Eswl, Gelombang Kejut Yang Menghancurkan Kerikil Ginjal

ESWL Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy yakni salah satu mekanisme medis yang dipakai untuk mengobati kerikil ginjal. Selain itu ESWL juga sanggup dipakai untuk mengobati kerikil di organ lain, ibarat kandung empedu atau hati.

Batu ginjal merupakan massa keras ibarat kerikil yang terbentuk dari endapan mineral padat yang terjadi di ginjal. Biasanya kerikil berukuran kecil masih bisa dilakukan terapi dengan cara penberian jenis obat tertentu sehingga bisa dikeluarkan dari badan secara alami dikala buang air kecil. Tetapi pada kerikil ginjal yang berukuran lebih besar tidak sanggup dikeluarkan melalui urin sehingga bisa menjadikan kerusakan ginjal. baca lebih lanjut ihwal gejala, penyebab dan faktor resiko penyakit kerikil ginjal.

 yakni salah satu mekanisme medis yang dipakai  ESWL, Gelombang kejut yang menghancurkan kerikil ginjal

Ketika kerikil ginjal mulai menjadikan persoalan serius ibarat timbulnya tanda-tanda rasa nyeri yang parah, atau adanya pendarahan dalam urine, maka metode pengobatan lebih lanjut harus segera dilakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal kronik.

Metode Pengobatan ESWL

ESWL memakai gelombang ultrasonik shock wave atau gelombang bunyi untuk memecahkan kerikil ginjal. Gelombang bunyi ini juga disebut gelombang kejut tinggi energi. Yang dihasilkan dari Luar badan dengan memakai mesin khusus.

ESWL diperkenalkan pada awal 1980-an. Sampai kini ini terapi dengan memakai gelombang kejut menjadi metode pengobatan pilihan bagi sebagian besar penderita kerikil ginjal. ESWL merupakan mekanisme noninvasif, alasannya yakni tidak memerlukan pembedahan atau operasi. Selain itu kelebihan Pengobatan dengan ESWL umumnya lebih kondusif dan lebih gampang proses pemulihan dari mekanisme operasi pembedahan.

Setelah metode pengobatan ESWL dilakukan maka pecahan-pecahan kerikil yang telah dihancurkan tersebut biasanya akan keluar dari ginjal melalui ureter kemudian ke kandung kemih dan keluar dikala buang air kecil. Waktu yang diperlukan untuk menangani penderita kerikil ginjal melalui metode ESWL ini pun relatif lebih singkat. Hanya memakan waktu sekitar 45 menit atau satu jam.

Persiapan Awal untuk ESWL

Pada tahap persiapan sebelum Terapi ESWL dilakukan Sangat penting untuk memberitahu dokter Anda ihwal apa saja obat, suplemen, atau herbal yang anda konsumsi. Karena jenis-jenis obat ibarat aspirin, ibuprofen, atau pengencer darah ibarat warfarin sanggup mengganggu kemampuan pembekuan darah. 
Mungkin anda akan diminta untuk berhenti mengkonsumsi obat selain pada obat-obatan yang diresepkan oleh dokter yang menangani prosesur terapi gelombang kejut tersebut. Anda mungkin akan disarankan untuk tidak minum atau makan apa-apa selama setidaknya enam jam sebelum Prosedur pengobatan ESWL dimulai.

Anastesi

Pada dikala ESWL dilakukan Biasanya, pasien akan diberikan anestesi umum. Sebenarnya pasien biasanya tidak mengalami rasa sakit. Bahkan Kadang-kadang pasien akan diizinkan untuk tetap terjaga selama mekanisme dan bahkan mungkin diizinkan untuk mengikuti perkembangan mekanisme pada ultrasound atau X-ray Monitor. ESWL bisa saja dilakukan pada pasien rawat jalan dasar. Ini berarti Anda akan melaporkan ke rumah sakit atau klinik pada hari mekanisme ESWL dilakukan, dan
mungkin bisa meninggalkan Rumah sakit dihari yang sama.

Proses pelaksanaan terapi ESWL

Setelah datang waktunya Anda akan diberikan obat untuk anastesi, dan akan diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi. Pasien akan diberikan pakaian rumah sakit dan diminta untuk berbaring di meja operasi/tindakan di atas bantal berisi air selama mekanisme ESWL final dilakukan. Setelah itu, pasien akan ditempatkan diruang pemulihan selama dua jam di untuk dilakukan observasi sebelum diizinkan pulang, tetapi beberapa pasien harus dirawat di rumah sakit selama satu atau dua hari jika ada persoalan kesehatan lain.

Setelah anda pulang kerumah sebaiknya perbanyak istirahat selama beberapa hari Setelah terapi dilakukan. perbanyaklah mengkonsumsi air putih selama beberapa ahad semoga membantu ginjal dan memudahkan pengeluaran pecahan-pecahan kerikil ginjal tetsebut.

Kemampuan gelombang kejut menghancurkan kerikil ginjal.

Kemampuan dan tingkat keefesiensi metode pengobatan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy dipengaruhi oleh ukuran dan proporsi zat penbentuk kerikil ginjal tersebut. ESWL terbukti bisa menghancurkan kerikil ginjal pada sebagian besar pasien secara tuntas. Tetapi pada sebagian pasien lainnya masih membutukan  perawatan medis lebih lanjutan.

Resiko metode pengobatan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy

1. Ada beberapa pasien yang mengikuti Eswl dan mengalami pendarahan internal. Sehingga di butuhkan transfusi darah.

2. Adanya rasa nyeri.

3. Beresiko terjadinya bisul kanal kemih.

4. Beresiko terjadinya kerusakan ginjal.

5. Pecahan kerikil kemungkinan bisa menghalangi proses anutan urin keluar dari ginjal.

6. Komplikasi sekunder yang mungkin saja terjadi yang meliputi Tekanan darah tinggi atau gagal ginjal. Itulah beberapa resiko yang mungkin terjadi jawaban metode pengobatan ESWL.

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul ESWL gelombang kejut menghancurkan kerikil ginjal. Semoga bermanfaat.