Cara Gampang Menjaga Kesehatan Jasmani Jangka Panjang Dengan Telur Setiap Hari

Di beberapa negara barat menyerupai Inggris dan Amerika, telur menjadi masakan yang wajib. Hampir setiap harinya mereka mengkonsumsi si kecil bulat ini. Biasanya dikonsumsi untuk sarapan dengan direbus atau dibuat omelet. Kebiasaan ini sangat baik alasannya dengan teratur mengkonsumsi telur setiap hari membantu badan terjaga kesehatannyaNamun yang perlu diperhatikan yakni telur ayam rebus untuk sarapan bukan digoreng atau dibuat sambal goreng. Dengan rutin mengkonsumsi telur rebus setiap hari badan kita akan mendapat manfaat yang sangat besar.



1. Berkhasiat Untuk Kesehatan Rambut

Seperti yang kita tahu bahwa telur merupakan sumber protein. Protein dalam telur diharapkan oleh badan dalam pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Sel-sel badan menyerupai otot dan rambut dibuat oleh protein yang dikonsumsi oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi telur setiap hari secara rutin sanggup membantu badan menjaga kesehatan pertumbuhan sel-sel badan yang baru. Selain dikonsumsi dengan direbus terlebih dahulu, telur juga bisa dipakai sebagai masker rambut agar rambut terlihat lebih indah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Didalam satu butir telur mengandung antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin dan vitamin A. Vitamin A dipercaya bisa menjaga kesehatan mata supaya mata lebih tajam dan terlindungi dari paparan udara dan sinar matahari. Sedangkan antioksidan lutein dan zeaxanthin bertugas memperbaiki kerusakan retina mata serta menghindarkan mata dari rabun jauh dan dekat. Dengan kebiasaan mengkonsumsi telur rebus setiap harinya juga mampu menurunkan resiko mata terkena penyakit katarak.

3. Mampu Menutrisi Otak

Dalam fungsinya sebagai sentra kontrol dalam tubuh, otak membutuhkan nutrisi dari masakan yang kita konsumsi, menyerupai telur contohnya. Dalam telur mengandung sekitar 100 gram kolin (choline), yaitu zat yang bisa menutrisi otak dan bertugas sebagai penunjang kerja dan pembangun di dalam otak. Kebiasaan mengkonsumsi telur rebus setiap hari bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan otak dalam jangka panjang.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain vitamin A, lutin, zeaxanthin dan kolin, didalam telur juga terdapat vitamin Omega-3. Omega-3 berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dengan menekan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Dengan berkurangnya kolesterol jahat dalam darah menciptakan jantung kondusif dan terjaga.

5. Mencegah Penuaan Dini

Selain berguna untuk kesehatan dalam tubuh, mengkonsumsi telur juga berguna untuk menjaga kesehatan diluar badan yaitu kesehatan kulit. Dalam telur mengandung kolagen dan elastin yang biasanya juga terdapat pada alat-alat kosmetik untuk perawatan kulit. Kolagen dan elastin bisa menjaga kekencangan, kelembaban dan kelembutan kulit sehingga mencegah timbulnya penuaan dini.

6. Membuat Kuku Kelihatan Lebih Bersinar

Selain mineral dan vitamin yang sudah disebutkan diatas, didalam telur juga terdapat vitamin D, asam amino, zat besi dan zinc. Mineral-mineral ini tidak diketahui oleh kebanyakan orang mampu menjaga kesehatan kuku dan menciptakan kuku lebih bersinar. 

Jadi dengan banyaknya kandungan didalam sebuah telur bisa menjaga kesehatan jasmani kita luar dan dalam. Jika dikonsumsi secara teratur setiap harinya akan memperlihatkan manfaat kesehatan untuk jangka panjang. Sebaiknya konsumsi satu butir telur rebus setiap harinya diwaktu sarapan sebagai penangkal penyakit-penyakit kronis.

Semoga bermanfaat,

referensi : 
klikdokter.com
manfaat.co.id