Cara Alami Untuk Menyembuhkan Gigi Bergoyang

Gigi longgar atau goyang ialah dilema kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang. Gangguan ini terkadang juga mensugesti tulang penopang gigi. Secara medis kondisi ini disebut sebagai periodontum. Gigi bergoyang terjadi lantaran jaringan fibrosa yang menghubungkan gigi dengan tulang menjadi lunak dan rapuh.

Gigi longgar atau goyang ialah dilema kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang Cara Alami untuk Menyembuhkan Gigi Bergoyang

Adapun penyebab gigi goyang biasanya menggosok gigi terlalu keras, membersihkan gusi secara berlebihan, pengobatan pada infeksi gigi, infeksi basil pada gusi dan sanggup juga lantaran keturunan dari keluarga. Sedangkan tanda-tanda gigi goyang biasanya ketika makan terasa tidak nyaman, sakit gigi, gusi bengkak, dll. Lalu bagaimana cara menyembuhkan gigi goyang secara alami?

Cara & Obat Alami untuk Sembuhkan Gigi Goyang

  • Alat Pembersih Mulut yang Higienis 

Untuk mencegah infeksi basil yang sanggup menjadikan gigi goyang, selalu gunakan alat pembersih verbal dan gigi yang steril. Lakukan dua kali sehari.

  • Lada Hitam dan Kunyit

Lada hitam dan kunyit membantu dalam menguatkan gusi dan mencegah gigi goyang. Buatlah pasta dari abu merica dan kunyit. Lalu pijatkan secara lembut pada gusi Anda. Diamkan selama 30 menit. Cara ini juga berguna untuk meredakan radang gusi.

  • Garam dan Mustard Oil

Ramuan ini bemanfaat untuk memperkuat gusi. Campurkan satu sendok teh garam dengan sedikit minyak mustard, kemudian oleskan pada gusi Anda dengan disertai pijatan lembut. Cara ini ialah salah satu pengobatan alami untuk memperkuat gigi longgar.

  • Amla

Buah amla kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan gusi dan jaringan yang menempel pada gigi. Selain itu, Amla juga berguna untuk mencegah dan menyembuhkan gigi goyang. Caranya, berkumurlah beberapa ketika memakai jus amla beberapa kali sehari.

  • Garam

Larutkan garam dalam segelas air dan bilas verbal Anda larutan tersebut. Tips ini sangat efektif membunuh semua infeksi dalam verbal lantaran garam mempunyai sifat antiseptik. Tidak hanya itu, garam juga berguna untuk memperkuat gusi dan mencegah gigi bergoyang.

  • Makanan Berkuah

Ketika mengalami gigi bergoyang, hindari mengkonsumsi masakan dengan tekstur yang keras. Usahakan untuk menentukan masakan yang berkuah, menyerupai sayur bayam. Cara ini sanggup mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi dan gusi.

  • Peppermint Oil

Minyak Peppermint membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan gusi. Pijat gusi Anda secara lembut dengan minyak peppermint untuk mengobati gigi bergoyang. Selain aman, resep ini sangat efektif menyembuhkan infeksi mulut, termasuk gigi bergoyang.

  • Sayuran Hijau

Cara lain untuk mengobati gigi bergoyang secara alami yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Sayur mayur berguna untuk meningkatkan kekebalan badan sehingga berguna untuk melawan infeksi.

  • Hindari Buah-Buahan Asam

Asupan buah-buahan asam secara hiperbola menyerupai lemon sanggup merusak enamel gigi dan memperkuat akar gigi sehingga sanggup mencegah dan menyembuhkan gigi goyang.

  • Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh terbukti sangat mujarab dalam meredakan nyeri gigi dan radang gusi. Selain itu, minyak cengkeh juga bemanfaat untuk memperkuat gusi. Pijat gusi memakai minyak cengkeh untuk meredakan peradangan dan nyeri secara alami.

  • Probiotik

Probiotik meningkatkan pertumbuhan dan populasi basil baik di dalam usus. Pada gilirannya, basil baik tersebut membantu untuk melawan dengan infeksi yang disebabkan oleh basil berbahaya dengan meningkatkan sistem kekebalan badan Anda. Adapun sumber probiotik yaitu yoghurt.

  • Hindari Pemutih Gigi

Pemutih gigi biasanya mengandung zat pemutih yang merusak enamel dan akar gigi. Bahkan, kandungan kimia di dalamnya juga melemahkan jaringan yang menempel gigi dengan tulang. Oleh lantaran itu, untuk mencegah gigi bergoyang, sebaiknya hindari pemakaian pasta atau obat pemutih gigi. (mfb/bs)