Cara Alami Menjaga Kesehatan Kulit Dari Dalam

Di cuaca ekstrem menyerupai kini ini, kesehatan kulit harus menjadi prioritas kita. Karena kulit berada dibagian terluar badan sehingga menjadi objek yang pertama kali mendapatkan perubahan suhu atau kondisi disekitar kita. Pada masa lampau, perawatan kulit dilakukan oleh sebagian besar perempuan-perempuan dari kalangan aristokrat atau keraton dengan memakai materi tradisional. Mereka para aristokrat biasanya memakai lulur dari rempah-rempah dan materi alami yang ditemukan di alam. Rakyat biasa atau jelata tidak pernah atau jarang sekali melaksanakan perawatan kulit lantaran selain tidak pantas juga biasanya mereka bekerja diladang, sawah atau pasar. 

Sangat berbeda dengan keadaan kini ini. Hampir semua orang pernah mencicipi perawatan untuk kulit Karena sudah banyak bermunculan tempat-tempat perawatan kecantikan yang menyediakan banyak sekali pilihan perawatan atau treatment khusus untuk kulit dari ujung kepala sampai ujung kaki. Perawatan kulit modern tidak hanya dilakukan oleh perempuan namun dilakukan juga oleh pria. Maka tidak heran kini ini banyak pria-pria ‘cantik’. Biasanya mereka disebut dengan laki-laki metroseksual atau pria-pria yang memperhatikan penampilan dan gaya.

Perawatan kulit modern sudah niscaya tidak praktis dan tidak murah. Karena hasil yang didapat pun sesuai dengan cita-cita si pelanggan. Semakin mahal, semakin bagus hasilnya. Namun, ada perawatan yang tidak kalah pentingnya dibanding perawatan kulit modern yang ditawarkan oleh salon-salon kecantikan, yaitu perawatan kulit dari dalam. 

Karena sungguh sangat disayangkan jikalau kita sudah menghabiskan dana yang banyak untuk membantu penampilan dari luar, tetapi tidak memperhatikan kebutuhan didalam badan yang justru sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kulit. Perawatan kulit dari luar sifatnya sementara, sedangkan perawatan dari dalam sifatnya permanen atau ever lasting.



Untuk merawat kesehatan kulit dari dalam, kita membutuhkan zat yang dikenal dengan sebutan antioksidan. Karena antioksidan berperan dalam perjuangan badan menangkal musuh utama kulit yaitu radikal bebas yang menyerang kulit melalui paparan sinar ultraviolet, polusi, keringat debu, terpaan udara kering AC dan kuliner dan minuman yang tidak sehat.

Bagi pelaku acara indoor maupun outdoor, serangan radikal bebas dari sinar uv, polusi dan bubuk menjadi kuliner sehari-hari. Ditambah dengan konsumsi kuliner dan minuman yang tidak sehat setiap harinya menciptakan kulit semakin rentan. Untuk mengatasi hal ini diharapkan antioksidan yang masuk kedalam badan dan secara aktif menangkal radikal bebas penyebab kulit rusak. 

Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi kuliner atau nutrisi yang mengandung antioksidan alami. Dengan mengkonsumsi kuliner jenis ini yang mengandung antioksidan alami, kita akan menerima manfaat yang luar biasa untuk kulit, antara lain :

a. Kulit terjaga kelenturannya

Mengkonsumsi secara teratur kuliner yang mengandung antioksidan akan menciptakan kulit terjaga kolagennya. Kolagen ialah zat yang menciptakan kulit tetap lentur dan terus beregenerasi sehingga kulit terlihat kekal muda.

b. Berperan sebagai anti-aging

Radikal bebas yang menyerang kulit kita setiap hari sangat berbahaya dan banyak sekali macam bentuknya. Radikal bebas merubah molekul dalam badan menjadi tidak stabil dan menjadikan dampak buruk. Pada kulit radikal bebas akan menciptakan kulit cepat mengalami penuaan. Antioksidan akan berperan sebagai counter radikal bebas atau anti-aging.

c. Mengurangi flek hitam

Selain mengakibatkan penuaan dini, radikal bebas juga merusak pigmentasi pada kulit. Sering kali orang yang bekerja diluar ruangan dengan yang bekerja didalam ruangan berbeda warna kulitnya. Hal ini dikarenakan rusaknya pigmentasi pada kulit. Pigmentasi akan berkumpul dan mengakibatkan flek-flek hitam atau bintik hitam pada kulit.

d. Mencegah munculnya jerawat

Jerawat identik dengan masa sampaumur dan hormon yang meningkat. Jerawat bisa disebabkan oleh radikal bebas juga bisa disebabkan oleh faktor lain dari dalam badan menyerupai pori-pori yang membesar dan produksi minyak yang berlebih. Antioksidan bisa menekan produksi minyak berlebih sehingga mengurangi nanah dan komedo.

Untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam perlu dilakukan cara-cara yang tentunya juga harus alami. Contohnya sebagai berikut,

1. Konsumsi kuliner yang mengandung antioksidan alami

Seperti dijelaskan diatas antioksidan sangat berperan penting dalam perawatan kulit dari dalam. Untuk mendapatkan anti oksidan kita harus sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung penangkal radikal bebas yang alami menyerupai buah-buahan dan sayuran. Beberapa fakta menyebutkan sering mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran menjadikan kita kekal muda.

2. Menjaga asupan Vitamin A, vitamin C dan vitamin E

Vitamin-vitamin diatas merupakan kelompok vitamin yang dibutuhkan dalam perjuangan kita menjaga kesehatan kulit. Vitamin A, vitamin C dan vitamin E bersifat defensif terhadap zat ajaib perusak kulit dari luar yang merupakan kepingan dari radikal bebas. Vitamin-vitamin ini menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga pigmentasi kulit biar lebih stabil sehingga kulit tidak berubah warna atau warna orisinil kulit tidak rusak. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin-vitamin tersebut.

3. Teratur mengkonsumsi Selenium

Bagian terluar kulit yang disebut kulit ari-ari perlu diperhatikan kondisinya jikalau kita mengharapkan kulit yang sehat. Untuk menjaga kulit ari-ari kita membutuhkan mineral yang dikenal dengan selenium. Selenium berfungi menjaga kulit ari-ari dari kerusakan dan menjaga kulit tetap kekal muda. Untuk mendapatkan selenium kita harus teratur mengkonsumsi daging, roti gandum, ikan tuna, kacang Brazil dan ayam. 

4. Rajin mengkonsumsi minyak zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal menjadi item yang mempunyai banyak manfaat. Dari pengobatan herbal sampai kosmetik memakai minyak zaitun dalam kandungannya. Hal ini sangat masuk akal lantaran minyak zaitun mempunyai anti oksidan alami yang disebut polifenol. Kaitannya dengan perawatan kulit dari dalam, polifenol bisa memperlihatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit biar tetap sehat.

5. Membiasakan diri mengkonsumsi asam lemak.

Asam lemak yang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat ialah asam lemak omega 3 dan 6. Dengan sering mengkonsumsi asam lemak omega 3 dan 6, kulit akan terhindar dari kekeringan. Asam lemak omega 3 dan 6 banyak ditemukan pada kacang kenari, ikan sarden, ikan makarel, ikan salmon dan rumput laut.

Fakta lainnya yang terdapat pada kulit ialah regenerasi kulit terjadi setiap 27 hari sekali. Sisa regenerasi berupa kulit mati harus selalu dibersihkan biar tidak bercampur dengan keringat dan kotoran dari bubuk dan polusi. Maka dari itu, jangan malas untuk membersihkan wajah atau mandi minimal 1x sehari.

semoga bermanfaat.


referensi : 
solusisehatku.com
werno-werno.com

alodokter.com