Cara Alami Menyembuhkan Sariawan & Benjol Bibir

Sariawan atau infeksi bibir memang terasa menyakitkan dan terkadang sanggup berdarah-darah. Hal itu terjadi disebabkan oleh stres dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sariawan juga sanggup disebabkan oleh lantaran infeksi virus (virus herpes), kekurangan vitamin B12, zat besi, seng, asam folat, alergi masakan dan zat kimia serta infeksi jamur.

Infeksi bibir yang disebabkan oleh herpes biasanya sanggup kambuh dan sangat menular. Sudah menjadi hal lazim jikalau sariawan dan infeksi bibir mengakibatkan rasa sakit yang jago dan terasa sulit untuk berbicara maupun makan. Berikut beberapa cara alami dan efektif untuk menyembuhkan sariawan dan infeksi bibir.

11 Cara Alami Mengobati Sariawan

  • Yogurt

Yogurt mengandung basil baik (probiotik) yang membantu dalam melawan infeksi bibir. Zat di dalamnya mempunyai sifat antiseptik dan membunuh infeksi yang mengakibatkan luka di bibir atau sariawan.

  • Berkumur dengan Air Garam

Cara ini membantu untuk membunuh basil penyebab infeksi lantaran garam bertindak sebagai antiseptik. Campur garam di air hangat suam dan berkumurlah dengan larutan tersebut. Selain efektif mengurangi rasa sakit dan infeksi, tips ini sangat ampuh untuk menyembuhkan sariawan secara seketika.

  • Bawang putih dan Bawang Merah

Dua jenis bawang tersebut juga sanggup dipakai untuk mengobati infeksi jamur pada bibir. Anda sanggup menggunakannya baik secara eksternal maupun internal. Buatlah pasta bawang merah dan bawang putih, kemudian oleskan pada bibir. Anda juga sanggup memasukkan kedua bawang itu ke dalam sajian makan harian Anda atau dibentuk untuk jus.

  • Susu

Cara lain mengatasi infeksi bibir ialah dengan memanfaatkan susu. Oleskan susu pada bibir sakit untuk meredakan nyeri. Tips ini juga ampuh untuk membunuh infeksi bibir dan meredakan peradangan.

  • Menjaga Kebersihan Diri

Tips ini sangatlah penting. Faktor utama munculnya sariawan umumnya dikarenakan kebersihan verbal yang kurang terawat. Oleh lantaran itu, sebaiknya jagalah kebersihan diri terutama verbal dengan cara menggosok gigi secara teratur biar jamur dan basil penyebab infeksi tidak berkembang. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda secara seimbang dan bergizi.

  • Zat Besi

Zat besi dalam masakan membantu dalam memerangi infeksi jamur pada bibir. Maka dari itu, cukupi zat besi denga mengkonsumsi masakan ibarat bayam, biji wijen, produk susu, jeroan, dll.

  • Air Putih

Selain mempunyai kegunaan untuk membuang racun dari tubuh, mencukupi kebutuhan air putih setiap hari juga sanggup menghilangkan infeksi dari tubuh, termasuk sariawan. Selain itu, tubuh Anda akan segar dan terbebas dari panas dalam.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat efektif dalam penyembuhan dari penyakit dan luka. Obati luka infeksi pada bibir dengan mengkonsumsi masakan yang mengandung vitamin C ibarat jeruk, stroberi, lemon, nanas, dll.

  • Hindari Menggigit Bibir

Perilaku menggigit bibir sanggup memperburuk infeksi pada bibir dan sariawan. Jika bibir Anda pecah-pecah dan lecet, maka potensi untuk terinfeksi akan besar dan sanggup memicu luka-luka di tempat lain.

  • Kunyit

Kunyit sangat ampuh untuk membunuh basil penyebab infeksi pada bibir lantaran mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-septik. Oleskan pasta kunyit pada bibir Anda untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan.

  • Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa pada bibir sanggup meredakan rasa sakit dan pembengkakan bibir yang disebabkan oleh jamur. Minyak kelapa juga mengandung zat yang disebut asam kaprilat yang bersifat membunuh jamur (candida).

Itu tadi beberapa tips sederhana untuk mengatasi infeksi bibir atau sariawan. Agar tidak terkena infeksi bakteri, alangkah baiknya jikalau Anda memperhatikan kebersihan diri serta menjaga teladan makan yang Anda konsumsi. (mfb/bs)