Cara Alami Menjaga Daya Tahan Badan Dengan Mengkonsumsi Bawang Putih

Anda niscaya tau yang namanya bawang putih kan? Bukan yang sering disiksa oleh bawang merah dan ibu tirinya. Tapi bawang putih yang sering dipakai oleh ibu atau istri kita sebagai bumbu dasar menciptakan masakan.

Ya, benar. Yang bentuknya kecil dan bergerombol.



Ternyata menyerupai dalam dongeng, bawang putih yang kecil ini juga baik hati. Dibentuknya yang kecil ini menyimpan khasiat yang besar untuk badan kitaSebelum membahas manfaat bawang putih lebih jauh, berikut sedikit informasi ihwal bawang putih. 

Fakta Tentang Bawang Putih

Bawang putih atau Allium Sativum atau Garlic dalam bahasa Inggris merupakan genus allium. Bawang putih berdasarkan sejarahnya sudah dikenal oleh peradaban insan lebih dari 7000 tahun. Bawang putih banyak tumbuh di kawasan benua Asia potongan tengah. Di benua-benua menyerupai Asia, Afrika dan Eropa, bawang putih dipakai sebagai bumbu, terutama di Indonesia dipakai sebagai bumbu dasar makanan. 

Fakta menarik lainnya adalah, semenjak jaman Mesir Kuno bawang putih dipakai sebagai adonan pengobatan, selain untuk memasak tentunya. Jadi semenjak jaman dahulu bawang putih sudah diketahui banyak keuntungannya untuk kesehatan.

Kandungan Bawang Putih

Untuk mengetahui manfaat dari mengkonsumsi bawang putih, kita perhatikan dulu kandungan dari bumbu dapur yang satu ini. Kandungan dalam bawang putih antara lain :

  1. Minyak atsiri yang mempunyai kegunaan sebagai anti basil dan anti septik
  2. Allicin dan aliin yang berfungsi sebagai anti kolesterol untuk mencegah jantung koroner
  3. Kalsium yang mempunyai sifat menenangkan jadi sangat cocok sebagai pencegah           hipertensi
  4. Saltivine yang bertugas untuk mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta         merangsang susunan sel syaraf.
  5. Diallysulfide, alilpropil-disulfida yang mempunyai kegunaan sebagai anti cacing
  6. Belerang
  7. Protein
  8. Lemak
  9. Fosfor
  10. Zat Besi
  11. Vitamin A, B1 dan C

Banyak sekali bukan kandungannya? Tidak heran bawang putih punya banyak khasiat untuk tubuh. Lalu, apa manfaat mengkonsumsi bawang putih bagi badan kita?

Manfaat Bawang Putih

Menurut salah satu pakar kesehatan dari  KlikDokter, dr. Nadia Octavia, bawang putih yang sering kita temui selain mempunyai kegunaan dalam menambah aroma masakan, bawang putih juga kaya akan mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan dalam menjaga ketahanan tubuh.
Menurut Nadia, dikala badan terasa tidak lezat dan terasa terjadi penurunan daya tahan dalam badan menyerupai akan terjangkit flu atau demam, sebaiknya segera mengkonsumsi bawang putih. Iya dikonsumsi pribadi alias dimakan mentah-mentah secara rutin bukan dibalurkan ke kulit kita, kecuali memang ditujukan untuk menghilang kutil. 

Penurunan daya tahan tubuh tentunya bukan tanpa sebab. Keadaan ini dapat dipicu oleh pola makan yang tidak seimbang, gaya hidup yang tidak sehat. Bisa juga lantaran kita kekurangan gizi atau stres. Senyawa-senyawa welirang dan zat kimia alliin yang menjadi komposisi utama bawang putih, menyebabkan dikala kita mengkonsumsi bawang putih mentah terasa getir atau angur. Untuk mensiasatinya, kita dapat mencampurkan bawang putih dengan madu. Konsumsi bawang putih yang dicampur dengan madu di pagi hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 


Selain dengan madu, bawang putih juga dapat dibentuk jus dengan cara mencampurnya dalam satu wadah dengan jahe dan lemon. Namun, tetap perhatikan untuk takaran dan takarannya. Jika dirasa kurang praktis, Anda dapat langsung menelan bawang putih dengan segelas air putih. Kalau masih terasa abnormal dengan rasa dan bacin bawang putih mentah. Sebaiknya Anda merebusnya dengan 3 gelas air putih, dicampur dengan madu dan lemon. Rebus dalam keadaan tertutup pancinya. Minum selagi hangat-hangat kuku.

Beberapa cara diatas merupakan cara yang mudah untuk mengkonsumsi bawang putih. Namun bila dirasa perlu mengkonsumsi untuk beberapa kali dan Anda ingin mudah dan tinggal tuang. Anda dapat membuatnya menjadi cuka bawang putih.

Caranya ?

  • Caranya yakni siapkan 10 -15 siung bawang putih dalam sebuah wadah atau mangkok, 
  • Lalu Anda tambahkan cuka sampai setengah mangkok. 
  • Tutup mangkok dan biarkan selama 1 jam.
  • Cuka akan menyerap kandungan dalam bawang putih.
  • saring dan siap dipakai dalam masakan.


Yang perlu diperhatikan yakni sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai seberapa banyak bawang putih yang boleh Anda konsumsi. Jangan malah hiperbola dan berakibat buruk. Karena sesuatu yang hiperbola tidak baik.

Dengan kita rutin mengkonsumsi bawang putih, kita akan terhindar dari penyakit seperti infeksi pernafasan, batuk dan sesak nafas. Selain itu, dengan kandungan yang ada dalam bawang putih menyerupai yang dijelaskan sebelumnya, bawang putih bersifat anti bakteri, antiseptik dan anti jamur serta antibiotik alami. Bawang putih juga dapat menjadi detoxicant alami. Dan yang terakhir yang juga tidak kalah pentingnya yakni dengan mengkomsumsi bawang putih kita juga dapat terhindar dari resiko impotensi.

Semoga bermanfaat.


referensi :
wikipedia.org
vemale.com
smallcrab.com.
viva.co.id
bawangputih.org