Ini Penyebab Selalu Muncul Wangsit Segar Di Kamar Mandi

Pasti kalian pernah mengalami suatu problem dan saat kita memikirkan solusi untuk pemecahan masalahnya yang ada malah buntu atau niscaya pernah mengalami juga mencari wangsit hingga mondar mandir dan karenanya nihil pula. Ya sudah.. Karena belum mendapat solusi Anda pun pergi ke kamar mandi, eh tiba-tiba saat mandi, “aha” saya sanggup solusinya. Pasti pernah kan?

Kira-kira kalian pernah gak berpikir, kok bisa ya sanggup solusi atau wangsit di kamar mandi? Pernah gak?
Kalau penulis pribadi pernah dan penulis berpikir jikalau kejadian ini merupakan bentuk dari “kejahilan” jin. Awalnya menyerupai itu. Karena yang penulis tahu, toilet itu merupakan daerah tinggal jin dan mereka senang menciptakan orang berlama-lama berada di toilet, tujuannya yaitu menciptakan insan lalai dalam mengingatnya. Itulah kenapa di agama yang di anut penulis yaitu Islam, kita dianjurkan membaca do’a terlebih dahulu sebelum masuk toilet.

Tujuannya membaca do’a ya terperinci memohon tunjangan kepada Sang Maha Kuasa supaya dilindungi dari godaan jin dan syetan. Itu yang ada dipikiran penulis dan penulis menganggap alasannya ialah di atas ialah alasannya ialah menurut sudut pandang agama.

Dan tahukah kalian ternyata kejadian diatas bisa dijelaskan juga secara ilmiah lho..
Gak percaya? yuk lanjut baca..

Menurut bapak Agus Setiawan (CEO Aquarius Learning), ada 2 kondisi pikiran menurut tingkat konsentrasinya. Yang pertama kondisi konsentrasi penuh dan yang kedua kondisi konsentrasi rendah.

Pada kondisi yang pertama (kondisi konsentrasi penuh) otak bisa memfilter setiap info yang masuk dengan baik. Ia memfilter info apa saja yang relevan dengan kejadian yang sedang kita alami. Kondisi ini terjadi saat kita sedang membaca buku, berhitung dan melaksanakan pekerjaan lainnya yang memakai pikiran. Ini juga yang menciptakan kita saat membaca buku pribadi mencari info yang dibutuhkan.

Baca juga : Kisah Inspiratif : Anak Jerapah yang Tangguh

Sedangkan pada kondisi kedua (kondisi konsentrasi rendah) otak tidak bisa memfilter semua info yang masuk. Relevan ataupun tidak dengan problem Anda, info itu akan tetap masuk pribadi ke otak kita. Pada kondisi ini pedoman logis menjadi pasif. Dalam kondisi ini pula “mesin asosiasi” otak kita teraktifkan. Cara berpikir kita menjadi asosiatif. Dan tahukah kalian pada kondisi inilah kreativitas kita sedang berada di puncak. Kondisi kedua sanggup terjadi saat kita melamun, mandi, jalan-jalan dan makan. Kondisi inilah yang menjawab kenapa kita bisa menemukan solusi atau wangsit segar saat sedang di kamar mandi.

Dalam buku quantum ikhlas karya Erbe sentanu dijelaskan, kondisi melongo ialah kondisi dimana gelombang otak kita berada pada gelombang alfa (8 – 13,9 Hz). Kondisi ini merupakan pintu masuk ke perasaan bawah sadar, sehingga otak bisa bekerja lebih optimal. Pada kondisi ini pula otak memproduksi hormon endorfin dan serotonin yang mengakibatkan seseorang merasa nyaman, bahagia, tenang. Hormon ini menciptakan imunitas badan meningkat, detak jantung stabil, pembuluh darah terbuka lebar dan kapasitas indra kita meningkat.

Melamun yang Produktif

Benarkah melongo sanggup memecahkan masalah? Ya.. menyerupai yang sudah dijelaskan di atas tadi. Dalam kondisi melamun, kreativitas kita sedang berada di titik puncak.

Mungkin beberapa pembaca masih menganggap melongo ialah kegiatan yang membuang-buang waktu. Ya benar.. Melamun membuang waktu jikalau kita tidak bisa menggunakannya dengan baik. Namun apabila kita bisa menggunakannya dengan baik justru melongo ini sanggup menjadi cara untuk mendapat pemecahan problem kita.

Tidak semua melongo sanggup menghasilkan solusi atau ide-ide yang kreatif. Dan beberapa langkah ini bisa membantu Anda supaya melongo Anda lebih produktif.

Langkah pertama : Pikirkan problem Anda

Ketika kita mempunyai sebuah problem sebaiknya jangan pribadi masuk ke dalam kondisi melamun. Pikirkanlah beberapa cara alternatif untuk memecahkan problem tersebut.

Dengan langkah di atas, Anda mem-priming otak Anda sehingga asosiasi yang terbentuk nantinya berkaitan bersahabat dengan problem Anda.

Langkah kedua : Niatkan untuk kembali pada masalah

Bila dilangkah pertama wangsit kreatif belum muncul, barulah Anda bisa berhenti sejenak dan melaksanakan acara yang sanggup membawa Anda masuk ke dalam kondisi melamun.

Tetapi sebelum itu, niatkan terlebih dahulu untuk kembali pada masalaha yang dihadapi.

Mengapa perlu berniat?

Ini bertujuan supaya pikiran bawah sadar kita paham jikalau kita sedang mencari solusi untuk problem yang kita hadapi meskipun kita tidak sedang memikirkannya. Ini menciptakan bawah sadar kita aktif mencari solusi saat kita sedang tidak aktif berpikir.

Langkah selanjutnya ialah Melamun

Setelah berniat untuk kembali memikirkan problem kita, kini lakukanlah acara yang sanggup menciptakan Anda berada dalan kondisi melamun, menyerupai mandi, mencuci piring, makan atau jalan-jalan.

Biarkanlah pikiran Anda melayang kesana kemari, merangkai kombinasi. Dan, tunggulah “Aha moment” muncul ke permukaan, ke pikiran sadar Anda, membawakan wangsit brilian untuk memecahkan problem Anda.

Baca juga : Berapa Lama Tidur Siang yang Sehat?

Oke.. Selamat melongo produktif..

Referensi : email dari bapak Agus Setiawan (CEO Aquarius Learning), buku quantum nrimo karya Erbe Sentanu.