Cara Kondusif Hidup Sehat Dengan Sarapan Pagi Setiap Hari

Sejak kecil hampir semua orang mengalami paksaan dari orang renta untuk mengkonsumsi sarapan pagi. Sepele memang urusan sarapan ini, namun berdasarkan ilmu kesehatan, sarapan pagi justru sangat baik untuk tubuh. Bahkan untuk orang yang sedang berdiet, justru sarapan pagi merupakan rutinitas yang mendukung dalam aktivitas penurunan berat badan. Selain kuat dalam keberhasilan penurunan berat badan, sarapan juga memiliki banyak manfaat untuk menunjang performa harian seseorang. 


Sarapan meningkatkan performa di sekolah dan daerah kerja

Bagi para pekerja kantoran atau anak sekolah, sarapan sangat penting sekali. Karena dengan sarapan, nutrisi yang diharapkan oleh otak terpenuhi. Dengan terpenuhinya nutrisi otak, otomatis performa ditempat kerja atau sekolah akan meningkat. Penelitian mengambarkan para pekerja atau siswa yang tidak sarapan, performanya menurun. Penyebabnya, tidak adanya nutrisi yang diharapkan otak untuk beraktifitas sehingga susah berkonsentrasi dan gampang lemas. Aktifitas otak menyerupai bekerja atau mendapatkan pelajaran membutuhkan nutrisi biar pekerjaan sanggup terselesaikan dan pelajaran sanggup diterima dengan baik. 

Sarapan mendukung aktivitas diet

Karena dengan sarapan perut  tidak akan merasa kelaparan di jam-jam krusial sekitar pukul 09.00 – 10.00. Biasanya jikalau seseorang menghindari sarapan, pada jam-jam tersebut perut akan terasa lapar dan memaksa untuk mengemil. Hal ini yang menciptakan seseorang gemuk. Jika sebelumnya seseorang menyantap sarapan, akan lebih gampang menahan lapar sampai waktunya makan siang. Hal ini didukung oleh banyak sekali penelitian bahwa sarapan terbukti ampuh menurunkan berat badan dibandingkan yang tidak bersarapan.

Sarapan bisa menghindarkan diri dari penyakit

Dengan rutin bersarapan pagi, bisa menurunkan resiko terkena kencing anggun dan penyakit jantung. Karena dengan bersarapan pagi, tubuh bisa mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Sarapan yang harus dikonsumsi pagi hari dilarang sembarangan, alasannya yaitu bukan sehat yang didapat, melainkan embel-embel lemak didalam tubuh bahkan bisa menciptakan rasa kantuk menyerang pada ketika berada di kantor atau sekolah. 

Maka dari itu, sarapan yang perlu dinikmati di pagi hari yaitu sarapan yang sehat. Hindari sarapan dengan sereal batangan rendah kalori dan roti tawar putih. Karena kedua makan itu yaitu karbohidrat olahan yang jelek untuk tubuh.

Sebaiknya konsumsi makanan yang terdiri dari kombinasi sayuran dan buah-buahan, oatmeal dengan buah-buah atau kacang-kacangan. Bisa juga susu rendah lemak dengan pisang. Yoghurt rendah lemak atau susu coklat juga baik untuk sarapan. Untuk kombinasinya bisa diadaptasi dengan selera masing-masing.

Sangat baik membiasakan sarapan mulai dari kini alasannya yaitu rutin sarapan pagi merupakan salah satu kebiasaan hidup sehat. 

Semoga bermanfaat.

referensi : 
klikdokter.com
alodokter.com