Cara Ampuh Menghindari Wasir Atau Ambeien

Seringkali insan tidak sadar sudah melaksanakan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat dan berefek jelek bagi tubuh. Jika kebiasaan-kebiasaan ini sering dan terus dilakukan sanggup berefek jelek bahkan berakibat fatal terhadap tubuh. 

Salah satu misalnya ialah kebiasaan membawa ponsel, koran, majalah atau novel pada ketika buang air besar atau BAB. Kebiasaan ini memang terlihat sederhana dan terkesan biasa saja, namun kalau dilakukan terus menerus akan menjadikan imbas jelek yaitu munculnya ambeien atau wasir. Kemunculan wasir atau ambeien akan lebih cepat kalau acara buang air besar dilakukan memakai toilet duduk. 

Efek Buruk Toilet Duduk

Toilet duduk memang produk kehidupan modern menggantikan toilet jongkok. Namun dari segi kesehatan, toilet jongkok sangat sehat untuk digunakan alasannya ialah bisa mengurangi atau menghindarkan dari mengejan. Dengan buang air besar memakai toilet jongkok memudahkan otot anal mengeluarkan feses secara alami sehingga menghindari terjadinya peradangan pada pembuluh vena yang memicu timbulnya wasir. Jika memakai toilet duduk yang terjadi ialah sebaliknya. Otot anal dipaksa untuk mengejan alasannya ialah kehilangan kemampuannya dalam mengeluarkan feses sehingga terjadi peradangan dan memicu wasir.

Kebiasaan Buruk Saat BAB

Terkadang beberapa orang memanfaatkan waktu buang air besar dengan membaca koran atau majalah bahkan tidak jarang yang membawa ponsel. Kebiasaan yang satu ini dinilai sangat tidak sehat alasannya ialah mendukung dan mempercepat teciptanya wasir atau ambeien. Dengan membawa ponsel atau bacaan akan menciptakan acara buang air besar menjadi usang alasannya ialah perhatiannya terlalihkan. Buang air besar dengan toilet duduk saja sudah dinilai kurang sehat apalagi kalau dilakukan terlalu usang dan sering. Wasir atau ambeien tinggal menghitung hari untuk muncul.

Dua kebiasaan jelek diatas selain memicu munculnya wasir atau ambeien juga menjadikan penyakit pencernaan yang lain seperti,

  • Terkena resiko penumpukan kotoran pada usus alasannya ialah otot anal kehilangan kemampuan alaminya mengeluarkan feses sehingga masih menyisakan kotoran pada usus.
  • Beresiko tinggi terkena abuh akses kencing alasannya ialah kandung kemih tidak mengalami tekanan secara tepat sehingga air seni tidak sanggup dikeluarkan sepenuhnya menyerupai halnya ketika kencing dengan posisi berdiri. Hal ini akan memicu abuh akses kencing alasannya ialah terdapat endapan air kencing pada kandung kemih.
  • Menderita gangguan kesehatan pinggul yang muncul sebagai imbas dari kebanyakan mengejan dalam perjuangan mengeluarkan feses atau buang air besar dalam posisi duduk terlalu lama. 
  • Beresiko terkena penyakit menular menyerupai kanker serviks alasannya ialah toilet duduk yang tidak dibersihkan sehabis digunakan orang lain. Biasanya terjadi pada toilet-toilet umum.
  • Kelainan tulang belakang biasanya terjadi pada orang bau tanah atau manula alasannya ialah proses pembuangan feses terlalu usang dengan toilet duduk menciptakan tulang belakang terasa pegal dan menimbulkan kekuatan alami akses anal menjadi hilang sehingga feses tidak sanggup dikeluarkan.
  • Terkena stres alasannya ialah terlalu usang waktu yang diharapkan untuk mengeluarkan feses ditambah pula dengan adanya kemungkinan feses tidak sanggup keluar.

Mulai kini ada baiknya untuk merubah kebiasaan buang air besar dengan toilet duduk dengan toilet jongkok. JIka dinilai terlalu sulit untuk merubah kebiasaan buang air besar dengan toilet duduk, sanggup dirubah dengan menambahkan dingklik kecil menyerupai gambar dibawah ini.


Manfaat Toilet Jongkok

Banyak manfaat kesehatan organ pencernaan kalau proses buang air besar memakai toilet jongkok, antara lain :

  • Berkurangnya kembung, gas dan sembelit alasannya ialah feses sanggup dikeluarkan secara tepat sehingga tidak ada yang tertinggal di dalam usus.
  • Menurunkan resiko terkena wasir proses pengeluaran feses tidak membutuhkan waktu yang usang dan mengejan.
  • Kesehatan usus besar terjaga dengan baik alasannya ialah semua sisa hasil pencernaan sanggup dikeluarkan secara tepat melalui BAB.
  • Kontrol terhadap otot panggul dan kandung kemih bisa lebih baik alasannya ialah kemampuan alami otot anal bisa bekerja dengan baik.
  • Membuat proses BAB lebih cepat dan menurunkan ketegangan otot pembuangan serta menghindari stres.

Mulailah membiasakan diri buang air besar dengan dengan memakai toilet jongkok untuk kesehatan pencernaan dan terhindar dari penyakit menular mematikan.

Semoga bermanfaat.


referensi : 
health.detik.co
makasar.tribunnews.com
halosehat.com