Cara Alami Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Bawang Putih

Osteoporosis menjadi mimpi jelek bagi setiap insan yang umurnya bergerak menuju lanjut usia. Gangguan pada tulang menyerupai osteoporosis biasanya dialami oleh para perempuan sehabis masa menopause dan pria pada usia lanjut. Kondisi tulang pada penderita osteoporosis mengalami kerapuhan sehingga tidak bisa menopang badan secara maksimal sehingga para penderitanya terlihat membungkuk. Gejala osteoporosis juga sanggup menimbulkan kelumpuhan alasannya yakni tulang sudah kehilangan kepadatannya.

Osteoporosis bukan penyakit yang seram alasannya yakni sanggup dihindari dengan mengubah rujukan hidup menjadi lebih sehat semenjak muda sebelum kepadatan tulang habis masanya. Banyak rujukan hidup yang sanggup dilakukan untuk menghindari osteoporosis  dimasa renta nanti seperti

1. Perbanyak konsumsi kuliner yang banyak mengandung vitamin D

Vitamin D dipercaya mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan tulang, mengurangi resiko penyakit auto-imun, menghindarkan penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes dll. Namun, menurut fakta, vitamin D bukanlah vitamin sepenuhnya melainkan pro hormon. Vitamin yakni nutrisi yang diperoleh badan dari kuliner atau embel-embel alasannya yakni tidak sanggup diproduksi oleh tubuh. Sedangkan, vitamin D bisa diproduksi oleh tubuh dengan cara menyerap sinar matahari pagi yang menyentuh kulit. Vitamin D juga disebut sebagai vitamin alasannya yakni vitamin D juga didapatkan dari makanan seperti minyak ikan kod, ikan laut, tahu tempe, susu kedelai, susu, hati sapi, jamur, udang dan tiram. 

2. Rutin berolahraga

Semua orang tahu bahwa olahraga banyak manfaatnya. Olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot, koordinasi serta keseimbangan tubuh. Dari semua manfaat olahraga tersebut membawa badan menuju kesehatan secara keseluruhan. Lakukan olahraga selama 15 menit setiap harinya. Kegiatan ini membantu melemaskan otot tulang dan menciptakan tulang menjadi lebih kuat. Sebaiknya dilakukan pagi hari dimana udara masih segar tanpa polusi kendaraan. Dengan otot tulang yang biasa digerakkan secara aktif sanggup menghindari resiko osteoporosis

3. Mengurangi konsumsi kopi dan minuman bersoda

Kopi menjadi minuman wajib di pagi hari. Kafein dalam kopi menciptakan badan lebih terjaga dan membantu kita menghilangkan rasa malas. Namun, terlalu sering mengkonsumsi kopi sangat tidak baik bagi kesehatan tulang. Kopi menghambat pertumbuhan kalsium dalam tulang bila dikonsumsi secara sering dan banyak. Selain kopi, minuman bersoda juga tidak baik untuk kesehatan tulang karena berpotensi mengurangi kalsium di tulang sehingga gampang keropos.

Setelah rujukan hidup sehat dijalankan, untuk menjaga tulang perlu dilakukan asupan yang mendukung kesehatan tulang dan kepadatan tulang. Asupan yang diharapkan bukan vitamin atau embel-embel yang berbahan kimia melainkan materi kuliner alami yang bisa didapatkan dari alam dengan mudah. Bahan kuliner yang bisa dijadikan sebagai penunjang kesehatan tulang yakni bawang putih. Bawang putih semenjak jaman dahulu sudah menjadi materi kuliner pilihan yang dipakai dalam bidang pengobatan herbal dan kuliner. 

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi dalam bawang putih sangat baik bagi badan dalam usahanya menghindarkan dari penyakit kronis menyerupai penyakit jantung. Selain itu, kandungan gizi yang tinggi juga bisa menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan bawang putih yang elok untuk tulang antara lain,

  • Bawang putih mengandung mangan yang merupakan mineral yang berperan dalam menghasilkan enzim pencernaan, membantu proses perembesan nutrisi pada ketika proses metabolisme, mengoptimalkan sistem pertahanan badan atau imun dan membantu proses pertumbuhan tulang mencapai kepadatannya.
  • Bawang putih mengandung vitamin C. Selain baik untuk kulit, vitamin C juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin C menutrisi tulang dengan membentuk kolagen yang membantu pertumbuhan tulang dan tulang rawan.
  • Tubuh menghasilkan kalsium dalam jumlah banyak namun rujukan hidup yang tidak sehat menganggu jumlahnya sehingga tulang tidak mencapai kepadatannya di usia 30. Bawang putih mengandung kalsium yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.
  • Bawang putih mengandung magnesium yang mempunyai tugas membantu menjaga otot tetap rileks selama badan beraktifitas. Tubuh tidak memerlukan mineral yang satu ini dalam jumlah banyak namun bila badan kekurangan magnesium akan mengakibatkan terganggunya proses produksi enzim.
  • Fosfor juga terdapat dalam bawang putih. Fosfor sangat berperan penting dalam masa pertumbuhan dan reproduksi sel. Jumlah fosfor dalam badan menempati urutan kedua sehabis kalsium sehingga jumlah harus terus dijaga demi menjaga proses pertumbuhan.


Tulang merupakan penggalan dari badan yang sangat penting alasannya yakni berperan menopang badan sehingga badan bisa beraktifitas dan bergerak bebas. Ibarat kendaraan, tulang merupakan kerangka yang harus dijaga semoga tidak terjangkit keropos dan menjadikan kendaraan terus laik pakai. 

Semoga bermanfaat,

referensi : 
konsultasionline.pw
pastiherbal.com
manfaat.co.id
alodokter.com
mediskus.com