Ciri-Ciri Keputihan Normal Yang Wajib Perempuan Ketahui

Ciri Keputihan Normal yang Wajib Wanita Ketahui Ciri-Ciri Keputihan Normal yang Wajib Wanita Ketahui

Setiap perempuan niscaya akan mengalami suatu keadaan yang kerap terjadi, yakni menstruasi dan keputihan. Seorang perempuan akan normal kalau mengalami menstruasi. Menstruasi juga mengatakan bahwa perempuan tersebut sudah berilmu baligh.

Biasanya seorang perempuan akan mengalami menstruasi ketika umur 12 tahun. Ketika hendak menstruasi, biasanya juga terjadi keputihan. Keputihan merupakan hal masuk akal bagi sebagian orang. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina, cairan ini merupakan kotoran yang ada di vagina, sehingga dikeluarkan oleh tubuh. Banyak sedikitnya keputihan tergantung pada hormon masing-masing orang.
Namun kalau keputihan keluar dengan jumlah banyak atau berbeda dari keputihan biasanya, anda harus waspada. Karena sanggup saja itu merupakan keputihan abnormal. Oleh lantaran itu sangat penting bagi semua perempuan mengetahui ciri-ciri keputihan normal, biar nantinya kalau keputihan yang anda alami tidak normal pribadi segera di ketahui.

Dengan mengetahui ciri-ciri keputihan normal, akan menciptakan perempuan menjadi tidak khawatir. Karena keputihan juga sanggup menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu. Keputihan dikatakan normal kalau keputihan tersebut terjadi atau keluar 3 sampai 7 hari sebelum anda menstruasi. Setelah anda mengalami menstruasi, anda juga akan mengalami keputihan lagi. Ini untuk membersihkan darah yang belum tuntas yang berada di vagina. Pada umumnya menstruasi terjadi selama 7 hari. 

Keputihan yang terjadi sesudah menstruasi biasanya terjadi antara 3 sampai 5 hari. Selain itu, keputihan yang normal berbentuk encer dan berwarna bening. Keputihan sesudah menstruasi akan mempunyai warna putih kecoklatan lantaran masih tercampur dengan darah, namun usang kelamaan akan menjelma bening lagi.

Tidak berbau, tidak berbekas, berwarna bening atau putih bening merupakan ciri-ciri keputihan normal. Keputihan yang normal mempunyai bentuk encer dan juga tidak lengket. Keputihan yang normal juga tidak akan meninggalkan bekas. Ketika keputihan keluar, anda akan mencicipi berair sebentar, namun beberapa ketika akan mengering lagi. Ini merupakan hal masuk akal pada keputihan. Keluarnya cairan putih ini disebabkan oleh hormone estrogen yang meningkat. 

Biasanya perempuan akan mengalami banyak keputihan ketika melaksanakan kegiatan-kegiatan yang padat. Seseorang yang mengalami keputihan dan mencicipi nyeri di pinggang harus segera di bawa ke dokter, ini dikarenakan ciri-ciri keputihan normal ialah tidak akan menciptakan nyeri pada pinggang. Jika terjadi nyeri, maka sanggup mengindikasi adanya penyakit di dalam badan anda.
Simak juga: 10 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan

Itulah beberapa ciri-ciri keputihan normal pada perempuan yang wajib di ketahui. Sehingga kalau terdapat beberapa ciri-ciri yang tidak normal sanggup pribadi anda ketahui. Sebagian sampaumur menganggap remeh keputihan. Karena mereka menganggap hal tersebut merupakan hal wajar. Memang benar hal tersebut wajar, namun keputihan juga sanggup mengindikasi adanya suatu penyakit. 

Oleh lantaran itu sangatlah penting untuk mengetahui ciri-ciri keputihan normal, biar sanggup lebih berhati-hati. Untuk mencegah adanya keputihan tidak normal, maka anda harus selalu menjaga kesehatan dan juga kebersihan organ intim secara teratur. Semoga bermanfaat. (mw)