Faktor Penyebab Insomnia (Susah Tidur)

Apakah anda sering mengalami insomnia? Jika anda sering mengalaminya, berarti anda sama dengan saya. Sebenarnaya apa sih insomnia itu? Dan Apakah penyebab dari insomnia tersebut?. Yup artikel kali ini saya akan coba membahas ihwal apa itu insomnia dan apa penyebab insomnia dan juga saya akan memperlihatkan beberapa tips untuk menghindari yang namanya insomnia.
Insomnia yaitu tanda-tanda kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional ketika bangun(Wikipedia,2014). Nah dari sebuah pengertian yang saya sanggup dapat disimpulkan bahwa insomnia tanda-tanda atau kelainan yang mengakibatkan kita kesulitan untuk tidur. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akhir adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, santunan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia yaitu terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan perkiraan yang kontra-produktif mengenai tidur.
Selain beberapa klarifikasi di atas, beberapa faktor yang juga turut menjadi penyebab dari insomnia yaitu
1.     Pola Tidur yang Tidak Konsisten
Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk tubuh kita. Dengan mempunyai teladan tidur yang tidak konsisten ataupun berbeda-beda tentu akan menciptakan tubuh kita mejadi tidak seimbang. Seperti contohnya hari ini anda tidur jam 10 malam besok jam 11 besoknya lagi jam 9. Pola yang tidak konsisten ini akan menciptakan tubuh menjadi gundah untuk menetapkan waktu tidur sehingga sanggup menjadikan insomnia
2.     Tidur Dallam Keadaan Lapar
Banyak orang sering melaksanakan hal yang satu ini, terutama ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan, dan merupakan salah satu hal terburuk yang sanggup anda lakukan untuk kualitas tidur. Alih-alih sanggup menurunkan berat badan, yang ada anda akan merasa insomnia lantaran perut lapar dan keroncongan.
3.     Memakan Makanan Terlalu Berat Sebelum Tidur
Tubuh anda membutuhkan waktu untuk menuntaskan proses pencernaan, dan jikalau anda makan malam anda terlalu bersahabat dengan waktu tidur anda akan mengalami kesulitan tidur. Sementara aktivitas kerja kadang kala sanggup mempengaruhi proses ini, terutama mereka yang sanggup bekerja baik full-time dan bekerja paruh-waktu tanpa istirahat, makan terlambat niscaya akan mempunyai imbas yang merugikan pada kemampuan anda untuk tertidur.
4.     Terlalu Banyak Tidur
Terlalu banyak tidur bukan merupakan yang anggun ya walaupun ketika kita masih kecil kita niscaya diperintahkan untuk tidur siang oleh orang renta kita. Namun taukah anda Jika terlalu usang kita dalam kondisi tidur atau istirahat, lecutan syaraf untuk memulai impuls syaraf juga lambat reaksinya, sehingga otot juga usang reaksinya terhadap aktifitas motorik.
5.     Merokok
Apakah anda termasuk perokok?. Jika ia berarti hampir bisa dipastikan anda sangat suka dengan yang namanya begadang heheh. Ya terperinci saja orang merokok akan sangat berpengaruh bengadang lantaran kandungan nicotine pada rokok yaitu substansi yang bertanggung jawab terjadinya insomnia pada beberapa perokok. Nikotin merangsang jantung berdetak lebih cepat. Nadi lebih kencang, lantaran fatwa darah ke otak juga terisi lebih cepat. Rasa lelah/kantuk hilang. Dan tubuh menganggap dirinya masih terjaga/bekerja.
6.     Banyak Mengkonsumsi Kafein
Masih bekerjasama dengan yang suka begadang nih. Semua orang tentu tau bahwa obat untuk mengatasi rasa kantuk yaitu dengan mengkonsumsi kafein(kopi). Yup kafein yang terkandung di Dallam kopi mempunyai zat yang akan memacu kerja jantung menjadi semakin cepat sehingga dengan begitu tubuh tidak akan merasa kantuk.
7.     Suhu Ruangan Yang Terlalu Panas Atau Dingin
Nah suhu juga bisa menjadi salah satu faktor loh yang mengakibatkan anda sudah tidur. Tahukan anda bahwa Suhu tubuh bervariasi antara individu antara 36.2-37.8C. Lingkungan, apa yang kita makan, bagaimana kita merasa dan seberapa aktif kita semua faktor yang juga mempengaruhi tidur kita. Ada perubahan suhu tubuh pada siang hari dengan suhu terendah di pagi hari.Hipotalamus di otak mengatur suhu tubuh dan darah dikirim ke kulit dan tubuh berkeringat ketika terlalu panas. Menjadi terlalu panas atau terlalu masbodoh pada malam hari akan merangsang otak, sehingga masuk nalar untuk mencoba dan mengatur suhu tubuh untuk tidur nyenyak di malam hari.
8.   Masih Memikirkan Banyak Masalah yang terjadi Walaupun Sudah Berada Di kawasan Tidur
Banyak orang yang ketika sudah berada di kawasan tidur tetapi mereka masih memikirkan banyak duduk kasus yang mereka hadapi mulai dari pekerjaan, rumah tangga dan lain sebagainya, tentunya hal ini akan berdampak pada tubuh yang tidak bisa merasa hening dan tentunya akan susah untuk beristirahat ataupun tidur dengan tenang
Itu beliau beberapa faktor yang menjadi penyebab kita mengalami insomnia atau kurang tidur. Untuk itu bagi anda yang masih merasa susah tidur mungkin salah satu faktor di atas bisa jadi yaitu penyebabnya. Untuk itu saya akan memberitahukan bagaimana cara untuk mengatasi duduk kasus insomnia tersebut namun pada postingan saya yang berikutnya hehehehe. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam hidup sehat.
Sumber : Wikipedia, inicaraku.com,google image