Cara Nikmat Menjaga Kesehatan Badan Dan Jiwa Dengan 2 Cangkir Kopi Setiap Hari

Bagi coffee addict ibarat saya, mengkonsumsi kopi sudah menjadi kepingan dari gaya hidup yang artinya terasa kosong, kurang atau hampa kalau sehari saja saya tidak mengkonsumsi kopi. 


Masyarakat Indonesia sudah mengenal kopi semenjak jaman nenek moyang. Bahkan kopi menjadi salah satu alasan mengapa bangsa Portugis tiba ke Indonesia. Di beberapa negara di Eropa, kopi Indonesia menjadi kopi favorit, salah satunya kopi luwak. Kopi jenis ini populer sangat nikmat meskipun berbanding terbalik dengan prosesnya. Proses kopi luwak bisa dibilang unik. Buah kopi yang dipetik dimakan oleh luwak sedangkan bijinya yang tidak bisa dicerna didalam perut luwak dikeluarkan kembali sebagai feses. Para penikmat kopi percaya bahwa proses fermentasi yang terjadi didalam perut luwak membuat rasa kopi menjadi lembut dan unik.


Bicara problem penyajiannya, kopi disajikan dengan banyak sekali model penyajian. Seperti espresso, cappucino, latte dan lain-lain. Kalo orang Indonesia biasanya kopi tubruk. Bubuk kopi yang eksklusif diseduh dengan air panas didalam gelas. Hampir ibarat penyajiannya dengan teh tubruk. Favorit saya cappuccino. Terutama yang merknya Torab*ka, lezat dan tidak terlalu manis. (Lho malah promosi?) 

Kalau bicara problem praktis, kopi instan menjadi favorit orang indonesia khususnya untuk pegawai kantoran dan orang lapangan. Disamping gampang untuk menyeduhnya, barangnya juga gampang didapat plus banyak variannya jadi ga bikin orang bosen. Tetapi bagi yang benar-benar penikmat kopi, mereka memakai coffee bean dan coffee maker dalam menyajikan kopi. Bahkan ada yang benar-benar menggiling biji kopi terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam coffee maker.


Sebenarnya masih banyak terjadi pro dan kontra mengenai khasiat kopi terhadap tubuh. Sebagian peneliti sependapat bahwa kopi sangat baik untuk tubuh. Sebagian lagi beropini kopi sangat jelek kalau dikonsumsi oleh tubuh. Seperti halnya makanan dan minuman yang lain, kopi juga telah dijadikan penelitian oleh beberapa forum kesehatan di dunia ibarat Nature Medicine dan Institute for Imunity, Transplantation and Infection dari Stanford University. Mereka menemukan beberapa manfaat kopi kalau dikonsumsi secara rutin dan dengan takaran yang pas.

1. Minum Kopi Bikin Awet Muda dan Menghindarkan dari Penyakit Kronis

Fakta mengejutkan muncul dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Nature Medicine dan Institute for Imunity, Transplantation and Infection Stanford University. Kedua forum ini mengklaim bahwa kopi bisa menghindarkan tubuh dari penyakit kronis dan memperlambat penuaan. Menurut Nature Medicine, orang bau tanah yang sering mengkonsumsi kopi mempunyai peluang lebih kecil terkena peradangan atau inflamasi yang mengakibatkan penyakit-penyakit kronis.

Penyakit-penyakit penuaan ibarat diabetes, hipertensi, problem jantung, kanker, gangguan sendi dan alzheimer memilik kesamaan inflamasi. Karena kebanyakan penyaki-penyakit kronis tersebut merupakan penyakit peradangan.
Inflamasi tinggi mendorong timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Kopi justru menjadi penangkalnya. Kopi menghambat penuaan yang secara otomatis menghambat timbulnya inflamasi. 

Majalah TIME juga pernah menulis perihal hal ini. TIME menjelaskan bahwa lima cangkir atau lebih bisa menurunkan tingkat aktifitas gen pembawa inflamasi lantaran kafein mematikan jalur inflamasi.

2. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Seperti dijelaskan diatas, diabetes timbul dari inflamasi yang terjadi didalam tubuh. Kaprikornus terang minum kopi bisa menurunkan resiko diabetes. Bagi yang mempunyai talenta atau kecenderungan diabetes, sebaiknya mulai mengkonsumsi kopi sehingga resikonya bisa diturunkan. Sebuah penelitian pernah dilakukan di Yunani, penelitian tersebut menyebutkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi kopi setiap harinya bisa menurunkan resiko diabetes sampai 54%. 

Hal ini dikarenakan kopi mempunyai kemampuan untuk menurunkan protein Amyloid yang ada didalam darah yang berperan aktif dalam penyakit diabetes type 2.

3. Mencegah Depresi, Meningkatkan Level Energi dan Kecerdasan

Biasanya yang sering kita lihat, kebanyakan dari penikmat kopi yaitu laki-laki. Padahal manfaat kopi sangat besar khususnya untuk perempuan dalam urusan menata suasana hati. Para perempuan yang bisa mengkonsumsi kopi sampai 4 gelas tiap harinya, resiko untuk mengalami depresi turun sampai 20%. Depresi merupakan kondisi kelainan mental yang dialami seseorang yang menurunkan kualitas hidup secara signifikan. Bahkan tidak jarang sampai berujung kematian. 

Selain itu, biasanya kebanyakan perempuan yaitu pribadi yang moody. Yang bisa berubah-ubah mood-nya dalam sekejap. Kopi merupakan cara yang cocok untuk merubah suasana hati wanita-wanita yang sering moodyManfaat ini juga bisa dirasakan oleh para pelajar yang sedang mengikuti tes. Jika kopi diminum sehabis sarapan, bisa menghindarkan dari rasa kantuk, meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi serta meningkatkan level energi. Dengan semangat dan energi yang meluap-meluap akan diikuti oleh produktivitas yang meningkat.

4. Menurunkan Resiko Parkinson, Alzheimer dan Demensia

Penyakit-penyakit diatas merupakan penyakit yang menurunkan sistem saraf. Contohnya Parkinson, penyakit Parkinson membuat si penderitanya sering kali gemetar dibagian tangan (atau biasa dikenal dengan istilah tremor) dan tidak terkontrol getarannya. Sedangkan Alzheimer dan Demensia merupakan penyakit penurunan fungsi otak. Ketiga penyakit ini biasanya dialami buah tangan orang yang lanjut usia. 

Jadi ketiganya merupakan penyakit penuaan. Penyakit yang disebabkan oleh penuaan biasanya disebabkan oleh inflamasi. Seperti yang dijelaskan diatas, kopi bisa menghambat bahkan mematikan sel pembawa inflamasi. Selain itu, kopi dipercaya membantu penderita Parkinson dalam mengontrol gerakannya.

5. Menghindarkan Penyakit Sirosis (Pengerasan Organ Hati)

Bagi penikmat kopi yang mengkonsumsi kopi secara rutin dan tidak berlebihan, masih ada manfaat lainnya yaitu turunnya resiko terkena penyakit sirosis sampai 20%. Dengan turunnya resiko terkena sirosis, akan menurunkan juga resiko kematian sampai 66% dan menurunkan resiko kanker hati sampai 40%.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Meskipun masih bersifat kemungkinan, dengan mengkonsumsi kopi 2 – 4 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan resiko gagal jantung sampai 11%.

7. Menjaga Berat Badan

Kopi mempunyai kemampuan untuk mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Pada penderita obesitas, kopi bisa meningkatkan proses pembakaran lemak sampai 10%. Sedangkan untuk orang dengan berat tubuh normal, kopi bisa meningkatkan metabolisme sampai 11% dan pembakaran lemak sampai 29%.

8. Tambahan Serat Untuk Tubuh

Perlu diketahui bahwa kopi mempunyai kandungan serat sampai 1,8 gram. Kaprikornus bisa menunjukkan komplemen untuk kebutuhan serat harian tubuh.

Efek Buruk Kopi

Segala sesuatu kalau hiperbola akan berakibat jelek atau tidak anggun untuk tubuh meskipun tujuannya baik. Seperti halnya kopi, kalau dikonsumsi rutin dan sesuai takaran yang pas akan menunjukkan manfaat yang berlimpah, namun kalau dikonsumsi hiperbola dan tidak sesuai hukum maka yang didapat justru sumber penyakit. Karena kopi merupakan materi alami yang mengandung kafein yang berbahaya kalau dikonsumsi berlebihan.

1. Mengganggu Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kopi secara hiperbola terutama kopi yang tidak disaring akan mengakibatkan imbas hemocysteine atau yang dikenal dengan salah satu asam amino yang berafiliasi dengan serangan jantung.

2. Mempengaruhi Kesehatan Tulang

Kopi bersifat diuretik atau membuat kita gampang mengeluarkan urine. Maka dari itu kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama melaksanakan perjalanan jauh. Urine yang dibuang selama kita mengkonsumsi kopi ternyata tidak sepenuhnya hasil sekresi didalam tubuh, adapula kalsium yang terkikis didalamnya. Hal ini bisa mengakibatkan penipisan tulang atau osteoporosis.

3. Mempengaruhi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Seperti halnya kandungan nikotin dalam rokok, kopi juga membahayakan kondisi janin pada ibu hamil. Kandungan kopi dipercaya bisa mempengaruhi perkembangan janin, bahkan bisa memicu terjadinya keguguran. Selain itu, terganggunya kadar estrogen dalam tubuh oleh kopi bisa mengakibatkan kondisi susah hamil pada wanita. Untuk pasangan muda yang ingin segera menerima momongan sebaiknya hindari terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

4. Mengganggu Kesehatan Pencernaan

Karena bersifat diuretik, kopi  bisa mengakibatkan dehidrasi. Selain itu, dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh yang hiperbola bisa mengakibatkan diare atau iritasi pada usus.

Dari manfaat dan imbas samping yang telah disebutkan diatas, kopi bisa menjadi salah satu minuman untuk menjaga kesehatan dan bisa pula menjadi minuman yang bisa merusak kesehatan. Faktor yang memilih yaitu jumlah atau banyaknya takaran yang masuk kedalam tubuh.


Untuk ukuran orang normal atau orang dengan pencernaan yang sehat dan kuat, jumlah kopi yang bisa dikonsumsi harian sekitar 400 mg per hari atau sekitar 4 gelas kopi per hari. Lebih dari itu sudah termasuk kategori yang membahayakan. 
Sedangkan untuk orang yang kondisi pencernaannya sensitif atau mempunyai penyakit maag dan asam lambung, takaran yang sempurna sekitar 100-200 mg per hari nya atau sekitar 1-2 gelas sehari. 


Karena kopi bisa membuat kondisi cincin kerongkongan kepingan bawah menjadi rileks sehingga memungkinkan asam lambung naik sampai tenggorokan. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi tidak nyaman bahkan bisa membuat komplikasi.


Dari manfaat kopi yang sudah dijelaskan diatas, tampaknya semakin banyak kopi yang diminum semakin terlindungi pula kita dari inflamasi yang mengakibatkan penyakit-penyakit kronis. Namun, perlu diketahui kondisi organ pencernaan kita. Apakah kondusif untuk mengkonsumsi lebih dari 4 gelas dalam sehari? 

Karena reaksi metabolimse terhadap kopi berbeda-beda. Untuk perokok, reaksi metabolismenya akan meningkat sampai dua kali lipat dibandingkan dengan yang bukan perokok. 
Jadi sebaiknya untuk memulai rutin minum kopi tiap harinya, kita bisa memulai dengan 1-2 gelas tiap harinya biar tidak mengganggu sistem pencernaan. Serta menghindari imbas jelek kopi ibarat sakit kepala, susah tidur, gugup, gelisah, sering buang air kecil, perut tak nyaman dan gangguan kesehatan lainnya.


Waktu yang sempurna untuk menikmati secangkir kopi yaitu di pagi hari sekitar pukul 9.15 sampai pukul 11.00 dan siang hari menjelang sore sekitar pukul 14.15 sampai 15.00. 


Mengapa kita harus minum di jam-jam tersebut? 


Karena di jam-jam tersebut biasanya kita merasa mengantuk dan butuh komplemen tenaga ekstra. 
Usahakan untuk tidak menambahkan apa-apa di kopi Anda biar tetap sehat ketika masuk kedalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin mencoba menikmati nikmatnya menyeruput kopi.


terima kasih.


referensi : 

tirto.id
Alodokter.com
alodokter.com
klikdokter.com
klikdokter.com
loop.co.id