Definisi Penyakit Kerikil Ginjal, Penyebab, Gejala, Pengobatan, Dan Cara Pencegahannya

Artikel yang membahas wacana Definisi Batu ginjal, Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Cara Pencegahannya secara lengkap. Sibelum membahas wacana penyakit ada baiknya kita tau apa itu ginjal.

Ginjal yaitu salah satu organ badan yang berfungsi mengatur sistem sekresi dan melaksanakan penyaringan pada darah. Ginjal insan ada dua ginjal kiri dan kanan

Pengertian kerikil ginjal

Batu ginjal yaitu sebuah benda padat menyerupai kerikil yang terjadi akhir pengkapuran kristal hasil sekresi badan atau zat-zat sisa yang terjadi pengendapan. Paling sering kerikil ginjal terbentuk oleh kalsium yang hiperbola didalam tubuh. Adanya Batu pada ginjal menimbulkan nyeri yang luar biasa hebat, perdarahan pada urin lantaran adanya abses dan bahkan sanggup terjadi penyumbatan anutan kemih.

 Sibelum membahas wacana penyakit ada baiknya kita tau apa itu ginjal Definisi Penyakit Batu Ginjal, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Pencegahannya

Penyebab terjadinya kerikil ginjal

Banyak faktor yang sanggup menimbulkan kerikil ginjal namun Sebelum membahas wacana Penyebab terjadinya kerikil ginjal. Kita harus kembali pada peran dan fungsi ginjal itu sendiri. Karena ini berkaitan erat. Dalam sistem urinaria (sekresi) ginjal berfungsi untuk melaksanakan penyaringan pada darah. Penyaringan ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar mineral tubuh. Disaat badan kekurangan air ginjal menyumplai air melalui darah. Selebihnya dibuang melalui ureter kekandung kemih dalam bentuk urin. Begitupun dengan jenis mineral lain menyerupai vitamin-vitamin kalsium dan zat-zat lainnya. Vitamin memang dibutuhkan badan tetapi kalau terlalu banyak vitamin harus dikeluarkan oleh ginjal.


Dalam perkara ini kita ambil pola kalsium. disaat kadar kalsium terlalu tinggi didalam badan ginjal akan bekerja untuk mengeluarkan melalui urin. Namun apabila tingginya kadar kalsium berlangsung secara terus menerus maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi. Sehingga zat kalsium pun menumpuk dan mengendap secara perlahan dan terbentuklah massa padat yang disebut kerikil ginjal.
Selain lantaran tingginya kadar kalsium dalam badan penyebab kerikil ginjal juga dipengaruhi oleh kurangnya kadar Sitrat yaitu suatu zat yang sanggup menghambat pembentukan kerikil kalsium. Pembentukan kerikil juga di pengaruhi oleh tinggi nya Kadar oksalat yaitu suatu zat yang ikut menghipnotis terbentuknya kerikil akhir kalsium.
Proses pembentukan kerikil ginjal terjadi secara bertahap. pengkristalan ini terjadi dalam waktu yang lama. Mulai dari berukurangan kecil dan terus membesar sampai menimbulkan gangguan fungsi ginjal. Kurangnya asupan air putih juga ikut mempengaruhi.

Proses pembentukan kerikil ini disebut Urolitiasis. Selain pada ginjal urolitiasis sanggup saja terjadi dalam kandung kemih yang disebut kerikil kandung kemih. Selain kalsium kadar asam urat yang tinggi juga sanggup menimbulkan kerikil ginjal asam urat. Beberapa penyakit ini juga beresiko sanggup menjadi faktor penyebab kerikil ginjal menyerupai penyakit sarkoidosis, hiperparatiroidisme, panyakit kanker dan asidosis tubulus renalis.

Tanda dan tanda-tanda kerikil ginjal

Gejala yang muncul bervariasi tergantung ukuran pembentukan kerikil pada ginjal. Gejala umum yang muncul diantaranya:

1. Adanya nyeri pada punggung atau nyeri kolik yang hebat. Nyeri kolik ditandai dengan rasa sakit yang hilang timbul di sekitar tulang rusuk dan pinggang kemudian menjalar ke potongan perut dan kawasan paha sebelah dalam.

2. Karena nyeri jago biasa di ikuti demam dan menggigil.

3. Kemungkinan adanya rasa mual dan terjadi nya muntah. Dan gangguan perut.

4. Adanya darah di dalam urin. Dan adanya gangguan buang air kecil penderita juga sering BAK. Atau malah terjadinya penyumbatan pada jalan masuk kemih. Jika ini terjadi maka resiko terjadinya abses jalan masuk kemih menjadi lebih besar.

Itulah beberapa tanda dan tanda-tanda penyakit kerikil ginjal. Tetapi Sebagian perkara malah tidak menunjukkan tanda-tanda apapun, terutama yang pada kerikil yang masih kecil, begitu juga sebaliknya adanya gangguan berkemih belum tentu ada kerikil ginjalnya, lantaran sanggup saja disebabkan pembesaran prostat atau penyempitan jalan masuk kemih. Diagnosa niscaya ada atau tidaknya kerikil ginjal sanggup diketahui melalui investigasi analisis air kemih rutin (urinalis). Dan dengan Pemeriksaan rontgen kawasan perut dan abdomen.

Cara Pencegahan penyakit kerikil ginjal

Mengkonsumsi banyak air putih 8-10 gelas perhari merupakan Cara sederhana mencegah penyakit kerikil ginjal. Namun buat anda yang telah terdiagnosa menderita kerikil ginjal. Maka tindakan pencegahan khusus perlu dilakukan supaya tidak terjadinya pembentukan kerikil gres (pengulangan penyakit). Metode dan cara pencegahan dilakukan tergantung kepada komposisi (kadar) kerikil yang pernah diderita sebelumnya.

1. Jika anda pernah menderita kerikil akhir kelebihan kadar asam urat maka pencegahan yang harus anda lakukan yaitu mengurangi jenis-jenis masakan yang yang banyak mengandung purin menyerupai ikan sarden, jeroan, hati, otak, kerang dan masakan lainnya yang tinggi purin lantaran jenis masakan ini sanggup meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu mengurangi pembentukan asam urat juga sanggup dilakukan dengan santunan allopurinol lantaran Batu asam urat terbentuk kalau keasaman air kemih bertambah, oleh lantaran itu untuk membuat air kemih yang basa atau alkalis sanggup di lakukan dengan santunan kalium sitrat.

2. Selanjutnya Pada penderita Batu kalsium. Harus lakukan pencegahan pembentukan kerikil ginjal baru. Pemberian obat jenis Diuretik thiazid menyerupai trichlormetazid, Dianjurkan untuk melaksanakan Diet rendah kalsium serta mengonsumsi natrium selulosa fosfat, dan juga berikan kalium sitrat untuk meningkat kan kadar Sitrat. Sitrat yaitu zat yang mempunyai kegunaan untuk menghambat pembentukan kerikil kalsium.

Kemudian pencegahan kerikil ginjal akhir penimbunan kalsium juga sanggup dilakukan dengan menghindari masakan yang tinggi kadar oksalat. Oksalat yaitu zat penyokong terjadinya kerikil kalsiun. Jenis-jenis masakan yang kaya oksalat menyerupai : Makanan dari coklat, bayam, pada teh, merica dan jenis kacangan

Pengobatan penyakit kerikil ginjal.

Terapi pengobatan yang di berikan dokter biasanya dengan menawarkan beberapa jenis obat tertentu, ini khusus nya untuk  kerikil ginjal yang masih berukuran kecil dan diharapkan kerikil tersebut sanggup keluar melalui urin.

Namun bila metode ini tidak efektif maka tindakan pengobatan dilakukan dengan cara ESWL ( Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy). Metode ini dilakukan dengan memakai gelombang ultrasonik shock wave yang diarahkan pada kerikil ginjal sehingga kerikil tersebut pecah menjadi ukuran-ukuran kecil dan kemudian akan memudahkan dikeluarkan melalui urin.

Kelebihan metode ESWL yaitu tidak adanya luka akhir operasi pada penderita dan waktu yang dibutuhkan pun relatif singkat.

Jika kedua metode pengobatan kerikil ginjal diatas tidak berhasil. Maka satu satunya cara pengeluaran kerikil melalui operasi pembedahan. Pembedahan biasanya dilakukan pada perkara kerikil ginjal yang mempunyai ukuran besar dan tidak bisa di hancurkan dengan gelombang kejut (shock wave)
terima kasih telah membaca Definisi Penyakit Batu Ginjal, Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Pencegahannya tolong disebarkan melalui facebook dan twitter