hal ini disebabkan sekresi hormon kehamilan yang menjadikan payu*dara membesar yang disertai rasa sakit.

Telat Haid

Gejala ini merupakan tanda paling terperinci untuk mendeteksi kehamilan. Namun, ada kalanya telat bulan bukan lantaran kehamilan. Untuk memastikannya, tunggu setidaknya satu ahad sesudah telat menstruasi. Jika masih belum haid juga, silahkan melaksanakan tes kehamilan.

Ngidam

Apakah Anda merasa mual dan muntah ketika mencium anyir makanan tertentu? Atau Anda ngidam buah atau makanan tertentu? Hal ini terjadi lantaran adanya perubahan hormonal ketika masa kehamilan. Inilah salah satu tanda-tanda yang paling umum ketika hamil.

Lelah dan Mengantuk

Bila Anda sedang hamil, Anda akan sering merasa pusing dan mengantuk. Hal ini lantaran badan Anda memproduksi progesteron lebih banyak dari biasanya. Selain itu, tanda-tanda tersebut mungkin juga lantaran tekanan darah rendah pada awal kehamilan.

Cairan Miss V

Ciri-ciri awal kehamilan lain yakni keluarnya cairan putih dari miss V. Hal ini juga dapat disebabkan oleh hormon progesteron dan sekresi yang dihasilkan oleh leher rahim untuk melindungi bayi dari infeksi.

Mood Berubah-Ubah

Tanda kehamilan lainnya yakni perubahan suasana hati. Hal ini terjadi di bawah imbas hormon kehamilan yang mengalami lonjakan dalam badan Anda. Anda mungkin merasa bangga dan juga depresi pada ketika yang sama. Gejala ini biasa muncul pada tiga bulan pertama masa kehamilan.

Sering Buang Air Kecil

Gejala ini terjadi lantaran tekanan rahim pada kandung kemih. Ketika kandung kemih tertekan, Anda akan merasa ingin buang air kecil terus-menerus. Tanda ini biasanya muncul pada ahad kelima hingga delapan kehamilan.

Sakit Punggung

Hamil muda juga dapat menjadikan sakit punggung cuilan bawah. Gejala ini kemungkinan lantaran tekanan mental dan fisik yang dialami seorang ibu hamil. Namun, tidak semua perempuan hamil mengalami sakit punggung.

Selera Makan Meningkat

Tanda kehamilan berikutnya yakni peningkatan selera makan dari biasanya. Ketika Anda berdiri tidur, Anda akan merasa sangat lapar dan sakit kepala yang hanya dapat disembuhkan dengan makan. Ini merupakan indikasi bahwa badan Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi yang diharapkan oleh badan dan janin Anda.

Nah, bila Anda mengalami tanda dan tanda-tanda kehamilan di atas, sebaiknya segera lakukan tes kehamilan. Jika terbukti positif, silahkan konsultasikan dengan dokter kandungan terdekat untuk mengetahui kondisi dan usia kehamilan Anda. (mw/bs)