Cara Mencuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Mencuci tangan merupakan suatu acara yang dianggap sebagian besar orang yakni suatu pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang acara itu seringkali diabaikan. Mencuci tangan merupakan suatu acara yang ringan dilakukan, akan tapi mempunyai efek dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan yakni proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan memakai sabun  biasa dan air.  Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kuman dan basil yang melekat pada tangan, jari, serta kuku-kuku kita. Tangan merupakan salah satu biro utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit, ke mulut, hidung dan anggota badan lainnya. Bisa melalui makanan dan minuman atau benda-benda yang melekat ditangan kita baik secara sengaja atau tidak sengaja. Selain untuk diri sendiri tangan juga sebagai sumber penyaluran kuman dari satu orang ke orang lainnya. Agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda sebaiknya mengetahui bagaimana teknik mencuci tangan yang benar.
Adapun tata cara mencuci tangan yang baik dan benar sebagai berikut:

0. Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.

1. Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. Akan lebih baik kalau sabun mengandung antiseptik.
2. Gosokkan kedua telapak tangan pecahan atas.

3. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya) dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara ajun dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.

4. Gosok sela-sela jari sampai bersih.

5. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.

6. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

7. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

8. Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.

9. Keringkan tanggan memakai Tissue atau handuk tunggal

10. Gunakan tissue atau handuk untuk mematikan keran

11. Tangan anda kini kondusif dan bersih

Mengeringkan tangan dengan tissue atau handuk tunggal lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan memakai mesin pengering tangan yang umum ada di mal. Karena mesin pengering tangan yang digunakan secara umum menampung banyak basil yang sanggup menularkan ke orang lain.