Catat, Ini Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat kopi untuk kesehatan

Banyak orang yang salah dalam menilai kopi. Dikiranya semua hal ihwal kopi itu berbahaya buat kesehatan. Padahal tidak demikian.

Di masyarakat kita, kopi memang sering dicitrakan sebagai minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Minum kopi dalam jumlah yang hiperbola tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, bergotong-royong aneka macam manfaat kopi untuk kesehatan.

Penelitian mengenai ancaman maupun manfaat kopi bagi kesehatan sudah banyak dilakukan dan keduanya diakui secara akademik.

Beberapa manfaat kopi untuk kesehatan diantaranya yaitu :

#1. Mencegah penyakit syaraf. Kopi mengandung banyak antioksidan. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan Parkinson. Demikian pula kafein pada kopi akan menghambat peradangan dalam otak, yang menyebabkan Alzheimer.

#2. Melindungi gigi. Kafein dalam kopi bersifat anti basil dan anti lengket, yang bermanfaat mencegah gigi berlubang. Minum secangkir kopi tiap hari juga mengurangi risiko kanker mulut.

#3. Menurunkan risiko kanker payudara. The Journal of Nutrition mempublikasikan bahwa, perempuan yang mengonsumsi 4 cangkir kopi per hari menjelang masa menopause, akan menurunkan risiko kanker payudara sebesar 38 persen.  Karena, kopi mengandung phytoestrogen dan flavonoid yang sanggup menghambat perkembangan tumor.

#4. Mencegah diabetes. Minum kopi decaf (kadar kafein yang dikurangi) bermanfaat menurunkan risiko munculnya diabetes tipe II hingga 30 persen.

#5. Mencegah watu empedu. Batu empedu tumbuh saat cairan di dalam kantong empedu menangkap kristal kolesterol. Xanthine, yang ada di dalam kafein, bermanfaat mengurangi cairan dan risiko penyimpanannya.

#6. Melindungi kulit. Minum 2-5 cangkir kopi tiap hari bermanfaat mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein sanggup merangsang kulit untuk membinasakan sel-sel prakanker, serta membasmi perkembangan tumor.

Sebuah laporan dari Harvard Women’s Health menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah tertentu bermanfaat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan watu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

Manfaat kopi untuk kecantikan

Dibandingkan dengan pria, kaum perempuan relatif jauh dari kebiasaan minum kopi. Namun itu tidak berarti bahwa kopi tak ada gunanya buat kaum wanita. Sebab, kini diketahui bahwa ternyata kopi juga bermanfaat bagi kecantikan wanita, baik itu kecantikan kulit, kecantikan wajah, maupun kecantikan rambut.

 Banyak orang yang salah dalam menilai kopi Catat, Ini Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain mengandung kafein, kopi juga memiliki kandungan asam buah dan asam organik, lemak, alkaloid, mineral, potasium, magnesium dan besi yang banyak bermanfaat untuk kecantikan kulit wanita.

Manfaat kopi untuk perawatan kecantikan kulit sudah banyak dikenal di negara-negara Amerika Latin dan Hawaii. Salon kecantikan juga banyak yang memanfaatkan kopi untuk spa dengan aroma kopi yang khas. Serbuk dari abu kopi biasa dimanfaatkan untuk materi dalam sejumlah scrub.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk kecantikan wajah dan kulit wanita:

#1. Melancarkan peredaran darah.

#2. Menghilangkan bekas abses (acne), flek, dan noda hitam.

#3. Memelihara kelembaban kulit.

#4. Memperbaiki kulit yang rusak dan mengangkat sel kulit mati.

#5. Menghilangkan wangi badan.

#6. Memperbaiki kulit yang terkena iritasi dan menawarkan nutrisi pada kulit.

#7. Menghilangkan selulit dengan memecah lemak tubuh.

Selain itu manfaat kopi lainnya diantaranya untuk  : menyegarkan kulit wajah, anti kerutan, mengencangkan kulit, dan menciptakan rambut hitam alami.

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang aman

Mengkonsumsi kopi secara hiperbola tentu merugikan. Sebaliknya, mengkonsumsi kopi dalam jumlah normal sanggup menguntungkan alasannya penggunaan kafein sanggup memberi imbas stimulan yang bersifat sementara dan tidak berbahaya.

Dapat mencegah rasa kantuk, menaikkan daya tangkap panca indera, mempercepat daya pikir, serta mengurangi rasa bosan yaitu pola beberapa imbas kafein terhadap system syaraf.

Pengaruh kafein pada seseorang sangat tergantung sensitifitasnya. Sebagian orang tidak tahan sama sekali pada kafein, sehingga sesudah minum kopi menjadi berdebar-debar. Tapi ada juga orang yang sanggup mengonsumsi lebih dari 10 cangkir kopi sehari tanpa keluhan.

Baca juga : Bahaya Kopi Bagi Kesehatan, Coffee Mania Wajib Baca

Takaran kafein yang kondusif berdasarkan saran para hebat yaitu sekitar 200 miligram per hari, atau setara dengan minum dua hingga tiga cangkir kopi. Walaupun begitu, saran tersebut sifatnya umum. Angka pastinya setiap orang tentu punya ukuran berbeda tergantung kondisi yang bersangkutan.