Cara Menghilangkan Bekas Nanah Dengan Masker Tomat Dalam 15 Menit

Masa remaja identik dengan pubertas dan perubahan hormon dalam tubuh. Efek yang paling sering terjadi selain mood atau suasana hati yang labil ialah munculnya jerawat pada wajah yang membandel. Jerawat yang muncul sangat menganggu dan sanggup menciptakan stress apalagi kalau dialami oleh remaja atau orang cukup umur yang sangat memperhatikan penampilan.


Penyebab Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, antara lain produksi minyak yang berlebih, terlalu usang terpapar sinar matahari dan debu, pori-pori yang membesar, kulit mati yang tidak dibersihkan dan masakan yang mengandung lemak. Salah satu yang palin umum adalah debu yang melekat dan kulit yang terlalu usang terpapar sinar matahari karena kaitannya dengan aktifitas sehari-hari. Sebenarnya hal ini merupakan situasi yang masuk akal lantaran remaja lebih banyak beraktifitas diluar ruangan. Jerawat bekerjsama tidak hanya menyerang pada ketika memasuki masa remaja, para orang cukup umur pun tidak luput dari serangan jerawat. Jika jerawat sudah muncul ingin rasanya segera dihilangkan. Namun perlu berhati-hati dalam menghilangkan jerawat jangan hingga menggunakan cara yang salah, alih-alih jerawat hilang malah tumbuh noda hitam atau flek hitam

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan terkait dengan persoalan jerawat, yaitu :

  1. Jangan pernah memencet jerawatJika jerawat banyak muncul diwajah, terkadang susah rasanya menahan tangan ingin memencet semua jerawat semoga segera hilang. Sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Karena jerawat yang dipencet akan meninggalkan luka atau jerawat yang menimbulkan noda hitam atau flek hitam yang malah memperburuk kondisi wajah.
  2. Hindari terlalu sering kontak secara eksklusif dengan sinar matahari dan debu. Untuk mengurangi pertumbuhan jerawat diwajah, perlu diperhatikan kebiasaan atau hal-hal yang dilakukan sehari-hari ibarat penggunaan masker ketika keluar rumah. Selain untuk menghindari debu, masker ini juga menghindari kontak eksklusif dengan sinar matahari yang merusak kulit wajah. Dengan mengurangi intensitas kontak fisik dengan sinar matahari dan bubuk secara otomatis mengurangi banyaknya bubuk yang melekat di wajah yang menjadi penyebab jerawat.
  3. Bersihkan muka secara teratur dan sering. Untuk menghindari jerawat, kebersihan wajah harus diperhatikan. Jangan pernah malas untuk membersihkan wajah. Wajah yang dibersihkan secara teratur akan terhindar dari minyak dan sel kulit mati serta kotoran yang menumpuk. Usahakan untuk membersihkan wajah dengan cairan pembersih alami minimal dua kali dalam sehari.

Bekas Jerawat

Setelah jerawat hilang, biasanya muncul persoalan gres di wajah ibarat bekas jerawat berupa noda hitam atau flek hitam. Untuk bekas jerawat sanggup diatasi dengan memakai tomat yang dipakai sebagai masker pada wajah. Tomat yang dipakai sebagai masker sangat ampuh menghilangkan bekas jerawat dan menghalangi munculnya jerawat-jerawat baru. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat berperan sebagai antioksidan yang ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain itu, vitamin C juga ampuh dalam membunuh basil dan kuman pada wajah. Kandungan kolagen dalam tomat juga diharapkan oleh kulit untuk meregenerasi sel kulit. 

Cara menciptakan masker tomat :

  • siapkan buah tomat yang masih segar 1-2 buah
  • cuci tomat hingga higienis untuk menghilangkan pestisida yang masih melekat pada tomat
  • potonglah tomat menjadi beberapa bagian
  • tempelkan tomat secara merata pada wajah dan area sekitar leher
  • diamkan selama 10 – 15 menit
  • bilas memakai handuk lembap yang bersih
Masker tomat sanggup dipakai sesering mungkin atau setiap hari lantaran merupakan materi alami sehingga tidak mengakibatkan efek samping yang berbahaya untuk wajah. Namun kalau dirasa jerawat maupun bekas jerawat masih membandel sebaiknya segera menghubungi pakar kesehatan dan kecantikan kulit untuk penanganan lebih lanjut.

semoga bermanfaat.

referensi ;
cantikmoo.com
manfaat.co