Cara Menentukan Madu Orisinil Biar Menerima Manfaat Madu Yang Sesungguhnya

Cara Memilih Madu Asli

Madu yaitu cairan kental yang dihasilkan oleh lebah atau serangga lainnya dari nektar bunga. Madu ini terbilang istimewa lantaran disebutkan juga dalam al-qur’an dan hadist. Selain lantaran rasanya yang manis, madu ini termasuk obat yang ampuh bagi beberapa penyakit. Tak heran bila madu ini dijadikan alternatif pengganti gula. Selain manis juga kondusif lantaran manisnya merupakan manis alami.

Berbicara mengenai madu, madu ini mengandung banyak zat zat baik yang anggun untuk kesehatan tubuh. Manfaat madu ini pun sanggup :

Manfaat Madu

1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu kaya akan flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan yang bisa membantu menurunkan resiko timbulnya  beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

2. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Menurut director of the Honey Research Unit at the University of Waikato in New Zealand, Peter Molan. “Semua jenis madu merupakan anti basil lantaran lebah menambahkan enzim yang bisa menciptakan hydrogen peroksida.”

Hydrogen peroksida merupakan cairan yang lebih kental dari air yang bisa juga  berfungsi sebagai desinfektan alami.

3.  Mengatasi Ulcer dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Ulcer atau peptic ulcer yang biasa disebut juga tukak lambung merupakan keadaan dimana lambung seseorang mengalami luka atau borok. Dikutip dari realfoodforlife, sebuah riset menunjukan, pengobatan memakai madu sanggup mengurangi resiko peptic ulcer dan gangguan pencernaan lain yang disebabkan oleh bakteri. Manfaat ini berkaitan dengan manfaat madu sebelumnya, yaitu sebagai anti bakteri.

Baca Juga : Belum Tahu kan Manfaat Lidah Buaya ? Boleh Cek Kedahsyatannya !!

4. Meningkatkan Performa Atletis

Zaman dahulu para atlit olimpiade akan memakan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan performa mereka. Sebuah studi modern sudah memverifikasi kebenaran manfaat madu yang satu ini. Dalam studi nya menunjukan bahwa madu bisa mempertahankan kadar glikogen secara superior dan bisa memulihkan lebih cepat daripada komplemen lain.

5. Mengurangi Iritasi Tenggorokan dan Batuk

Madu bisa membantu mengurangi batuk. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 110 anak menunjukan, madu (terutama soba madu) bisa meredakan batuk di malam hari dan menciptakan anak tidur lebih lelap. Ini lantaran satu sendok soba madu sama dengan takaran tunggal dekstrometorfan.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Nektar yang manis mengandung antioksidan yang bisa mengurangi resiko kerusakan sel pada otak.  Sebuah studi yang di publish pada 2011 dalam menopause menunjukan, perempuan menopause yang mengkonsumsi madu cenderung mempunyai ingatan jangka pendek lebih tajam daripada mereka yang konsumsi pil hormon.Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan dengan konsumsi 20 gram madu malaysia setiap harinya.

Menurut Dr. Matthew Brennecke (dokter yang bersertifikat naturopati di Rocky Mountain Wellness Center di Fort Collins), Madu mempunyai kemampuan untuk membantu badan menyerap kalsium dan ini baik untuk kesehatan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk proses berpikir dan pengambilan keputusan.

7. Mengobati Luka dan Luka Bakar

Madu mengandung antibiotik alami yang baik secara internal maupun external. Sebuah penelitian pada tahun 2005 yang di publish di British Journal of Surgery menunjukan salah satu pasien yang menderita luka dan borok kaki mengalami peningkatan penyembuhan yang luar biasa sesudah menerapkan aplikasi topikal madu.

Sebenarnya manfaat madu ini berbagai namun hanya tujuh yang diatas yang bisa di infokan disini. Saya yakin manfaat madu lebih dari ini, kenapa? Karena madu ini tertulis dalam al-qur’an. Pasti banyak manfaat baik bagi kehidupan.

Madu umtuk Penderita Diabetes, Amankah?

Mengenai apakah madu kondusif untuk penderita diabetes ini masih menjadi sebuah perdebatan. Ada dokter yang menyampaikan ini aman, adapula yang menyampaikan tidak kondusif lantaran sama saja merupakan gula. Untuk problem ini, sebaiknya penderita berkonsultasi dengan dokter yang menjadi kepercayaan Anda.

Tidak mengherankan ada yang beropini tidak kondusif lantaran belakangan ini banyak madu palsu yang beredar. Biaa jadi itu menjadi salah satu kekhawatiran. Kita menganggap madu yang kita konsumsi alami padahal madu itu bisa saja palsu. Itu sangat membahayakan bukan?

Untuk itu kita perlu tahu cara membedakan madu orisinil dan madu palsu. Agar bisa menerima manfaat dari madu yang kita konsumsi.

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Untuk membedakan madu orisinil dan madu palsu ini ada beberapa cara, berikut cara yang bisa dilakukan untuk membedakan madu orisinil dan madu palsu :

Cara pertama : Menguji madu dengan cara memperabukan madu

Anda cukup siapkan lilin dan sendok untuk melaksanakan pengujian. Caranya yaitu tuang madu ke sendok kemudian bakar madu tersebut diatas lilin yang menyala.

Setelah beberapa ketika madu orisinil akan mengeluarkan gelembung-gelembung dan madu akan tumpah sedangkan madu palsu ketika dibakar akan mengeluarkan buih yang banyak namun tidak tumpah. Dilihat dari warnanya pun madu orisinil akan usang terbakar dan madu palsu akan lebih cepat terbakar dan gosong.

Cara Kedua : Menguji madu memakai kertas koran yang sudah tidak terpakai

Caranya sangat mudah. Anda hanya harus menuangkan satu sendok kecil madu keatas koran.

  • jika madu tersebut orisinil maka madu akan cenderung menggumpal dan tidak ada cairan merembes ke koran.
  • jika madu tersebut palsu maka madu tersebut akan menyerap ke dalam koran bahkan kalau didiamkan madu palsu akan menciptakan koran gampang sobek. Hal tersebut teejadi lantaran madu palsu mengandung gabungan air.

Cara Ketiga : Menguji madu dengan korek api

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkan batang korek api ke dalam madu.

  • Bila madu tersebut orisinil maka batang korek api akan menyala ketika digesekan ke korek.
  • Bila madu tersebut palsu maka batang korek api tidak akan menyala ketika digesekan ke korek. Ini lantaran madu palsu mengandung air.

Cara Keempat : Menguji madu dengan air

Ketika kita mencampurkan madu ke dalam air kemudian mengaduknya, yang terjadi ialah madu tidak bercampur dengan air, malahan madu tersebut menggumpal. Hal itu menunjukan madu tersebut asli.

Namun pada madu palsu yang teejadi ialah madu akan bercampur dengan air dan mengubah warna air menjadi keruh.

Cara Kelima : Mencampur madu dengan telur

Cara kelima atau terakhir yang sanggup kita lakukan yaitu mencampur madu dengan telur. Sebelumnya pisahkan dahulu kuning telur dari putihnya. Kemudian masukan kuning telur ke dalam gelas dan campur dengan madu kemudian di aduk memakai sendok.

  • Jika kuning telur tersebut terlihat mengkristal maka madu tersebut ialah asli. Namun
  • Jika kuning telur tidak mengkristal maka dipastikan madu tersebut palsu.

Proses pengkristalan kuning telur terjadi lantaran madu mengandung asam sedangkan telur mengandung protein yang akan menggumpal kalau terkena asam.

Baca Juga : Sehebat Itukah Manfaat Jeruk Nipis?

Kalian bisa pilih salah satu cara atau memakai dua cara dari lima diatas untuk memastikan madu yang kita konsumsi yaitu madu asli.

Menurut pelaku yang memproduksi madu palsu, bukan hanya gula dan komplemen buatan yang di gunakan dalam pembuatannya namun mereka juga memakai pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan.

Pewarna dan pengawet ini berbahaya kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih, pengawet dan pewarna non food grade mengandung zat karsinogenik yang sanggup mengakibatkan kanker ataupun penyakit lainnya.

Semoga info ini sanggup membantu Anda. Tidak perlu di share kecuali bermanfaat.

Referensi : realfoodforlife, medicaldaily, gosip islami masa sekarang (transtv)