Ini Beliau Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan


Lobak putih merupakan salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan pada lobak putih sanggup menciptakan tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit serta kandungan lain dari lobak putih membuatnya sangat baik bagi kesehatan.
Tidak sedikit kuliner china dan jepang yang memakai lobak putih sebagai materi utamanya. Selain alasannya ialah rasanya yang yummy tapi juga alasannya ialah manfaat yang bisa didapatkan tubuh sehabis mengkonsumsinya.

7 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan


1. Anti Kanker

Studi menunjukan, makan kuliner yang kaya akan phytochemical bisa mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker. Dan lobak putih merupakan salah satu sayuran yang mengandung enzim anti kanker.
Dalam Makalah yang dipresentasikan oleh TJ O’Hare dan timnya dari Queensland Horticulture Institute, mereka mengambarkan fakta kalau daikon atau lobak putih mempunyai kandungan glucoraphanin yang tinggi. Glucoraphanin memiliki  sifat anti kanker dan anti inflamasi.
Makalah ini berjudul “Glucosinolate Composition and Anti Cancer Potential of Daikon and Radish Sprout” yang di presentasikan di International Symposium on Plants as Food and Medicine (XXVII International Horticultural Congress-IHC2006)

 2. Anti Bakteri

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Japan’s Kyoto Prefecture University’s Department of Food Sciences and Nutritional Health mengambarkan bahwa saikon atau lobak putih mempunyai kandungan myrosinase, dimana enzim ini mempunyai sifat antimikroba dan antimutagenic.
Dengan rutin konsumsi lobak putih akan membantu Anda melawan nanah kuman dan virus. Selain itu duduk perkara kulit menyerupai jerawat dan eksim sanggup diatasi dengan lobak putih. Anda bisa menciptakan jus lobak putih untuk kemudian dioleskan ke kulit yang terinfeksi.


3. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Menghilangkan Racun

Studi dan analisis laboratorium mengambarkan bahwa jus lobak mentah kaya akan enzim pencernaan menyerupai enzim diastase,esterase dan amilase. Enzim-enzim ini akan mengubah lemak, protein dan karbohidrat kompleks menjadi senyawa yang gampang dicerna. 
Efek diuretik pada lobak putih membuatnya sanggup membantu ginjal dalam mengolah “sampah” secara efisien, alasannya ialah hal itulah lobak putih sanggup meningkatkan fungsi ginjal. Ini juga sanggup membersihkan darah dan menghilangkan racun dalam tubuh.
Perlu diketahui, enzim yang disebutkan tadi di atas akan hilang dalam 30 menit sehabis lobak putih di iris, untuk itu makanlah segera sehabis diiris untuk mendapat manfaat dari enzim tersebut.


4. Dekongestan

Enzim yang terdapat pada lobak putih akan membantu menghilangkan penyumbatan paru-paru dengan cara melarutkan lendir dan dan dahak serta menghapusnya dari tubuh kita. Hal ini sanggup membuka kanal pernafasan dan mengurangi peradangan. Ini efektif dijadikan obat alami untuk bronkhitis,flu dan asma.


5. Makanan Alkali

Lobak putih merupakan kuliner alkali yang sanggup menyeimbangkan pH tubuh. Terlau banayak memakan kuliner asam menyerupai daging, produk susu, ikan dan ayam sanggup menciptakan pH tubuh menjadi asam dan ini akan mengganggu kesehatan. Untuk menyeimbangkannya kembali kita perlu konsumsi kuliner alkali. Sebagai pegangan kita harus makan makann alkali sebanyak 65% dan kuliner asam 35%.


6. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang disebutkan di atas bahwa lobak putih mengandung enzim yang sanggup mengubah lemak,protein dan karbohidrat kompleks menjadi senyawa yang gampang dicerna. Selain itu kandunag serat pada lobak putih juga sanggup membantu menurunkan berat badan.


7. Rendah Kalori

Lobak putih merupakan kuliner yang rendah kalori. Ini membuatnya baik untuk diet Anda. Selain itu Anda pun akan mendapat antioksidan, vitamin ,mineral, elektrolit dan serat pangan dengan konsumsi lobak putih ini.


Kandungan Nutrisi Lobak Putih 

Sumber : USDA


Resiko Kesehatan

Pada umumnya lobak putih kondusif untuk dikonsumsi namun untuk perempuan yang sedang hamil dan menyusui memperhatikan asupan lobak putih. Konsumsilah sesuai yang direkomendasikan dokter, jangan berlebihan.
Terlalu hiperbola konsumsi lobak putih sanggup menjadikan iritasi di kanal pencernaan.

Baca Juga : Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak


Tips

– Hindari membeli lobak putih yang lemas dan lembek. Pilihlah yang tegas dan renyah.
– Bila Anda memebeli lobak yang mempunyai daun, segeralah potong. Daun lobak sanggup menarik nutrisi lobak.
– Konsumsilah sesegera mungkin dikala sudah diiris. Karena 30 menit kemudian lobak yang sudah diiris akan kehilangan beberapa enzim yang baik bagi kesehatan.
– Jika Anda membeli untuk disimpan, sebaiknya basuh higienis dan keringkan kemudian bungkus masing-masing lobak dengan cling film atau plastic wrap kemudian simpan di laci lemari es.
Referensi :    
https://caloriebee.com/nutrition/Benefits-of-Daikon-or-Chinese-Radish