Cara Alami Turunkan Resiko Diabetes Type 2 Dengan Minyak Zaitun

Anda niscaya sudah tidak asing dengan yang namanya Minyak Zaitun atau Olive Oil. Minyak yang satu ini memang ajaib. Kenapa bisa ajaib? Karena minyak zaitun selain banyak dipakai dalam produk-produk kecantikan dan perawatan rambut, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Bahkan bisa menurunkan resiko terkena diabetes hingga 50 persen.




Minyak zaitun ini memang benar-benar sehat dan banyak mengandung manfaat untuk tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sebelum membahas wacana kandungan sehat minyak zaitun ada baiknya kita mengetahui siapa bahwasanya minyak zaitun. 

Asal Usul Minyak Zaitun

Tanaman zaitun merupakan flora dengan tipe survivor, sebab bisa hidup di tempat atau lahan yang gersang. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Mediterania menyerupai Maroko, Spanyol, Perancis dan Italia. Tanaman zaitun biasanya berbunga di isu terkini semi dan buahnya sudah bisa dipanen pada tamat isu terkini gugur hingga dengan isu terkini dingin. Buah zaitun yang masih mentah biasanya berwarna hijau terang dan akan bermetamorfosis ungu kehitaman jikalau sudah matang. Dari buah zaitun inilah minyak zaitun didapatkan dengan cara diekstrak.

Kandungan Minyak Zaitun

Setelah kita mengetahui dari mana minyak zaitun berasal, kini kita akan membahas kandungan dalam minyak zaitun yang bermanfaat untuk tubuh. Anda niscaya pernah membeli produk kosmetik atau perawatan kulit kan? Tidak jarang ditemui dalam komposisinya terdapat minyak zaitun kan?

Karena minyak zaitun mempunyai manfaat yang besar untuk kulit, wajah bahkan rambut. Minyak zaitun mempunyai kandungan vitamin E, Monoun Saturated dan Asam Linoleat yang mempunyai kegunaan bagi kulit. Vitamin E dan Monoun Linoleat berguna dalam proses peremajaan kulit, menjaga kelembaban kulit dan menjaga kelenturan kulit. Sedangkan Asam Linoleat ada didalam vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang mempunyai kegunaan dalam melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan kanker dan penuaan dini

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, minyak zaitun atau olive oil juga dipakai dalam produk perawatan rambut, misalnya dalam pembuatan pomade atau minyak rambut pria. Karena selain kandungan-kandungan yang baik untuk kulit, minyak zaitun juga mempunyai kandungan-kandungan yang baik untuk rambut, antara lain : Biotin, Niacin, Vitamin E dan D yang mampu mencegah terciptanya hormon DHT (dihidrotestosteron) yang terbentuk di batang rambut yang menimbulkan rambut simpel rontok. 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Diabetes

Selain mencegah rambut rontok, kandungan dalam minyak zaitun juga bisa mengatasi rambut mengembang yang kering, mengatasi rambut rusak serta mencegah jamur dan bakteri. Itulah beberapa alasan mengapa produk kecantikan dan perawatan memakai minyak zaitun sebagai materi bakunya.

Lalu bagaimana dengan penderita diabetes? Apa keuntungannya mengkonsumsi minyak zaitun bagi penderita diabetes?

Diabetes merupakan penyakit degeneratif yang sangat berbahayaPenyakit ini menciptakan penderitanya mempunyai kadar gula yang tinggi sebab terjadi gangguan pada sistem metabolisme glukosa. Kondisi ini menimbulkan zat insulin tidak bisa merubah kadar gula darah menjadi sumber tenaga. Dalam minyak zaitun ditemukan kandungan Squalene, yaitu senyawa yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes militus atau kencing manis. Squalene merupakan materi baku pembuatan hormon insulin dan juga berfungsi sebagai penguat dan memperbaiki kelenjar pankreas

Dengan fungsinya yang menyerupai ini, sanggup disimpulkan bahwa olive oil atau minyak zaitun bisa dipakai untuk membantu penyembuhan diabetes. Berdasarkan penelitian American Diabetes Association (ADA), mereka mengeluarkan pernyataan bahwa sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes untuk mengganti asupan lemak menyerupai mentega, margarin atau minyak goreng dengan minyak zaitun. Pada prinsipnya, para penderita diabetes sangat membutuhkan lemak sehat untuk meningkatkan metabolisme harian tubuh merekaMereka membutuhkan lemak sehat tak jenuh berantai tunggal, salah satunya yaitu minyak zaitun.

Berikut beberapa khasiat minyak zaitun untuk penderita diabetes, antara lain :

  • Menurunkan Kadar Trigliserida. Minyak zaitun bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh yang merupakan penyebab meningkatnya resiko penyakit jantung.
  • Mencegah Resistensi Insulin. Minyak zaitun dipercaya sanggup meningkatkan hormon adiponektin, hormon yang diproduksi dan disekresikan oleh sel-sel lemak (adipocytes). Hormon ini berperan dalam mengatur gula dan metabolisme lemak, mencegah resistensi insulin dan mempunyai dampak anti-inflamasi pada sel-sel yang melapisi dinding pembuluh darah.
  • Minyak Zaitun Mencegah Diabetes Type 2. Para penderita diabetes type 2 sangat dianjurkan untuk melaksanakan diet rendah lemak untuk menghindari atau mencegah komplikasi menyerupai penyakit jantung dan stroke. Selain itu, dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin sanggup mengurangi resiko diabetes type 2 hingga 50% dibandingkan diet rendak lemak lainnya.

Cara Mencegah dan Mengurangi Diabetes dengan Minyak Zaitun

Cara yang simpel untuk mengobati diabetes atau mengurangi resikonya yaitu dengan mengganti minyak goreng yang biasa Anda gunakan dengan minyak zaitun. Makanan yang diolah dengan minyak zaitun mengakibatkan masakan tersebut lebih sehat dan memiliki gambaran rasa yang khasSelain itu, makanan yang diolah dengan memakai minyak zaitun bisa memperlihatkan nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh para penderita diabetes. 

Selain dikonsumsi dengan cara dimasak bersama materi makanan, minyak zaitun juga bisa di konsumsi langsung 2 sendok sebelum dan sehabis berdiri tidurCara ini dipercaya bisa menurunkan berat tubuh dan kadar gula dalam darah. Reaksinya akan terlihat setelah 1-3 hari konsumsi. Atau Anda bisa mencampurkannya dengan salad sayuran, jikalau dirasa aneh untuk mengkonsumsi langsung.

Begitulah sekelumit wacana olive oil atau minyak zaitun yang bermanfaat untuk kulit, rambut dan juga bagi penderita diabetes.

semoga bermanfaat.


referensi :
obatpembersihrahimampuh.web.id
diabetics1.com